x

Iklan

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Kamis, 26 Maret 2020 18:44 WIB

UPH Sparklabs Undang Venturra Discovery Bagikan Strategi Memperoleh Dana Startup


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ventura Discovery, perusahaan pemodal ventura (Ventura Company) yang fokus pada pendanaan startup tahap awal (seed funding) hingga pra-seri A di Asia Tenggara, hadir membagikan  informasi seputar strategi memperoleh dana bagi startup pemula, kepada mahasiswa Business School UPH. Kegiatan ini merupakan program UPH Sparklabs Speaker Series bertajuk ‘Get Financing and Funding For Startup Company’, yang berlangsung pada 5 Maret 2020, di ruang D501 Kampus UPH Lippo Village. 

Tren bisnis startup yang menjanjikan membuat banyak anak muda, tergiur untuk menuangkan idenya dalam konsep bisnis startup. Namun, ide saja tidak cukup untuk mengembangkan bisnis startup, perlunya dana yang besar menuntut para pebisnis untuk paham strategi dalam mencari dana. Secara umum pendanaan dapat diperoleh dari tabungan sendiri dan perusahaan modal ventura.

Kepada mahasiswa Business School UPH, Kartini Andri Wardani – Senior Associate of Venturra Discovery, membagikan tips untuk mendapatkan dana untuk memulai bisnis startup. “Tip utama adalah dengan mencari pengalaman dulu di dunia profesional, karena para investor biasanya lebih tertarik dengan startup yang foundernya sudah memiliki pengalaman di industri tersebut. Jadi, kerja dulu aja sesuai dengan industri yang diminati, memang butuh waktu yang lama, tetapi cara tersebut bisa lebih sustainable,” ujarnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, terdapat beberapa strategi lain agar dapat menarik hati para investor untuk memberikan dana pada startup, antara lain prep work: creating a pitch deck, finding your investor, dan presenting pitch deck.

“Langkah awal yang harus dipersiapkan adalah pitch deck yang berisi tentang overview dari business plan tersebut. Terdapat three basic rules untuk membuat konten pitch deck, yaitu harus jelas (clarity), sederhana (simple), dan mudah dibaca untuk dipahami (readability). Setelah pitch deck, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari investor yang sesuai dan relate dengan bisnis. Hal ini bertujuan agar kita tidak menghabiskan waktu kita sendiri dan mereka. Terakhir adalah mempresentasikan pitch deck tersebut kepada para investor. Beberapa hal yang dipresentasikan meliputi problem, solution, target customer, competitor, positioning, dan masih banyak lagi,” tutur Andri menjelaskan.

Tidak hanya itu, kehadiran inkubator bisnis di lingkungan universitas seperti UPH Sparklabs juga diakui Andri dapat mendukung  para mahasiswa dalam membangun dan mengembangkan bisnis startup mereka.

“Inkubator bisnis di universitas ini sangat menarik, bahkan di luar sana banyak bisnis yang sebelumnya hanya dari inkubator universitas, lalu menjadi sukses. Salah satu contohnya adalah Rollover Reaction. Selain itu, melalui inkubator bisnis ini juga bisa menanamkan mindset mahasiswa menjadi entrepreneur mindset,” ungkapnya.

Andri juga menyampaikan pesan kepada kurang lebih 100 mahasiswa Business School UPH Angkatan 2017-2018 yang hadir, agar jangan terlalu terburu-buru dalam menciptakan bisnis startup, harus memiliki kesabaran, karena kesuksesan tentunya tidak dapat diperoleh dengan mudah. “Dibutuhkannya kerja keras yang didukung dengan skills,” kata dia menandaskan.

Ikuti tulisan menarik Aurelia Natasya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu