x

Corona

Iklan

Sandyawan Sumardi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 25 Maret 2020 14:39 WIB

Lockdown, Saudaraku, Komunitas Kerjaku!

Tidak penting kalau kemudian pemerintah pusat akhirnya tidak merasa perlu adanya lockdown dalam menghadang wabah virus corona ini, tidak jadi mengadakan karantina wilayah. Dalam situasi hidup dan mati ini, masihkan kita hanya menggantungkan hidup kita sepenuhnya pada pemerintah?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 
Hal penting yang perlu dilakukan pemerintah adalah bagaimana caranya untuk segera menemukan kluster baru, yang sangat mungkin belum ditemukan dengan mengintensifkan pemeriksaan. Pemeriksaan ini tidak hanya yang menunjukkan gejala demi tujuan klinis, tetapi dilakukan di kluster yang berisiko dengan skala besar, sekalipun banyak di antaranya yang negatif.
 
Pemerintah Indonesia seharusnya meniru langkah-langkah pemerintah China dalam mengatasi wabah ini dengan mengerahkan segala sumber daya. Keselamatan nyawa warga itu nomor satu dibandingkan ekonomi  semata (investasi, "Omnibus Law", pariwisata, pembangunan infrastruktur, ibukota baru). 
 
Perintah Indonesia  jangan sampai menutup diri dari kolaborasi, terutama untuk penapisan, karena itulah yang merupakan bagian paling krusial dalam mengatasi wabah mamatikan ini. Juga kebijakan ini jangan hanya dipusatkan di Kemenkes karena kita butuh pemeriksaan secara masif untuk mencegah membesarnya penularan.
 
Prosedur penapisan harusnya dibuka secara transparan seperti dilakukan negara lain. Ini penting untuk membangun kepercayaan publik.
 
Pemerintah juga harus segera mengeluarkan keputusan untuk membatasi warga yang berkumpul, kerumunan orang banyak,  guna menurunkan risiko penularan.  
 
Perlu adanya upaya jemput bola pasien yang menunjukkan gejala, jangan membiarkan mereka ke rumah sakit sendiri. 
 
Syukurlah karena bagaimanapun  juga, ternyata kita masih punya harapan besar dalam perjuangan ke depan menghadapi wabah covid-19.
 
Dalam situasi krisis yang mencekam ini ternyata mulai  tumbuh pijar-pijar api semangat harapan yang nampak di tengah bangsa  ini. 
 
Rupanya mulai tumbuh inisiatif-inisiatif solidaritas masyakat sipil untuk saling membantu satu sàma lain. Juga upaya untuk bekerjasama dengan pemerintah, mendukung setiap ikhtiar kesigapan kerja pemerintah pusat dan daerah yang profesional.
 
Solidaritas antar warga masyarakat, dan kerendahan hati pemerintah berupa sikap serta kerja nyata saling menolong, mendukung dan menyemangat ternyata tetap hidup di masyakarat kita. 
 
Selanjutnya: Aksi Rumah Solidaritas Kemanusiaan
 

Ikuti tulisan menarik Sandyawan Sumardi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB