Wisata “Feeling Good” Curug Negeri di Atas Awan - Travel - www.indonesiana.id
x

instagram.com/wonosobozone/

Mila Prasetyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Maret 2020

Jumat, 20 Maret 2020 14:08 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Wisata “Feeling Good” Curug Negeri di Atas Awan

    Dibaca : 1.130 kali

    Istilah wisata “feeling good” sedang booming akhir-akhir ini. Feeling good merupakan penggalan lirik dari sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Surface yang berjudul ‘Sunday Best’. Istilah tersebut naik daun usai menjadi lagu latar belakang video tiktok tentang pemandangan alam nan hijau di Desa Manduro, Mojokerto, Jawa Timur. Penyebutan feeling good kini juga diidentikkan dengan atraksi wisata alam yang memiliki keindahan hamparan nan hijau.

    Kabupaten Wonosobo atau sering disebut sebagai negeri di atas awan juga memiliki wisata “feeling good” yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. Ya, Curug Sikarim atau curug negeri di atas awan. Letak Curug Sikarim ini terbilang cukup tersembunyi karena terletak sekitar dua belas km dari pusat Kabupaten Wonosobo, tepatnya di Desa Mlandi, Kecamatan Garung.

    Daya Tarik Curug Sikarim

    Curug dengan tinggi sekitar 24 meter ini memiliki keindahan yang mempesona. Hawa dingin langsung menyergap ketika menampakkan kaki di sana. Latar belakang Bukit Sikunir yang hijau menjadi penambah pesona yang ditampakkan oleh Curug Sikarim. Curug ini terbelah menjadi dua aliran air yang jatuh ke bebatuan di bawahnya. Pengunjung disarankan untuk berhati-hati ketika bermain di bawah aliran air karena bebatuan di sana ditumbuhi oleh lumut yang licin.

    Suasana sejuk ditambah dengan percikan air dari curug menambah kenikmatan saat berada di Curug Sikarim. Terkadang kemunculan kabut-kabut yang meyelimuti bukit menambah keeksotisan Sikarim. Di Curug Sikarim juga terdapat sebuah pondok yang bisa digunakan untuk piknik bersama keluarga seraya menikmati makanan atau minuman. Pondok ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mengabadikan momen atau berswafoto.

    Aksesibilitas Menuju Curug Sikarim

    Dahulu akses untuk menuju Curug Sikarim masih berbentuk jalan bebatuan yang sulit untuk dilalui. Namun, sekarang jalan menuju Curug Sikarim sudah mengalamai peningkatan. Perhatian pemerintah mengenai potensi wisata yang dimiliki oleh Curug Sikarim mendorong pembangunan jalan beraspal sampai ke lokasi atraksi wisata.

    Pengunjung juga perlu untuk berhati-hati ketika perjalanan menuju ke Curug Sikarim karena rutenya yang berkelok-kelok dan banyak tanjakan curam. Namun, tak perlu khawatir sepanjang perjalanan kita akan disuguhi oleh hamparan sawah-sawah, perkebunan milik penduduk sekitar, dan bukit-bukit hijau yang tinggi berjejeran. Dengan menikmati suguhan keindahan alam tersebut membuat perjalanan menjadi tak terasa lama.

    Disarankan untuk menggunakan sepeda motor ketika akan mengunjungi Curug Sikarim. Hal ini dikarenakan lahan untuk tempat parkir tidak terlalu luas dan hanya cukup untuk kurang lebih lima mobil saja. Sesampainya di Curug Sikarim kita hanya perlu merogoh kocek Rp5000,00 untuk membayar tiket masuk. Tunggu apalagi? Curug Sikarim bisa menjadi latar belakang yang ciamik untuk video tiktok feeling good.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.