x

Ikan Koi. TEMPO/KINK KUSUMA REIN

Iklan

Doni Bastian

SEO Specialist / Koi Ponds Consultant / WA 0821-1450-1965
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 4 April 2020 08:04 WIB

Tip Memilih Kohaku

Sesungguhnya tidak ada aturan baku dalam menilai koi khususnya kohaku, tapi apa yang disarankan oleh para pakar koi, bisa kita gunakan sebagai dasar pertimbangan dalam memilih koi yang layak untuk kita pelihara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sesungguhnya tidak ada aturan baku dalam menilai koi khususnya kohaku, tapi apa yang disarankan oleh para pakar koi, bisa kita gunakan sebagai dasar pertimbangan dalam memilih koi yang layak untuk kita pelihara.

Mengapa mengikuti saran para pakar koi dalam menilai koi, sebab mereka tentu telah berpengalaman dalam menilai kualitas koi. Untuk diketahui, menilai koi perlu pegalaman dan jam terbang dalam memelihara dan mengamati kualitas koi.

Berikut ini adalah hal-hal  yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih Koi Kohaku :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Bentuk badan

Bagian mulut berbentuk bulat telur. Hindari membeli koi yang mulutnya lancip atau berbentuk seperti segitiga. Badan koi sebaiknya bulat dan panjang, bagian kepala tidak tampak besar dibandingkan punggungnya. Hindari membeli koi yang terkesan buntek atau bogel. Apabila dilihat dari ata seperti torpedo

2. Warna 

Hhanya ada 2 warna yaitu merah dan putih. Jangan segan-segan membolak-balik badan koi (tapi jangan kelamaan, nanti yang jual marah wkwkwk) untuk memastikan bahwa tidak ada warna lain selain warna Merah dan Putih. Jangan membeli Kohaku bila masih ada warna hitam meski cuma setitik saja. Jika terdapat setitik warna hitam (black spot) maka akan sengat mengurangi kualitas penampilan dari Kohaku.

3. Kualitas

Kohaku yang baik, warna merahnya pekat, rata dan tidak oranye. Sedangkan warna putihnya bersih dan seputih salju. Tapi untuk warna merah dan putih yang bagus kualitasnya, sangat jarang. Bilapun ada, maka pastilah mahal. Namun demikian, pilihlah Kohaku yang cenderung pekat warna merahnya, dan warna putihnya bersih dan tidak kekuning-kuningan.

4. Pola Merah

Pilih kohaku yang punya pola merah lebar-lebar atau 'Omoyo'. Jangan membeli Kohaku yang terdapat banyak  bercak-bercak warna merah (Red spot).

5. Sirip 

Perlu juga sepintas melihat kondisi sirip Kohaku, apakah lengkap, simetris dan tidak cacat. Kohaku yang baik kualitasnya, memiliki sirip yang putih bersih. Kohaku yang memiliki sirip yang lebar, lebih diutamakan untuk dipilih.

Demikianlah tips singkat tentang Koi Kohaku, semoga bermanfaat.. 

Salam ‪#‎gilakoi‬

Ikuti tulisan menarik Doni Bastian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu