x

Iklan

Katia Octaviany Dewi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 April 2020

Jumat, 10 April 2020 19:28 WIB

PLN Siap Siaga Menjadi Garda Terdepan Melayani Warga di Tengah Pandemi Covid-19

Ditengah pandemik korona ini para petugas PLN harus selalu siap siaga dalam melaksanakan pekerjaannya namun walaupun begitu mereka juga harus tetap menjaga dan memelihara kebersihan serta kesehatan mereka agar tidak mudah terjangkit Virus Covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh Katia Octaviany Dewi ( 988-24051-19311021)
Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Senin. 06/04/2020 11;00

GARUT - Hingga saat ini dunia dihebohkan dengan adanya virus Covid-19, bahkan dengan penyebarannya yang sangat cepat. Indonesia pun terkena dampaknya dan beribu orang terjangkit positif virus Covid-19/ corona tersebut. Sudah banyak korban jiwa karna virus ini, dari kalangan masyarakat biasa, pejabat negara , bahkan pekerja medis sekalipun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sudah banyak cara ditempuh untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Mulai dari himbauan pemakaian masker sampai dengan muncul kebijakan Work From Home, meski tidak semua profesi bisa malaksanakan kebijakan tersebut, Ada juga beberapa profesi yang mengharuskan tetap bekerja di tengah wabah.

Salah satunya adalah para petugas PLN, yang memang harus selalu bekerja melayani masyarakat. Karena seperti kita ketahui, listrik adalah salah satu hal penting di dunia ini. Seperti yang sudah kita ketahui jika pencatatan dan pemeriksaan stand meter pelanggan sudah ditangguhkan sementara waktu. Hal itu dilakukan untuk menghindari pemeriksa/pencatat meter melakukan kunjungan langsung ke rumah–rumah warga.

Petugas pelayanan teknik PLN distribusi Cikajang, Deni Kusramdani, melalui wawancara mengatakan bahwa Mananejemen PT Perusahan Listrik Negara (PLN) Distribusi Cikajang sudah menempuh upaya deteksi dini penyebaran virus corona atau Covid-19. Deteksi dini ini di lakukan terhadap pegawai PLN. Petugas pelayanan teknik PLN distribusi Cikajang mengatakan PLN mulai memantau kesehatan para pegawainya, dan lebih antisipasi terhadap aktifitas yang sedang berlangsung dikantor.

Beberapa upaya pencegahan yang dilakukana dalah mulai dari diterapkan kebijakan pemakaian APD (Alat Perlindungan Diri) terhadap petugas, seperti masker dan sarung tangan. Para pekerja pun dituntut untuk selalu bersih saat bekerja, dan tidak boleh saling berjabat tangan.

“Kebijakan ini dilakukan mulai bulan Maret, untuk membantu pencegahan penularan Covid-19 di area perkantoran PLN distribusi Cikajang ini,” ujar dia, pada Senin, 06/04. Para pekerja sebelum memasuki kantor pun harus diukur suhu tubuhnya. 

(Deni Kusramdani, petugas pelayanan teknik PLN distribusi Cikajang)

 

Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan terhadap petugas dinas gangguan yang saat bekerja mesti berinteraksi langsung dengan para konsumen. Tujuannya, agar mereka dapat melayani masyarakat dengan keadaan sehat. Mereka jelas tidak bisa melaksanakan kebijakan Work From Home. Hal ini menjadi salah satu alasan pegawai PLN harus menjaga kesehatan mereka.

Walaupun ada kebijakan bahwa pencatatan/pembaca meter tidak mendatangi rumah warga, namun tetap saja jika ada kerusakan para petugas harus datang melakukan pengecekan dan perbaikan. Karna itu kesehatan para pegawai sangat diutamakan.

Dan untuk pembayaran listrik pun sudah dapat dilakukan dimana saja tanpa harus mendatangi langsung kantor PLN. Bisa melalui ATM, Internet banking, Gopay dan sebagainya ataupun juga melalui aplikasi E-Commerce.

Ikuti tulisan menarik Katia Octaviany Dewi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler