Pesona Ketep Pass, Destinasi Geowisata Jawa Tengah - Travel - www.indonesiana.id
x

Keindahan panorama di Ketep Pass Jawa Tengah

safira asyila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2020

Jumat, 20 Maret 2020 07:19 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Pesona Ketep Pass, Destinasi Geowisata Jawa Tengah

    Dibaca : 729 kali

    Ketep Pass merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di Jawa Tengah, lebih tepatnya wisata ini berada di area Bukit Sawangan dengan ketinggian 1.200 Mdpl. Lokasi Ketep Pass terletak 21 km dari Mungkid, 30 km dari Magelang, 35 km dari Boyolali, dan 40 km dari Yogyakarta.

    Lokasi Ketep Pass sangat mudah diakses oleh pengunjung. Wisata Ketep Pass menawarkan panorama alam yang indah serta ilmu pengetahuan tentang kegunungapian. Hal tersebut membuat Ketep Pass menjadi salah satu destinasi wisata populer yang ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai kalangan usia mulai dari anak–anak hingga dewasa.

    Ketika cuaca cerah tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan luarbiasa bagi pengunjung, yaitu pemandangan dua gunung kembar. Apalagi kalau bukan Gunung Merapi dan Merbabu. Wah, bisa dibayangkan ya betapa indahnya.

    Selain menikmati panorama keindahan alamnya, Ketep Pass juga memiliki fasilitas – fasilitas yang dapat meningkatkan pengetahuan pengunjung tentang kegunungapian dan sejenisnya. Berikut fasilitas yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Ketep Pass beserta harga tiket masuknya.

     

    • Museum Vulkanologi (Ketep Volcano Centre)

     

    volcano museum

    Fasilitas pertama yang dapat Anda nikmati di Ketep Pass adalah museum vulkanologi yang memiliki informasi lengkap mengenai kegunungapian. Pada museum ini terdapat miniature Gunung Merapi beserta desa dan kelurahan yang berada di kaki gunungnya, terdapat pula comtoh batuan-batuan hasil letusan Gunung Merapi beserta penjelasan mengenai batuan tersebut, selain itu terdapat beberapa foto dan poster yang memperlihatkan aktivitas Gunung Merapi dari waktu ke waktu. Museum ini juga terdapat poster mengenai informasi peringatan dini banjir lahar dingin, dan terdapat setereoskop pula loh.

     

    • Pelataran Panca Arga

    Lokasi ini merupakan tempat tertinggi di obyek wisata Ketep Pass. Panca Arga memiliki arti lima gunung yang artinya Anda dapat melihat keindahan lima gunung dari Pelataran Panca Arga ini. Lima gunung tersebut antara lain Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

     

    • Gardu Pandang

     

     

    Di lokasi ini terdapat beberapa gazebo berbentuk segiempat yang dapat pengunjunG gunakan sembari menikmati panorama alam dari atas Gardu Pandang Ketep Pass. Dari tempat ini, wisatawan akan disajikan pemandangan lansekap pegunangan yang hijau. Selain itu tentu saja panorama dua gunung kembar, yaitu Merapi dan Merbabu yang gagah. Jangan lupa untuk melihat sunrise di pagi hari melalui spot gardu pandang ini ya!

     

     Selanjutnya: Wahana lain dan harga tiket


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: ria mza

    Senin, 23 Maret 2020 15:59 WIB

    China Town Ala Jogja yang Instagramable

    Dibaca : 454 kali