x

Iklan

Saya Erwin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2020

Kamis, 7 Mei 2020 11:31 WIB

Dari Game Cacing Ada Pelajaran yang Bisa Diambil Untuk Bisnis


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Game cacing memang sedang viral di kalangan masyarakat Indonesia. Pengguna smartphone android pun banyak yang memainkan game cacing ini. Jadi tak heran jika game cacing ini berhasil meraih posisi posisi nomer 1 di google playstore sebagai game terpopuler. Dan ternyata ada pelajaran dari game cacing tersebut yang bisa diambil untuk belajar bisnis.

Prinsip-prinsip dalam bermain game cacing ternyata juga bisa diaplikasikan kedalam dunia bisnis.

1. Pelan Tapi Pasti

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam bermain game cacing, Dirimu jangan sampai tergesa-gesa. Lebih baik pelan namun pasti. Begitu juga ketika menjalani aktivitas berbisnis.

Saat bermain game cacing, cobalah gerakkan pelan-pelan cacing-mu, makan dengan penuh kesabaran. Terburu-buru tak akan membuat cacingmu cepat besar, namun hanya akan membuatnya menabrak cacing lain, lalu kamu mati, sehingga permainan akhirnya berakhir.

Berbisnis juga begitu, butuh kesabaran dalam mengumpulkan keuntungan (profit). Perlu diingat, Para pebisnis manapun tidak ada yang untung terus, maupun rugi terus. Kadang rugi, kadang untung. Yang penting, pelan tapi pasti, kumpulkan keuntungan sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi banyak untungnya.

2. Gigih Pantang Menyerah

Kamu membutuhkan sifat gigih dan pantang menyerah dalam bermain permainan cacing, agar dapat mencapai score tertinggi. Sifat gigih dan patang menyerah ini juga dibutuhkan oleh para pebisnis untuk mencapai keuntungan sebesar-besarnya.

Sebagai contoh, sebuah permainan pasti dimulai dari level 1 sebagai level terendah. Untuk mencapai peringkat tertinggi, pasti butuh proses perjuangan menaiki level demi level. Diawai dengan cacing berbadan kecil dan pendek, kemudian tumbuh panjang sedikit demi sedikit dengan cara mendapatkan makanan. Ketika cacingmu mati, ulangi lagi dari awal, lalu main terus-menerus. Perjuangan itulah membutuhkan sikap pantang menyerah.

Saat memulai berbisnis, para pebisnis juga harus punya sifat gigih & pantang menyerah. Ketika bisni rugi, ya bisnis lagi, merugi? bisnis lagi, sampai meraih bisnis itu meraih profit, begitupun seterusnya. Tanpa adanya kegigihan, akan mustahil untuk menapaki tangga menuju kesuksesan, step by step (selangkah demi selangkah).

3. Pandai Mengatur Strategi

Siapa yang pandai mengatur strategi sebagai cacing dalam sebuah game, Maka akan berpeluang besar mengubah dari cacing kecil menjadi cacing besar dan panjang. Pebisnis yang lihai pun akan mengatur strategi dengan cepat supaya bisa mendapatkan profit demi profit.

Pengertian pandai mengatur strategi dalam bermain game cacing adalah mendapatkan makanan sebanyak-banyaknya supaya tubuh si cacing cepat membesar dan memanjang. Selain itu, harus lihai pula menghindar dari cacing lain supaya tidak menabrak cacing lain, yang nantinya bisa membuat cacing Kamu mati.

Dalam dunia bisnis pun, pebisnis harus lihai. pengertian dari lihai di sini adalah pandai menganalisa setiap kemungkinan yang ada, berusaha mendapatkan profit yang maksimal. Selain itu, seorang pebisnis juga harus bisa berusaha meminimalisir kerugian yang ada di depan mata.

4. Bangkit Saat Kalah

Kalah dalam permainan itu sudah biasa. Ketika Kamu kalah main game cacing, tidak perlu mengumpat, jangan menyerah, Kamu harus kembali memulai dari awal lagi. Sama halnya ketika bisnismu bangkrut, seorang pebisnis juga harus bangkit kembali.

Kekalahan bisa terjadi pada siapa pun yang bermain game cacing, sehingga game over. Namun jangan khawatir, bukankah ada opsi (pilihan) untuk melanjutkan game mulai dari nol? Jadi jangan menyerah sebelum Kamu bisa meraih posisi nomer 1 sebagai cacing pemenang.

Seorang pebisnis pasti pernah mengalami kekalahan atau kegagalan, karena pasti tidak ada pebisnis yang selalu untung dan tidak pernah rugi, itu mustahil. Ketika bisnismu bangkrut, berusahalah untuk bangkit. Cari bisnis lain yang lebih menjanjikan.

5. Konsisten Bertahan Hidup

Dalam sebuah game cacing, cacing yang konsisten bertahan hidup akan berusaha supaya selamat. Hal ini Tidak jauh berbeda dengan dunia bisnis, para pebisnis pun harus konsisten mempertahankan kehidupan bisnisnya.

Cara bertahan hidup di game cacing adalah: Cacing harus terus memakan makanan, dan berusaha menghindari tubuh cacing lainnya supaya tidak menabrak. Tanpa adanya sikap konsisten dalam mengumpulkan makanan, maka seekor cacing akan kesulitan untuk membuat tubuhnya besar dan panjang.

Seorang pebisnis pun harus konsisten untuk bertahan hidup di dunia bisnis yang penuh dengan persaingan. Selain berbekal modal awal untuk berbisnis, dibutuhkan pula pengetahuan tentang bisnis, analisa bisnis, dan mental yang bagus dalam memulai berbisnis.

Ikuti tulisan menarik Saya Erwin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB