x

Iklan

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 15 Mei 2020 09:28 WIB

Indonesiana Gelar Diskusi Bertema Eksistensi Manusia yang Terkungkung

Pandemi Covid-19 sudah hampir memasuki bulan ke-enam dan sampai sekarang belum ada tanda-tanda kapan bisa teratasi. Selama masa pandemi ini hampir sepertiga warga dunia hidup dalam karantina. Dalam keadaan semacam ini apa makna eksistensial manusia? Apakah arti manusia sebagai individu dan mahluk sosial masih berlaku? Indoensiana.id akan mengupas ini bersama Bagus Takwin (Dosen Fakultas Psikologi UI) dan Saras Dewi (Dosen Fakultas Filsafat UI).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 sudah hampir memasuki bulan ke-enam dan sampai sekarang belum ada tanda-tanda kapan bisa teratasi. Selama masa pandemi ini hampir sepertiga warga dunia hidup dalam karantina. Untuk rakyat Indonesia sebagian besar sudah menjalani protokol work at home plus variannya (sekolah di rumah, ibadah di rumah dan lain-lain) lebih dari dua bulan. Sebuah masa "kurungan" yang tak sebentar.

Saat ini kebijakan Pembasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah mulai dilonggarkan pemerintah. Tetapi sebagian besar masih memilih menjalani isolasi mandiri demi memutus penyebaran virus Covid-19.

Selama isolasi itu interaksi sosial antar individu jauh berkurang. Tak ada lagi momen-momen bertemu teman, sahabat bahkan saudara yang berbeda kediaman. Orang lebih banyak berinteraksi dengan orang terdekat di rumah, atau benar-benar sendirian jika memang tak orang lain yang tinggal bersamanya

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam keadaan semacam ini apa makna eksistensial manusia? Apakah arti manusia sebagai individu dan mahluk sosial masih berlaku?

Indonesiana.id bersama Koran Tempo, Tempo,co, Majalah Tempo dan TV Tempo, akan mengupas hal tersebut dalam acara Diskusi Filsafat Asyik, Jum'at 15 Mei, pukul 16.00 -17.00. Diskusi bertema Eksistensi Manusia yang Terkungkung ini  akan menghadirkan dua narasumber, yakni Bagus Takwin (Dosen Fakultas Psikologi UI) dan Saras Dewi (Dosen Fakultas Filsafat UI).

Perbincangan akan dimoderatori Tulus Wijanarko dan  Iwan Kurniawan, keduanya redaktur utama di Tempo.

Acara ini bisa diikuti semua saja karena akan disiarkan secara streaming di https://www.facebook.com/tempomedia/live dan Instagram dengan akun TEMPODOTCO.

 

Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB