Masih Mungkinkah Aku Bayar Zakat Fitrah - Analisa - www.indonesiana.id
x

gringo honasan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Maret 2020

Minggu, 10 Mei 2020 05:49 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Masih Mungkinkah Aku Bayar Zakat Fitrah

    Dibaca : 786 kali

    Zakat merupakan bagian dari rukun islam yang ke empat. Umat muslim yang telah memenuhi syarat, diwajibkan membayar zakat. Zakat fitrah bertujuan untuk menyucikan jiwa, membersihkan harta, dan melengkapi ibadah puasa.

    Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.

    Untuk menunaikan ibadah zakat fitrah, ada hal-hal yang perlu dipenuhi oleh umat muslim. Seperti syarat-syarat dan ketentuannya, siapa saja yang wajib dan tidak wajib membayar zakat fitrah, berapa zakat fitrah yang harus dikeluarkan, serta kapan saja waktu yang ditetapkan untuk membayarnya.

    Hukum zakat fitrah adalah fardhu atau wajib bagi seorang muslim, yang memiliki cukup harta untuk dibagikan kepada orang lain. Bahkan apabila seorang muslim tersebut memiliki anak, maka anak-anak pun wajib ditunaikan zakat fitrahnya.

    Salah satu hal yang wajib diketahui oleh umat Islam adalah mengenai ketentuan zakat fitrah, sebagai bagian dari rukun Islam. Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Menjadi lahan penuh kesempatan memperbanyak amal ibadah. Bulan di mana semua wajib

    Apakah aku masih wajib bayar zakat fitrah, kehidupanku cukup sulit di tengah bantuan pandemi Covid-19 dalam rangkuman PSBB?

    Sebagai bagian dari masyarakat, pasti tahu di kelas sosial mana berada, kelas sosial sendiri pasti sangat akrab di telinga. Bahkan mungkin beberapa dari warga masyarakat berorientasi menjadi kelas sosial tertentu.

    Sebagai masyarakat kelas bawah di Tasikmalaya, bila dlihat dari sisi pendapatan, aku memiliki angka penghasilan di bawah rata-rata, di bawah garis kemiskinan, begitu pula kehidupan kelas bawah disubsidi oleh pemerintah dalam berbagai aspek tentunya.

    Singaparna, senja kelabu (9/5/2020)

    Gringohonasan


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.