x

7 Cara Mencintai Diri Sendiri Dengan Benar Yang Wajib Diketahui

Iklan

Sulaiman nur Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2020

Selasa, 12 Mei 2020 08:53 WIB

7 Cara Mencintai Diri Sendiri Secara Benar yang Wajib Kamu Ketahui

cara untuk mencintai diri sendiri dengan benar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernah tidak kalian merasa seperti ini, sudah bela-belain orang yang kalian sayang tapi malah ujung-ujungnya kalian sendiri yang sakit hati. Udah berkorban banyak kok malah gak dihargai. Ini merupakan celotehan yang banyak berseliweran di Instagram.

Mencintai diri sendiri dapat diartikan sebagai tindakan yang lebih menfokuskan, memprioritaskan, insvestasi, dan hal yang lainnya hanya kepada diri sendiri. Tindakan ini dalam bahasa inggris sering disebut dengan self-love.

Self-love berbeda jauh dengan egois yang cenderung kearah sombong dan cacat moral. Mencintai diri sendiri berarti dapat menerima apa yang ada dalam diri kita sendiri, tidak fokus pada kelebihan orang lain, tidak pesimis dengan kekurangan diri sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagian orang mungkin mengartikan ini sebagai sifat yang mendewakan diri, menyombongkan diri, lebih baik dari siapapun, dll. Padahal itu arti yang salah kaprah, dalam psikologi disebut dengan padangan benar dari sisi yang berbeda.

Yaa, setidaknya self-love itu tidak merugikan orang lain.

Lantas bagaimana cara mencintai diri sendiri yang benar?

 

1. Bersyukur

Faktor utama tidak cinta pada diri sendiri ialah kurangnya bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki saat ini. Terkadang rasa syukur hilang pada diri, ketika melihat orang lain merasa dia lebih baik dari diri kita.

Selft-love akan kalian dapatkan jika sudah dapat menerima semua kondisi apapun dalam diri sendiri. Tidak pernah mengeluh dengan makanan, kondisi fisik, bahkan kejombloan.

Nikmat yang kalian dapatkan dibandingkan dengan kondisi orang lain sekarang ini masih lebih baik kalian bukan?

Lepaskan semua yang membuat rasa syukur kita hilang terhadap apa yang sudah kita miliki. Bisa dengan melakukan aktivitas yang asik seperti panjat gunung, bersepeda, basket, dan aktivitas menyenangkan lainnya.

 

2. Fokus pada orang yang mencintaimu

Disisi lain ketika kalian fokus dengan orang yang cinta terhadap kalian, akan lebih banyak kebahagiaan dibandingkan dengan kesusahan. Karena mencintai orang yang tidak cinta terhadap kita hanya akan membuang waktu, tidak hanya itu tenaga dan faktor internal lain pasti terkuras habis.

Memiliki pertemanan dalam sebuah lingkungan yang sehat akan menumbuhkan rasa hormat terhadap diri.

Berpaiki pola pikir bahwa orang yang cuek, jutek, suka ngambek, dan kekanak-kanakan itu bisa berubah. Kalian tidak mungkin bisa merubah orang lain, jika hidup kalian sendiri saja tidak kalian perbaiki.

Terkadang otak memang selalu memikirkan orang yang membenci kita, namun itu hanya akan membuang waktu saja. Malah kalian sendiri yang akan dipermainkan oleh mereka.

So,stop it.

 

3. Perbaiki pola hidup

Sudah berapa kali tidak pernah olah raga, sudah berapa sering tidur larut malam, dan sudah berapa nih berat badannya?

Memperbaiki pola hidup sehat adalah salah satu kunci untuk mencintai diri sendiri.

Olah raga yang teratur contohnya. Bisa teman-teman lakukan dengan aktivitas gym, pergi kepelatihan karate, pergi kepuncak, dan yan lainnya.

Selain berolahraga teman-teman bisa membangun self-love dengan cara makan yang enak-enak, pergi shoping, piknik, atau apapun itu yang membuat diri kalian berharga lagi.

Dan jangan lupa istirahat yang cukup.

 

4. Meminta bantuan terapis

Jika memang diperlukan pergi keterapis adalah hal yang benar. Mungkin pengalaman masa lalu pernah merusak hidup teman-teman disini. Karena masalah yang sudah lewat tersebut masih suka terbawa pikiran membuat diri sendiri terasa terlupakan.

Mintalah bantuan psikolog yang bisa membantu memperbaiki mental, pola pikir, dan mungkin mereka bisa memberikan solusi dari keluh kesah kalian.

Terkadang memang merasa malu jika mengungkapkan isi hati kepada orang lain yang tidak kita kenal sebelumnya, karena kebanyak oranng akan memilih lebih dekat kepada teman. Namun, banyak teman sering kali tidak tahu caranya untuk memberikan masukan ataupun bertindak sebagai pendengar yang baik.

Untuk itu terapis akan sedia membantu, dan memberikan apa yang terbaik buat diri kalian.

 

5. Tetapkan batas

Tentu saja ini sangat penting agar kalian tidak terlihat sebagi sosok yang penyendiri, tidak suka bergaul, egois dan yang lainnya. Jika dirasa perlu keluar dari me time , lakukan sosial cycle dengan orang yang membuatmu bahagia.

Tetap pada batas yang wajar, jangan terlalu berlebihan. Tetap fokus dengan apa yang kalian sukai.

Selain itu tetapkan batas juga pada perkerjaan, cinta, atau bahkan kegiatan lainnya yang akan menguras energi secara emosial dan spiritual.

Jika dirasa fisik, pikiran, dan jiwa lelah, berhentilah sejenak dan lakukan self-love. Ini bisa berpengaruh besar pada cinta diri sendiri.

 

6. Hilangkan pikiran negatif

Jangan pernah berpikiran tentang negatif apapun pada diri sendiri, bahwa kita ini buruk, kucel, gak layak, dan alasan yang lainnya.

Pikiran negetif itu seperti racun yang akan merusak otak, kemudian mengganggu aktivitas imun, dan akhirnya sakit. Jika sudah sampai pada titik sakit, siapa yang salah?

Kalian sendiri yang membuat ilusi semacam itu yang kemudian berakibat lebih fatal.

Mencintai diri sendiri dengan memberikan reaksi postif pada otak dan tubuh.

Seperti dalam bukunnya Rhonda Byrne The Magic.

Ketika kalian berpikir negatif hukum dari ketertarikan akan menimpa kalian ke hal-hal negative. Sebaliknya jika selalu perpikir postif, keajaiban yang tidak terduga selalu datang tiba-tiba.

Hilangkan negative thinking dan kalian sudah mencintai diri sendiri.

 

7. Hidup dengan sahaja

Menjalani hidup dengan suka cita, tidak memiliki beban, maupun pikiran merupakan bagian dari mencintai diri sendiri. Jika kalian memutuskan untuk membuat hidup yang bermakna dan sehat, wujudkanlah dengan mendukung diri sendiri, dan merasa nyaman ketika sudah mencapai tujuan tersebut.

Jalani saja kehidupan ini meskipun banyak masalah dan rintangan, setiap kehidupan memiliki jalannya masing-masing, tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Jika merasa hidup penuh beban, maka akan timbul banyak sekali beban dalam hidup. Semua itu datang juga dari fikiran, ketika kita berpikir tidak layak hidup maka alam semesta akan memberikan apa yang kalian pikirkan.

Itulah tadi 7 Cara Mencintai Diri Sendiri Dengan Benar Yang Wajib Kamu Ketahui, jika kamu merasa selama ini kurang memprioritaskan kebahagiaan dirimu sendiri sebagai bentuk mencintai diri sendiri, maka mulailah sekarang dengan mencoba 7 hal diatas, tidak ada salahnya bukan untuk memulainya. Semoga bermandaat.

Ikuti tulisan menarik Sulaiman nur Rahman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler