x

Stroke memang merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia.

Iklan

Bontie Coolz

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Maret 2020

Jumat, 20 Maret 2020 19:26 WIB

Gangguan Kesehatan yang Membutuhkan Fisioterapi

Dunia sudah kian tua, begitu juga banyaknya penyakit yang terus berkembang. Ada penyakit yang bisa disembuhkan, namun ada juga penyakit yang memang sulit untuk disembuhkan bahkan belum ditemukan obatnya hingga sekarang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dunia sudah kian tua, begitu juga banyaknya penyakit yang terus berkembang. Ada penyakit yang bisa disembuhkan, namun ada juga penyakit yang memang sulit untuk disembuhkan bahkan belum ditemukan obatnya hingga sekarang. Pada dasarnya memang ada banyak sekali jenis penyakit yang membuat pasiennya tidak bisa sembuh secara langsung secara total, melainkan juga membutuhkan proses rehabilitasi untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala, apalagi jika seandainya masalah kesehatan tersebut juga mengurangi kualitas hidup, sebut saja diantaranya seperti stroke yang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan.

Tidak hanya membutuhkan konsumsi obat-obatan secara oral saja, melainkan penderitanya juga butuh untuk menjalani layanan fisioterapi.Pada dasarnya memang ada banyak sekali jenis penyakit yang membuat pasiennya tidak bisa sembuh secara langsung secara total, melainkan juga membutuhkan proses rehabilitasi untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala, apalagi jika seandainya masalah kesehatan tersebut juga mengurangi kualitas hidup, sebut saja diantaranya seperti stroke yang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan.

Tidak hanya membutuhkan konsumsi obat-obatan secara oral saja, melainkan penderitanya juga butuh untuk menjalani layanan fisioterapi. Istilah fisioterapi ini sendiri mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda, yaitu sebuah kegiatan atau proses merehabilitasi agar seseorang tersebut dapat terhindar dari masalah kesehatan yang serius, juga dilakukan untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap kondisi yang lebih serius pada tubuh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahkan beberapa jenis masalah kesehatan sederhana tak jarang diantaranya yang membutuhkan fisioterapi, misalnya sendiri adalah sakit punggung, kemudian juga bumil yang tengah mempersiapkan persalinan. Berikut ini diantaranya ciri-ciri bahwa sebenarnya tubuh Anda tengah membutuhkan fisioterapi, yaitu:

1. Gangguan yang terjadi pada sistem saraf, memang pada dasarnya penyakit yang menyerang sistem saraf ini sangatlah rentan menganggu fungsi bagian tubuh yang lainnya, apalagi saraf yang ada di otak ini sendiri fungsinya memang sangat penting, yaitu digunakan dalam mengatur segala kegiatan organ tubuh yang lainnya. jadi jika seandainya bermasalah sudah pasti akan menganggu kinerja dari bagian tubuh lain. Contohnya adalah saat terkena penyakit stroke, maka bisa mengalami kelumpuhan, baik itu sebagian maupun total, begitu juga dengan sindrome parkinson maupun multiple sclerosis yang menjadikan tubuh kesulitan untuk bergerak. Maka tentu layanan terapi untuk pasien stroke ke rumah sangat diperlukan. 

2. Gangguan pada otot kerangka tubuh. kondisi semacam ini bisa terjadi karena neuromuskuloskeletal layaknya nyeri punggung, kemudian juga nyeri otot sampai dengan sakit yang terjadi pada tulang ekor, cedera yang disebabkan karena olahraga juga termasuk dalam gangguan yang satu ini. sehingga pengobatannya sendiri harus dibantu dengan kegiatan fisioterapi.

3. Penyakit kardiovaskular atau pembuluh darah, orang-orang yang baru saja terkena masalah pada pembuluh darah mereka membutuhkan pengobatan yang lebih lanjut, tidak sebatas dengan konsumsi obat-obatan oral saja, melainkan juga harus ditunjang dengan pengobatan lain layaknya fisioterapi, karena dengan dilakukan fisioterapi ini akan membantu dalam meningkatkan kualitas hidup penderitanya dan juga untuk membantu dukungan fisik bagi mereka.

4. Gangguan pernapasan, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab gangguan pernapasan ini, diantaranya adalah paru obstruktif kronik dan juga fibrosis kistik merupakan penyakit paru-paru yang pengobatannya atau pemulihannya dapat dilakukan dengan atau melalui tindakan fisioterapi. nantinya seorang fisioterapis akan melakukan serangkaian metode yang digunakan untuk mengontrol gejala-gejala yang kerap kali dirasakan oleh penderitanya seperti batuk dan juga kesulitan di dalam bernapas.

5. Gangguan tidur, beberapa orang yang mengalami gangguan tidur biasanya dipicu oleh sakit pada bagian punggung bawah, sehingga menyebabkan mereka mengalami insomnia, kondisi yang satu ini dapat ditangani tentunya den bagian gan fisioterapi, yaitu untuk mengembalikan bagian saraf yang mengalami masalah tersebut seperti sedia kala, sehingga nantinya tidak akan terasa sakit lagi ketika digunakan untuk tidur dan pasien juga bisa kembali istirahat dengan nyaman.

Layanan fisioterapi ini bahkan sekarang bisa dipanggil ke rumah, sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi untuk datang jauh-jauh ke rumah sakit dan juga mengantri untuk mendapatkan fasilitas kesehatan tersebut. Melainkan dapat dipanggil ke rumah dengan mengandalkan aplikasi yang bisa di download di Google Playstore.

Ikuti tulisan menarik Bontie Coolz lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler