x

ilustr: antaranews.com

Iklan

Ahmad Irso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 7 Mei 2020 17:02 WIB

Budaya Gotong Royong Bisa Selamatkan Masyarakat Indonesia Dari Wabah Corona

Makhluk kecil yang namanya Virus Corona yang kini menjadi trending di dunia. Menyebabkan kematian dalam jumlah besar hanya dalam hitungan bulan. Tidak terbayangkan sebelumnya bahwa negara-negara maju pun bisa sangat kewalahan menghadapi virus itu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Makhluk kecil yang namanya virus corona yang kini menjadi trending di dunia. Menyebabkan kematian dalam jumlah besar hanya dalam hitungan bulan. Tidak terbayangkan sebelumnya bahwa negara-negara maju pun bisa sangat kewalahan menghadapi virus itu.

Tentu semua orang ingin wabah virus corona cepat berakhir dan bisa beraktifitas seperti dulu kala. Iya, hal itu pasti bisa terjadi. Namun, wabah virus corona yang sudah menjadi pandemi ini harus kita lawan.

Caranya? Mengikuti imbauan dan aturan yang dikeluarkan pemerintah, khususnya di Indonesia. Unsur Pemerintah dalam penangulangan bencana non alam ini sudah semaksimal mungkin bahkan sudah bekerja keras untuk penanganan wabah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baik itu dari segi penanganan kesehatan dan dampaknya yaitu sosial dan perekonomian di tengah masyarakat. Wabah ini harus selesai. Kita sebagai negara yang kuat. Bahkan memiliki budaya gotong royong harus lakukan. Jangan biarkan Pemerintah bekerja sendiri.

Tunjukan bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia bisa membantu dan memerangki wabah non alam ini. Virus corona sudah menjadi musuh bersama.

Maka marih kita lawan dengan berbagi dengan sesama. Artinya, masyarakat yang mampu membantu yang kurang mampu. Memang dampak Corona ini menjadi sebuah masalah sosial dan ekonomi di masyarakat saat ini.

Tapi, kita sebagai warga Indonesia harus lepas dari belengu masalah ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pun telah mengajak seluruh komponen bangsa untuk memperkuat soliditas, solidaritas, dan gotong royong melawan COVID-19.

Hal itu tentu harus kita lakukan. Karena negara memanggil dan butuh bantuan dan dukungan masyarakatnya untuk melawan dan memerangi wabah ini.

Melalui beberapa kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah dalam memerangi Covid-19, yakni penanganan kesehatan, adanya bantuan-bantuan, serta stimulus ekonomi.

Ujung tombak kebijakan-kebijakan tersebut adalah penanganan kesehatan untuk memastikan masyarakat terlindungi, tertangani, dan sistem kesehatan mampu melayani. Juga kebijakan jaring pengaman sosial agar masyarakat rentan yang terdampak ekonominya tetap dapat hidup.

Pemerintah memastikan perekonomian tetap survive di tengah konstelasi ekonomi global seperti saat ini. Termasuk untuk memberikan santunan kematian bagi tenaga kesehatan yang meninggal karena COVID-19.

Keterangan dari pemerintah pun sudah jelas. Saatnya bangsa ini saling membantu dan menolong seperti ketika bangsa ini dijajah oleh bangsa asing.

Semua bersatu dan memerdekaan bangsa ini dengan semangat gotong royong.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Irso Kubangun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB

Terkini

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB