x

Iklan

Dodhy Hardiyant

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Maret 2020

Rabu, 1 April 2020 11:35 WIB

5 Kiat Sukses Berburu Pekerjaan Via Online


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa saat ini Anda mulai merasa jenuh dengan aktifitas sehari-hari? Atau merasa inilah saatnya untuk memulai mencari pekerjaan yang cocok? Selain melalui keluarga, teman, kenalan, bahkan surat kabar, untuk mencari pekerjaan  juga bisa juga dilakukan melalui media internet atau via online.

Dan banyak diantaranya para pencari kerja yang berburu lowongan kerja melalui media online terlebih sekarang sedang mewabahnya virus corona yang mengharuskan berdiam diri dirumah sesuai anjuran pemerintah agar memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Ditengah situasi tersebut, kebanyakan perusahaan membuka lowongan secara online. Bahkan yang awalnya akan diadakan job fair dan walk interview kini ditunda dan sebagian lagi melakukan rekrutmen melalui link pengajuan lamaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Para pencari kerja pun kerap berlomba-lomba mempromosikan diri mereka hanya untuk memperoleh posisi yang selama ini diinginkan di perusahaan yang akan dituju. Akan tetapi bagaimana cara yang tepat untuk berburu pekerjaan via online ini ? Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat.

 

1. ‘Memanfaatkan’ koneksi di dunia maya

Pastinya Anda memiliki koneksi yang ada di dunia maya, bukan? Nah, oleh sebab itu Anda harus mampu memanfaatkan koneksi ini. Ingat, Anda harus memanfaatkan koneksi yang dengan cara yang positif, bukan cara yang negatif, dan mungkin mereka memiliki beberapa informasi lowongan pekerjaan yang cocok dengan passion Anda.


2. Menghormati resume

Untuk segi resume, Anda harus mampu menghormati resume yang telah buat dengan tidak memperlakukannya seperti spam. Mungkin saat ini Anda tengah membutuhkan pekerjaan yang tetap , namun itu bukan berarti Anda bisa mengirimkan ratusan resume ke perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara sekaligus dan setelah itu hanya menunggu resume mana yang akan mendapatkan respon dari perusahaan yang Anda tuju. Hal yang harus dilakukan yaitu  memfokuskan hanya pada beberapa perusahaan saja, Anda harus memilih perusahaan yang memang benar-benar mampu menarik minat serta yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.


3. Mengudate resume agar tak basi

Tidak akan ada satu pun perusahaan yang akan menghargai resume yang dibuat namun telah basi. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memperbaharuinya dengan baik setiap hari, bahkan untuk perubahan sekecil apapun. Sehingga pihak perusahaan akan menilai Anda yang sangat baik dan tentunya akan mendapatkan nilai plus dari perusahaan yang dilamar.


4. Memilih satu saja posisi yang diinginkan

Walaupun Anda desperate, namun Anda tidak perlu juga kan melamar sejumlah posisi yang ada di dalam perusahaan yang sama? Namun Anda cukup memilih satu posisi yang sesuai dengan passion Anda. Dan pastinya Anda tidak ingin kalau pihak perusahaan menilai Anda kurang memiliki fokus yang baik saat melamar pekerjaan.


5. Rajin promo diri

Salah satu cara yang sederhana untuk lebih dikenal dalam dunia maya yaitu harus lebih rajin untuk mengenalkan serta mempromosikan diri. Mungkin Anda bisa membuat blog pribadi atau website dan bisa menyertakan foto atau video presentasi Anda di dalam web tersebut. Dan Anda bisa menulis artikel di dalam web tersebut, Anda bisa melakukan banyak hal yang memang bisa Anda lakukan guna menarik minat para perusahaan yang tengah mencari karyawan barunya agar mereka mampu mencium kemampuan yang Anda miliki. Hal yang perlu diiklankan yaitu profil Anda yang kuat yang ada di dalam website khusus lowongan kerja online

 

Nah itulah kelima tips berburu pekerjaan secara online. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Dodhy Hardiyant lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu