x

Iklan

Ande Ryan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2020

Kamis, 2 April 2020 07:27 WIB

Tangkal Virus Corona dengan Berolahraga


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun 2020 dunia ditimpa bencana serius yang melanda separuh penduduk bumi. Tercatat pada bulan Maret, total kasus virus corona mencapai 786 ribu dan diprediksikan akan  terus bertambah. 

Dilansir laman IFL Science yang melakukan wawancara dengan pakar kesehatan untuk memahami bagaimana kemampuan virus corona baru, menyerang tubuh manusia, mengatakan bahwa virus ini mirip tetapi berbeda dengan sindorm pernapasan akut parah (SARS). Juru bicara WHO, Carla Drysdale mengatakan gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau diare ringan.

Selain mencuci tangan dengan sabun, menghindari kontak langsung dengan orang lain, menggunakan masker dan mengisolasi diri, ada beberapa cara lain yang sepatutnya dilakukan untuk mencegah virus corona. Diantaranya adalah membiasakan diri untuk berolahraga. Berolahraga yang baik dan teratur diklaim mampu menangkal virus corona.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cardio adalah salah satu jenis olahraga yang mampu mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa jenis olahraga cardio yang dapat dilakukan di tengah pandemik wabah virus corona.

1 Jogging

Jogging merupakan salah satu cara yang baik untuk membentuk massa otot, mengurangi lemak pada tubuh, membakar kalori, dan menjaga kesehatan jantung. 

2 Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak peminatnya. Banyak orang yang menjadikan olahraga ini sebagai hobi dan memilliki banyak komunitas. Bersepeda baik unuk melatih otot bagian paha, melatih kinerja jantung.  

3. Berenang

Selain dapat meningkatkan tinggi badan, berenang juga mampu memperkuat otot khususnya otot bagian paha dan betis serta menyehatkan jantung dan paru-paru.

4 Senam/yoga

Jenis olahraga yang satu ini biasanya banyak diminati kalangan wanita. Selain membakar lemak dalam tubuh, yoga dan senam juga mampu mengurangi stress dan despresi.

Di tengah pandemik wabah seperti sekarang, kesehatan jiwa juga perlu ditingatkan mengingat banyak sekali isu-isu dan kabar hoax yang mengancam kesehatan jiwa.

5. Olahraga ringan

Olahraga yang satu ini lebih simple dilakukan di rumah. contohnya angkat beban, jalan kaki, beban tubuh seperti push up, sit up, jumping jack, squat, dan lain-lainn. Olahraga jenis ini cocok sekali bagi orang yang malas atau waspada keluar rumah dan lebih memilih menghabiskan waktu lebih benyak di rumah.

Mengisolasi diri bukan berarti malas-malasan di rumah. Dengan berolahraga tubuh menjadi sehat dan kuat dalam menghadapi pandemi wabah virus corona. Selamat mencoba.

Ikuti tulisan menarik Ande Ryan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler