Tenang PSBB Diterapkan, Masyarakat Dapat Banyak Bantuan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Corona

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 15 April 2020 16:13 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Tenang PSBB Diterapkan, Masyarakat Dapat Banyak Bantuan

    Masyarakat Indonesia sangat berharap wabah virus Corona di Indonesia selesai. Sebab, selama wabah tersebut sudah banyak masyarakat merasakan dampaknya. Terutama dampak sosial dan ekonomi.

    Dibaca : 1.210 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Masyarakat Indonesia sangat berharap wabah virus corona di Indonesia selesai. Sebab, selama wabah tersebut sudah banyak masyarakat merasakan dampaknya, terutama dampak sosial dan ekonomi.

    Fakta di lapangan banyak masyarakat yang mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pekerja non formal pun kesulitan untuk mendapatkan penghasilan. Tentu ini sebuah cobaan bagi masyarakat di tengah wabah corona.

    Melihat kondisi seperti ini, pemerintah membuat kebijakan dan imbauan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
    PSBB di beberapa kota yang sudah disetujui oleh Kementrian Kesehatan.

    Penerapan PSBB pasti ada dampak sosial dan ekonomi di tengah masyarakat. Pemerintah sudah mengupayakan memberikan bantuan untuk masyarakat kurang mampu yang tinggal di kawasan PSBB.

    Dalam hal ini, Menko PMK Muhadjir Effendy juga selaku Ketua Dewan Pengarah Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sudah mengawal dengan kebijakan berbagai program bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 dalam penerapan PSBB.

    Dengan bantuan itu, diharap bisa mengurangi beban masyarakat yang terdampak wabah ini. Semoga wabah ini selesai dan masyarakat bisa menjalani aktivitas seperti biasa.

    Dari beberapa program yang dikeluarkan itu, pemerintah mengutamakan masyarakat yang kurang mampu dan terdampak Covid-19. Masyarakat tidak perlu khawatir di tengah wabah ini. Pemerintah sudah cekatan memberikan berbagai bantuan untuk kebutuhan masyarakat.

    Sebab, Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa wabah Covid-19 ini sebagai bencana nasional non alam dan Indonesia dalam kedaruratan kesehatan masyarakat. Sehingga, dua dasar ini sebagai penguat pemerintah membuat kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan dampaknya.

    Pak Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo memiliki tiga startegis sebagai ujung tombak di tengah wabah Covid-19 ini.

    Tiga langkah ujung tombak, antara lain pertama penguatan sektor kesehatan, perlindungan sosial, dan ekonomi yang survial

    Di tengah wabah ini sudah ada bukti di tengah masyarakat. Kepribadian Indonesia keluar yaitu saling membantu. Sebab, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri di tengah wabah Covid-19.

    Wabah ini tanggungjawab semua elemen.
    Dengan harap besar, Covid-19 ini cepat selesai. Aamin...

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.