x

Iklan

afifah afifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2020

Selasa, 31 Maret 2020 08:04 WIB

Mengetahui Sastra dan Unsur-unsur Intrinsik

Introduction to literature

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

INTRODUCTION TO LITERATURE
MENGETAHUI SASTRA DAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK

Sastra adalah karya artistik tertulis terutama karya seni yang bernilai seni tinggi dan abadi. Dapat dikatakan bahwa sastra adalah karya tulis yang menggunakan cara khusus atau tertentu dalam memproduksinya.

Sastra dibuat oleh manusia. Manusia dapat mengekspresikan segala sesuatu dalam pikiran mereka untuk menciptakan karya sastra yang baik dan menarik. Mereka dapat menghadirkan kembali kehidupan manusia nyata, menciptakan cerita fiksi untuk menghibur pembaca, dan sebagainya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penulis memiliki tujuan ketika mereka membuat karya sastra. Itu bisa berupa cerita lucu, tragedi, cerita rakyat, dll. Itu tergantung pada imajinasi mereka. Dalam menciptakan karya sastra penulis atau penulis harus tahu tentang cara membuat karya sastra yang baik. Mereka harus tahu tentang bagaimana mengembangkan tema menjadi pengaturan cerita yang baik. Itu didukung oleh pilihan kata, latar, alur, sudut pandang, latar belakang cerita, karakterisasi, dan pesan yang akan dibagikan kepada pembaca. Semuanya termasuk dalam unsur-unsur instrinsik sastra.

Di sisi lain, elemen intrinsik sastra dapat membantu pembaca dalam memahami lebih lanjut tentang karya sastra itu sendiri. Tanpa sadar ketika mereka membaca salah satu karya sastra, mereka akan berusaha mendapatkan apa yang akan dikatakan oleh penulis.

Oleh karena itu ketika membuat esai yang berkaitan dengan karya sastra, harus fokus pada apa yang penulis pikirkan, memberikan penjelasan tentang ide itu, dan mendapatkan lebih dalam tentang ide untuk menciptakan karya sastra. Para siswa diminta untuk menulis analisis sastra untuk membuat mereka sadar dan mengetahui dengan baik tentang bagaimana dan mengapa puisi, drama, novel atau drama ditulis. Sebelum menganalisis sebuah literatur, harus ingat bahwa penulis memiliki alasan atau tujuan dalam menciptakan sebuah karya sastra.

Unsur-unsur Intrinsik

I. Karakter

Karakter adalah kombinasi kualitas tertentu dalam diri seseorang atau tempat yang membuatnya berbeda dari yang lain. Makna itu terkait dengan kualitas seseorang. Dalam sebuah cerita arti karakter adalah seseorang yang diwakili dalam film, drama, atau cerita. Tidak hanya dalam cerita tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, pengembangan karakter juga terjadi pada setiap orang sebagai karakter utama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pengembangan karakter adalah perubahan yang dialami karakter dari awal cerita hingga akhir. Karakter bisa utama, sekunder atau ketiga. Jenis karakter:
a. Tokoh utama

b. Antagonis
c. Karakter minor

d. Karakterisasi

Pilihan yang penulis buat untuk mengungkapkan kepribadian karakter, seperti penampilan, tindakan, dialog, dan motivasi.

II. Plot

Plot berarti kisah sebuah film, buku, drama, dan lain-lain. Plot adalah urutan di mana segala sesuatu bergerak dan terjadi dalam sebuah cerita. plot adalah pengaturan ide dan / atau insiden yang membentuk sebuah cerita. Kita dapat mengatakan bahwa, cerita memiliki urutan kronologis yang baik hanya jika cerita tersebut mengaitkan peristiwa dengan urutan kejadiannya.

Sementara itu, jika cerita bergerak mundur dalam waktu, itu disebut sebagai Flashback. Dalam karya sastra, apakah itu cerita pendek, novel, atau drama konflik terjadi ketika protagonis mulai memiliki masalah atau berjuang melawan antagonis.

Jenis-jenis plot:
a. Plot progresif: memiliki klimaks sentral diikuti oleh denouement.

b. Plot episodik: memiliki satu insiden atau episode pendek yang ditautkan dengan yang lain dengan karakter yang sama atau tema pemersatu (mungkin melalui bab). Digunakan oleh penulis untuk mengeksplorasi kepribadian karakter, sifat keberadaan mereka, dan rasa periode waktu tertentu.

III. Setting

Yang dimaksud dengan setting adalah waktu dan tempat di mana aksi sebuah buku, film, drama, dan lain-lain. Penulis mungkin akan mengembangkan ide mereka untuk menciptakan karya sastra yang baik. Tentu saja dalam proses penulisan ini, penulis akan dengan serius menemukan latar yang cocok untuk cerita mereka. Pengaturan ini menyediakan konteks historis dan budaya untuk karakter. Itu sering dapat melambangkan keadaan emosi karakter.

Ada enam jenis pengaturan:
a. Pengaturan latar adalah ketika pengaturan tidak penting untuk cerita dan cerita bisa terjadi di pengaturan apa pun.

b. Pengaturan integral adalah ketika aksi, karakter, atau tema dipengaruhi oleh waktu dan tempat, pengaturan. Pengaturan kontrol mengontrol karakter.

c. Fungsi pengaturan: The Witch of Blackbird Pond oleh Elizabeth Speare menciptakan pengaturan penghematan Puritanical: tembaga yang digosok tangan, menunjukkan kerja keras, pintu seperti benteng yang berat, cermin kecil yang redup, bangku kayu yang parah, Gedung Pertemuan yang tidak dicat, pos cambuk, pilory, dan stok.

d. Pengaturan sebagai antagonis: Karakter harus menyelesaikan konflik yang dibuat oleh pengaturan

e. Pengaturan yang menerangi karakter: Pengaturan yang terbatas membantu para karakter menemukan diri mereka sendiri dan tumbuh sebagai individu.
f. Pengaturan sebagai simbolisme: simbol adalah orang, tempat, objek, situasi, atau tindakan yang beroperasi pada dua tingkat makna, literal dan kiasan, atau sugestif. Anak-anak hanya akan memahami simbol yang jelas.

IV. Tema

Tema adalah poin utama sebuah cerita. Temanya adalah sebuah ide, yang menyampaikan apa yang akan terjadi dalam karya sastra itu, siapa aktor, bagaimana kondisi aktor itu, apa yang akan menjadi masalah dalam karya sastra itu, bagaimana menyelesaikannya, dll. Dapat dikatakan tema itu adalah semua hal yang berhubungan dengan cerita dari awal hingga akhir. Gagasan tema biasanya datang dari kehidupan nyata manusia atau fiksi. Tanpa tema, penulis atau penulis tidak dapat membuat atau mengatur karya sastra yang baik.

V. Sudut pandang

Sudut pandang ditentukan oleh deskripsi karakter, latar, dan peristiwa yang diceritakan penulis kepada pembaca sepanjang cerita.
a. Narator adalah Orang yang menceritakan kisah yang mungkin atau mungkin bukan karakter dalam cerita.

b. Orang pertama adalah Narator berpartisipasi dalam aksi tetapi terkadang memiliki pengetahuan / visi yang terbatas.

c. Orang kedua adalah Narator menyapa pembaca secara langsung seolah-olah dia adalah bagian dari cerita.

d. Orang Ketiga (Tujuan) adalah Narator tidak disebutkan namanya / tidak dikenal (pengamat terpisah). Tidak menganggap perspektif karakter dan bukan karakter dalam cerita. Narator melaporkan peristiwa dan membiarkan pembaca memberikan makna.

VI. Gaya

Gaya adalah bagaimana penulis mengatakan sesuatu, pilihan kata dan penggunaan bahasa, konstruksi kalimat, pencitraan bukan apa yang penulis katakan. Ini menambah arti dan dampak pada tulisan penulis. Dalam karya sastra, eksposisi adalah narator atau orang ketiga yang memberikan informasi latar belakang untuk menjelaskan peristiwa cerita. Pilihan kata dan penggunaan bahasa dapat dilihat dari dialog antar karakter.

Ikuti tulisan menarik afifah afifah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB