Suka Dunia Sosial? Prodi di UPH ini Cocok dengan Karier yang Kamu Impikan! - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Lab. TV Ilkom di UPH

Amanda Nathasia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 April 2020

Jumat, 24 April 2020 10:00 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Suka Dunia Sosial? Prodi di UPH ini Cocok dengan Karier yang Kamu Impikan!

    Dibaca : 1.680 kali

    Setelah lulus, tidak sedikit pelajar yang kerap bingung menentukan Program Studi (prodi) apa yang akan mereka ambil ketika hendak memasuki dunia perkuliahan. Prospek kerja yang menjanjikan menjadi faktor utama bagi para pelajar dan juga orang tua sebelum menjatuhkan pilihan.

    Selain itu, kurikulum atau materi pembelajaran juga tidak kalah penting. Jika kamu telah mengambil jurusan IPS di SMA tapi masih bingung ingin kuliah di bidang apa? Nah beberapa program studi (prodi) yang dimiliki Universitas Pelita Harapan (UPH) berikut ini bisa jadi pertimbangan buat kamu.

    1. Ilmu Komunikasi

    Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) UPH menawarkan kurikulum yang dapat membekali para mahasiswanya dengan kurikulum yang komprehensif, mulai dari mata kuliah yang sifatnya teori seperti: Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Massa; hingga mata kuliah praktikum seperti Public Speaking, Digital Marketing, Event Management, Penulisan Berita dan Feature, Fotografi Jurnalistik, serta Jurnalistik Radio. Prodi Ilkom UPH membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam berbagai penerapan komunikasi.

    Di samping itu, mahasiswa juga akan belajar untuk menganalisis informasi dan menerapkan komunikasi yang efektif. Ilkom UPH memiliki 3 konsentrasi yang bisa kamu pilih, antara lain Jurnalistik, Public Relations, dan Integrated Marketing Communications. Ilkom UPH juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Lab. Radio, Ruangan Sound System, serta Lab. TV UPH yang bekerjasama dengan Berita Satu dan sering dipakai untuk keperluan shooting secara live lainnya.

    Prospek karier: Public Relations, Penyiar, Host/Presenter, Jurnalis, Fotografer, Event Organizer (EO), Pemasang Iklan (bidang advertising), Kameramen.

    2. Hubungan Internasional

    Mimpi menjadi diplomat, duta besar, karir di organisasi internasional dan bertugas ke luar negeri bisa diraih. Prodi Hubungan Internasional (HI) UPH yang sudah mengantongi Akreditasi A ini berkomitmen untuk melatih mahasiswa agar mampu berpikir komprehensif dengan mempertimbangkan beragam disiplin ilmu.

    Dilengkapi dengan 3 konsentrasi yaitu Perdagangan Internasional, Korporasi dan Keamanan internasional, serta studi ASEAN dan Kawasan Asia Tenggara. Bahkan HI UPH mengklaim satu-satunya universitas yang menjadikan ASEAN dan Asia Tenggara sebagai konsentrasi peminatan. Tidak hanya itu, mahasiswa HI UPH juga didorong untuk terus melatih diplomatic skills yang dimiliki melalui beragam kegiatan kemahasiswaan yaitu Model United Nations (MUN), Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Chapter UPH, dan International Relations Debate Club (IRDC).

    Prospek karier: Analis Hubungan Internasional, Spesialis Regional Asia Tenggara, Staf Kedutaan, Diplomat, Konsultan Internasional, Negosiator, Wartawan, Staf/petugas Hubungan Pemerintah.

     

    3. Hukum

    Bercita-cita menjadi pengacara, notaris, jaksa, atau hakim? Atau kamu punya kepedulian terhadap situasi hukum di Indonesia? Memilih Fakultas Ilmu Hukum di UPH tentunya sudah menjadi pilihan tepat. Dengan akreditasi A dan beragam prestasi yang diraih baik nasional maupun internasional seperti bersaing di Moot Court Internasional dan Business Law Society di Universitas Indonesia. Selain itu FH UPH juga memiliki jaringan dengan law firm - law firm terkemuka Indonesia berskala global.

    Prospek karier:  Jaksa, Hakim, Peneliti hukum atau Asisten Peneliti Hukum, Pengacara, Diplomat, Staf kementerian, Staf legal.

    4. Psikologi

    Psikologi setiap tahunnya selalu menjadi salah satu prodi yang favorit di kalangan calon mahasiswa. Ditambah, isu kesehatan mental yang saat ini memang sedang marak diperbincangkan oleh publik membuat banyak para pelajar SMA tertarik untuk mendalami hal ini. Psikologi UPH ingin para mahasiswanya dibekali dengan ilmu psikologi dan eksplorasi berbagai cabangnya seperti psikologi sosial, klinis, kognitif, lintas budaya dan sebagainya.

    Uniknya, di Psikologi UPH studi perilaku manusia ini diinterpretasikan dan disampaikan dari wawasan dunia Kristen dalam kerangka Teologi Reformed. Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang holistis dan menyeluruh tentang pemikiran dan perilaku manusia, serta mengembangkan keterampilan untuk dapat menerapkan prinsip-prinsip psikologi dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan individu dan masyarakat.

    Prospek karier: Staf Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD), Konselor, Guru bimbingan konseling, Psikolog, Peneliti, Terapis anak berkebutuhan khusus, Pelatih/motivator

     

    5. Akuntansi

    Peluang kerja yang besar dan jenjang karir yang tetap menjanjikan membuat prodi Akuntansi sampai saat ini masih menjadi pilihan favorit para pelajar SMA. Di bawah naungan Fakultas Ekonomi (Business School), UPH menyediakan prodi Akuntansi yang tidak hanya mempelajari prinsip, praktik, dan etika serta sertifikasi standar akuntansi internasional, tetapi juga bidang-bidang lainnya seperti pajak, investasi, manajemen, dan tata kelola perusahaan. Beragam prestasi juga ditorehkan oleh prodi Akuntansi baik kompetisi nasional maupun internasional, salah satunya mendapat juara kdua pada 17th ATV'Audit Competition' di Universitas Indonesia.

    Prospek karier:  Bankir, Akuntan, Auditor, Konsultan Keuangan

    Nah, sampai sini kira-kira sudah tahu akan memilih melanjutkan studi di bidang apa? Pastikan kamu memilih sesuai dengan bakat, minat, dan passion kamu ya. UPH siap menjadi universitas pilihan kamu dengan komitmen penuh dalam memberikan kualitas pendidikan holistis yang terbaik.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.