x

Kegiatan sailing yang di lakukan di sekiat pantai atau laut lepas

Iklan

DIANTIKA AYU PRATIWI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2020

Selasa, 7 April 2020 08:40 WIB

Wonderful Sail to Indonesia dan Kaitannya untuk Promosi Wisata Bahari Indonesia

Wonderful Sail to Indonesia adalah acara tahunan nautical tourism di Indonesia yang di mulai tahun pada 2018 dan telah dilanjutkan di tahun 2019. Acara Wonderful Sail to Indonesia menjadi acara tahunan yang penting bagi perkembangan wisata bahari Indonesia. Negara Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki sumber daya alam laut yang kuat untuk pariwisata.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Wonderful Sail to Indonesia adalah acara tahunan nautical tourism di Indonesia yang di mulai tahun pada 2018 dan telah dilanjutkan di tahun 2019. Acara Wonderful Sail to Indonesia menjadi acara tahunan yang penting bagi perkembangan wisata bahari Indonesia. Negara Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki sumber daya alam laut yang kuat untuk pariwisata. Hal ini menjadikan sektor bahari punya peran penting dalam pembangunan pariwisata Indonesia. Untuk itu acara berkonsep nautical tourism juga menjadi branding penting bagi pengembangan pariwisata bahari Indonesia.

Nautical Tourism adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan sailing atau boating (berlayar dan menaiki perahu) atau kombinasi diantaranya, yang bertujuan untuk kegiatan wisata atau liburan. Kegiatan ini dapat dicontohkan seperti bepergian yatching/cruising (berlayar menggunakan yatch atau kapal pesiar) dari satu pulau ke pulau lain, atau bergabung dengan acara-acara yang berpusat pada kegiatan perkapalan atau berlayar seperti balap kapal layar atau island hopping. Kegiatan ini umumnya lebih populer di musim panas.

Wonderful Sail To Indonesia terdiri atas beberapa rally layar tingkat dunia yang digelar di Indonesia. Mencakup Wonderful Sail Anambas to Natuna (Natuna, Kepulauan Riau), Wonderful West Kalimantan Rally (Kalimantan Barat), Back to Down Under Rally (Halmahera Barat, Maluku Utara), beberapa acara sail diatas adalah agenda sail daerah yang kemudian disatukan dalam rute Wonderful Sail to Indonesia. Acara sail ini termasuk terbesar di dunia, sebab rutenya yang mengelilingi Indonesia dengan total waktu hingga lima bulan (Juni-November pada tahun 2018) yang melintasi sepanjang 7.000 km perairan Nusantara dengan belasan negara sebagai partisipan. Wonderful Sail To Indonesia diikuti kurang lebih 120 kapal layar/yatch dari 15  negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Rute Wonderful Sail to Indonesia tahun 2018

Dengan jangka waktu lima bulan, puluhan destinasi bahari yang dikunjungi, serta partisipan dari berbagai negara, acara ini telah dijadikan sebagai ajang promosi wisata skala besar bagi bahari Indonesia. Selama lima bulan itu peserta akan berhenti di 20 kabupaten/kota di Indonesia. Di Setiap pemberhentian ini, partisipan akan diajak berkeliling dan berkunjung ke tempat-tempat wisata di daerah tersebut serta berinteraksi dengan penduduk lokal dan belajar budaya baru dari daerah-daerah yang dikunjungi. Seperti contohnya, mengunjungi Wakatobi dan menikmati keindahan terumbu karang, berkunjung ke Labuan Bajo untuk melihat konservasi komodo, melakukan lomba adu cepat sampan milik masyarakat di Laut Benan, Kepulauan Riau, mengikuti gala dinner yang digelar di tepi pantai, melihat tarian daerah masyarakat lokal dan masih banyak lagi.

Dalam Wonderful Sail to Indonesia, acara ini memadukan wisata bahari dengan budaya, sehingga menghasilkan sebuah perpaduan yang bagus dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Acara ini juga sebagai momentum untuk mempromosikan bahwa Indonesia memiliki regulasi yang memberikan kemudahan masuknya kunjungan kapal wisata yacht asing ke Indonesia. Untuk masalah izin visa partisipan tidak perlu khawatir. Indonesia menyediakan social culture visa. Masa berlakunya 60 hari dan bisa diperpanjang 4 x 30 hari. Jadi para yachter bisa berpetualang selama maksimal 6 bulan.

Kementerian Pariwisata Indonesia telah menetapkan wisata bahari sebagai salah satu produk wisata unggulan yang akan memberikan kontribusi besar terhadap pencapaian kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Maka dari itu Acara ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Acara Wonderful Sail to Indonesia menjadi langkah penting dalam promosi wisata bahari dan budaya Indonesia kepada wisatawan mancanegara. Untuk itu, keberlangsungan acara ini harus tetap dijaga agar terus terlaksana setiap tahunnya.  

 

Ikuti tulisan menarik DIANTIKA AYU PRATIWI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler