x

harapan

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 9 April 2020 08:45 WIB

Stop Meributkan Penanganan Corona, Berharap Saja kepada Pemda dan Kesadaran Masyarakat

Percuma masih meributkan penanganan corona di Indonesia. Berharap saja kepada Pemda dan kesadaran masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Percuma masih meributkan penanganan corona di Indonesia. Berharap saja kepada Pemda dan kesadaran masyarakat.

Berharap kepada pemerintah daerah (pemda), kecerdasan, dan kesadaran masyarakat, maka persebaran virus corona di Indonesia, yakin akan signifikan menurun. Signifikan pula jumlah nyawa yang akan melayang. 

Harapan itu akan dimulai dari pemda DKI Jakarta yang akan melakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) efektif sejak Jumat, 10 April 2020. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikutnya, akan menyusul pemda Jawa Barat dan Banten, yang secara fakta memiliki kota dan kabupaten sebagai penyangga Jakarta (Jabodetabek). 

Andai ketiga provinsi ini bersatu melakukan PSBB, dan Jabodetabek pun sudah terbukti sebagai Wuhannya Indonesia, maka yakin  persebaran virus corona ke daerah lain akan segera berkurang. 

Adanya PSBB, tak pelak akan ada dampak dan konsekuensi terhadap kehidupan ekonomi masyarakat khususnya di sektor usaha informal, namun langkah PSBB yang memang satu-satunya yang boleh dilakukan di Indonesia, maka mau tidak mau memang harus tegas dilakukan, karena berbagai upaya sebelumnya terbukti tak ada signifikasi terhadap menurunnya persebaran virus. 

Langkah pemda dengan PSBB, juga harus diiringi oleh kecerdasan dan kesadaran masyarakat secara penuh. Tanpa adanya kecerdasan dan kesadaran masyarakat secara penuh, maka mustahil langkah PSBB yang di dalamnya juga akan ada tindakan bantuan kepada masyarakat berhasil menurunkan penyebaran corona.

Untuk itu, dari pada setiap hari, berbagai pihak saling berdebat, saling menuntut, yang terus viral di berbagai media massa dan televisi, karena tindakan pencegahan, antispasi, dan penanganan corona masih seperti sekarang ini, maka itu semua hanya akan membuang tenaga dan energi, virus pun tak terpengaruh

Percuma masih meributkan dan menggaduhkan hal yang nampaknya juga sulit akan diterima. Jadi, jalan terbaik dan paling bijak bagi seluruh rakyat Indonesia, percayalah pada sikap proaktif pemerintah daerah yang bertanggungjawab melindungi warganya. 

Setali tiga uang, ayo masyarakat, dukung kebijakan PSBB yang akan diterapkan di daerah masing-masing. Meski sudah terlambat, masih terbuka ruang dan waktu, untuk menyelamatkan ribuan nyawa rakyat lain, saudara-saudara kita, sebangsa dan setanah air. 

Kecerdasan akan dapat mengontrol kesadaran. Sementara kecerdasan dan kesadaran akan membentuk pribadi yang berbesar hati serta rendah hati. 

Orang yang berbesar hati, rendah hati, tentu akan bahu-membahu dan bergandeng tangan mewujudkan satu-satunya kebijakan resmi bernama PSBB. 

Virus corona menyerang siapa saja, tak pandang bulu, tak peduli kaya dan miskin. Karenanya, dengan kecerdasan, kesadaran, kebesaran hati, dan kerendahan hati, maka orang kaya akan membantu yang miskin dengan hartanya, sementara orang miskin dapat membantu orang kaya dengan tenaganya demi menyingkirkan corona. 

Patuhi segala peraturan PSBB, sesuai waktu yang ditentukan. Yakin, dengan bersatunya antar pemda di Indonesia dan masyarakat, maka virus corona semakin sempit ruang geraknya, hingga akhirnya hilang di tanah air kita. Aamiin. 

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler