Pantai Ngobaran: Potret Keberagaman Masyarakat - Travel - www.indonesiana.id
x

Barisan tebing karang di Pantai Ngobaran jika dilihat dari puncak bukit pemisah Pantai Ngobaran dan Nguyahan. Dua pantai itu berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Gunungkidul. TEMPO/Addi Mawahibun Idhom

riana dewi lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2020

Jumat, 20 Maret 2020 13:45 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Pantai Ngobaran: Potret Keberagaman Masyarakat

    Dibaca : 354 kali

    Gunungkidul memang memiliki pesona yang menawan dalam objek wisatanya. Banyak Pantai di Gunungkidul yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah pantai Ngobaran. Pantai ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

    Pantai Ngobaran menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Deretan pepohonan mengiringi perjalanan wisatawan menuju pantai, deburan ombak yang menghantam batu karang, dan birunya laut dengan hamparan pasir putih yang indah menambah keeksotisan pantai ini.

    Tidak banyak yang tahu jika Pantai Ngobaran memiliki sumber air tawar di tepi laut. Namun, aliran air tawar ini hanya bisa ditemukan ketika air laut sedang surut. Keunikan lainnya dari pantai ini adalah kuliner yang berasal dari landak laut. Hal tersebut menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

    Pantai Ngobaran tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, tetapi juga keberagaman budaya masyarakat setempat. Pantai ini menyediakan tempat beribadah bagi pemeluk agama Hindu, Islam, penganut aliran kepercayaan Kejawan dan Kejawen. Terdapat tempat ibadah semacam pura dilengkapi dengan patung dewa berwarna putih yang menjadi tempat peribadatan penganut Kejawan. Joglo yang menjadi tempat peribadatan masyarakat yang memiliki kepercayaan Kejawen. Beberapa meter dari Joglo tersebut berdiri pura yang menjadi tempat beribadah masyarakat agama Hindu. Terdapat juga Masjid kecil sebagai tempat ibadah umat Islam. Uniknya, Masjid ini menghadap ke selatan, bukan ke arah barat seperti Masjid pada umumnya.

    Adanya keberagaman tersebut membuat Pantai Ngobaran sering digunakan untuk upacara religi, seperti, upacara Galungan, Melasti, dan upacara sembahyang penganut aliran Kejawan yang kerap dilakukan pada hari Selasa dan Jumat. 

    Umat Hindu berjalan menuju Pura Segara Wukir usai melakukan upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin, 9 Maret 2020. ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

    Akses menuju pantai ngobaran cukup mudah. Jalan yang dilalui sudah diperbaiki sehingga dapat memudahkan wisatawan yang akan berkunjung. Harga tiket masuk Pantai Ngobaran relatif murah. Wisatawan cukup membayar sebesar Rp 5.000,00/orang untuk dapat menikmati pesona Pantai Ngobaran.

    Pantai Ngobaran merupakan objek wisata yang sangat menawan. Karena Pantai Ngobaran tidak hanya menawarkan pesona alamnya saja tetapi juga nuansa kebudayaannya. Keberagaman yang ada di Pantai Ngobaran menumbuhkan rasa persatuan dan saling menghargai ditengah perbedaan masyarakat. Sentuhan keberagaman budaya dan toleransi beragama di Pantai Ngobaran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: ria mza

    Senin, 23 Maret 2020 15:59 WIB

    China Town Ala Jogja yang Instagramable

    Dibaca : 454 kali