Gunung Andong, 1.726 mdpl yang Tak Terlupakan - Travel - www.indonesiana.id
x

Puncak andong 1726 mdpl

Andreas Prajurid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Maret 2020

Jumat, 20 Maret 2020 10:39 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Gunung Andong, 1.726 mdpl yang Tak Terlupakan

    Dibaca : 433 kali

    Setiap Gunung memiliki cerita dan pengalamanya tersendiri saat didaki, seperti halnya Gunung andong yang memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda dari gunung-gunung yang lain. Gunung Andong terletak diantara desa Tlogorjo dan desa Ngablak, Grabag, Kabupaten Magelang.

    Secara geografis, Gunung Andong memiliki kurang lebih 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang bentuk seperti punuk sapi ini mempunyai dua jalur yang populer dan sering digunakan yakni via Sawid dan Pendem. Akan tetapi, cukup banyak oramg yang memilih jalur lain seperti via Gogik dan Kudusan.

    Retribusi atau tiket tiap pendaki sangat terjangkau, jumlah yang dibayarkan sebesar 15 ribu rupiah dan sudah termasuk biaya parkir di basecamp. Dengan biaya yang terjangkau Andong menjadi salah satu gunung favorit pendaki dari Solo, Jogja, Semarang dan Salatiga.

    Gunung Andong memiliki pemandangan yang indah yang tidak kalah dengan gunung yang memiliki ketingian diatas 2000 mdpl. Berikut adalah keindahan dan daya tarik Gunung Andong yang tidak akan dilupakan oleh pendaki sehingga menjadi alasan untuk kembali lagi ke Andong :

    1. Ramah untuk Pemula

    Gunung andong mempunyai waktu tempuh yang cukup singkat, pendaki membutuhkan 1,5 jam sampai 2 jam untuk menempuh jalur pendakian sampai puncak. Dua rute atau jalur pendakian yang populer yakni via Sawit dan Pendem aman untuk para pemula yang belum pernah mendaki sebelumnya.

    Jalur pendakian juga cukup mudah dan tidak begitu sulit sehingga aman bagi para pemula. Pendaki juga dapat lintas jalur dengan mendaki via pendem dan turun via sawit begitu sebaliknya karena basecamp pendem dan sawit cukup dekat dan kurang lebih 700 meter.

    1. Panorama Sunset dan Sunrise

    Pemandangan yang menakjubkan akan disajikan oleh matahari yang terbit dan terbenam di puncak Andong. Sunset dan sunrise sangat ditunggu bagi pendaki yang sampai di puncak. Pemandangan alam yang menunggu matahari tenggelam dengan secangkir minuman hangat dapat menyegarkan pikiran dari kesibukan. Panorama Sunset akan terlihat dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing sedangkan Sunrise akan terlihat dengan latar belakang Merapi, Merbabu dan Lawu jika cuaca cerah.


    Sunrise Andong



    1. Lautan Awan

    Daya tarik yang tidak kalah adalah lautan awan yang terlihat jelas. Walaupun ketinggian Gunung Andong hanya 1726 mdpl, Andong dapat menyajikan lautan awan dimana mana sejauh mata memandang.

    Merbabu dan Merapi

    1. Pemandangan 360 Derajat

    Pemandangan 360 derajat adalah pemandangan gunung-gunung lain yang mengitari Gunung Andong ini. Dari puncak Andong, pendaki dapat menikmati kemegahan gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Telomoyo dan Lawu. Pemandangan ini memperlihatkan perbedaan puncak antar gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah.

    Dari beberapa daya tarik Gunung Andong juga dapat diakses dengan mudah dan jalan mudah untuk motor dan mobil. Gunung Andong juga mepunyai akses sinyal yang mudah sehingga  pendaki dapat mengakses internet dan media sosial dengan baik dari basecamp sampai puncak. Hal ini dimanfaatkan oleh pendaki untuk meng-update status di media sosial mereka.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: ria mza

    Senin, 23 Maret 2020 15:59 WIB

    China Town Ala Jogja yang Instagramable

    Dibaca : 455 kali