x

Anak-anak bersepeda melintasi jalan yang terendam banjir di Banjarsari, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa 14 April 2020. Hujan deras serta meluapnya sejumlah saluran dan sungai menyebabkan puluhan desa di empat kecamatan di daerah itu terendam banjir. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Iklan

syarifah lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2020

Selasa, 21 April 2020 06:03 WIB

Anak Perlu Pengalaman "Gila", agar Mandiri Setelah Dewasa

Pengalaman anak di masa kecil punya efek besar ketika dewasa. Anak yang selalu dilayani di masa keci, tak punya pengalaman “menantang”, cenderung cari aman hingga dewasa. Kelak, ketika menua, dsn tak ada abang atau orang tua yang menjaga lagi, siapa yang akan melayaninya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tapi maaf, dari sekian banyak temannya, tidak sedikit yang kerap mengeluh karena temanku ini dianggap sering menyusahkan mereka. Kuketahui dari cerita mereka sendiri, sampai ada yang curi-curi bikin status. Sindiran ala emak-emaklah.

Bahkan salah seorang teman dekatnya pernah ngomel di depanku, “Si N ini kalo suaminyo di luar kota, pasti kito semua jadi korban. Ikut repot dibuatnyo!”

Padahal dia bukan tipikal penggosip, loh. Mungkin saking bosannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suatu hari, teman yang tak pernah sungkan minta tolong ini bercerita. Waktu kecil, ia sangat dijaga oleh abang-abangnya. Tak boleh main jorok, tak boleh belajar naik sepeda. Sebagai adik perempuan, semua urusannya dilayani.

Nah, itulah hasil positif dari main ala cowok yang dulu kulakoni. Sulit menjelaskan apa hubungannya. Tapi menurut psikolog anakku dulu, didukung artikel dan buku psikologi yang pernah kubaca, itulah faktanya.

Anak yang begitu dilayani, tak punya pengalaman “menantang”, cenderung cari aman hingga dewasa. Masalahnya, ketika menua, tak ada abang yang menjaga kita lagi.

Lalu apa hubungannya dengan game ngebut? Itu hanya pelampiasan emosi saja.  Tak ada urusan dengan gender. Kalau ada game banting-banting kuali, barangkali itu yang kupilih. Dan itu tak bisa kujelaskan pada bocah sembilan dan enam tahun di rumah ini.

 

Ikuti tulisan menarik syarifah lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu