x

Iklan

Afifah Khairunisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2020

Sabtu, 11 April 2020 15:28 WIB

Omzet Usaha Rumahan Meningkat di Tengah Wabah Corona.


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Presiden Joko Widodo telah menerapkan lockdown di Indonesia dan menganjurkan masyarakat Indonesia untuk melakukan social distancing, yaitu menjaga jarak sosial. Kegiatan bekerja dan belajar pun kini dilakukan di rumah dengan sebutan work from home dan study from home.

Namun tidak semua pekerjaan dapat di lakukan di rumah, misalnya beberapa pedagang yang harus menjual produknya secara langsung dengan konsumen. Terlebih lagi banyakanya para pegawai yang terkena PHK karena pandemi virus corona. Pemerintah memprioritaskan mereka yang mengalami PHK mendapatkan Kartu Prakerja, namun ekonom dan pakar tenaga kerja mengatakan program ini tidak akan efektif membendung hantaman wabah Covid-19. Maka usaha rumahan dapat menjadi solusinya.

Salah satu pemilik usaha makanan di daerah Cileunyi-Bandung mengaku omzetnya mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. “Saat terjadi pandemi Covidi-19, saya tidak hanya menjual makanan seperti biasanya, tetapi menjual juga barang yang dibutuhkan orang orang saat ini. Terlebih lagi disaat terjadi pandemi seperti ini kekebalan daya tahan tubuh sangat perlu diperhatikan, dan banyak dokter menyarankan kita untuk mengonsumsi minuman sehat (rempah–rempah & vitamin C),” katanya saat diwawancarai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biasanya ia hanya menerima pesanan makanan saat ada acara acara tertentu saja, namun semenjak adanya wabah corona ia juga menjual masker kain, hand soap, hand sanitizer, juga beberapa jenis rempah dan jeruk lemon. Hampir setiap hari ada saja orang yang memesan. Konsumen yang ia tawarkan adalah kalangan ibu rumah tangga.

“Ada juga beberapa pembeli yang barangnya minta diantar ke rumah karena takut untuk keluar rumah,” kata dia.

Produknya pun ia promosikan melaui sosial media, misalnya, dengan membuat status pada aplikasi whatsapp dan disitulah para konsumen melihat produknya. “Kalau saya hanya menjual makanan saja, mungkin omzetnya tidak akan naik seperti sekarang. Makad dari itu saya mencari barang apa yang sedang dibutuhkan disaat saat seperti ini.”

Oleh : 

Amelia Afifah

Ilmu Komunikasi

Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Ikuti tulisan menarik Afifah Khairunisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB