Sebarkan Pesan Positif di Kampus, Orasi Ilmiah Wapres RI Ma'ruf Amin Saat Dies Natalis Virtual ke-56 UNJ

Sabtu, 16 Mei 2020 18:59 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebarkan pesan positif di kampus, orasi imiah wapres RI Ma'ruf Amin kepada civitas akademika UNJ saat Dies Natalis ke-56 UNJ

Orasi Wapres Ma'ruf Amin Hingga Konser Dari Rumah, Semarakkan Virtual Dies Natalis ke-56 UNJ

Diiringi gegap gempita lagu Mars UNJ serentak, Universita Negeri Jakarta (UNJ) hari ini, 16 Mei 2020, merayakan Dies Natalis ke-56 (1664-2020) untuk kali pertama secara virtual. Seluruh civitas akademika UNJ ikut menyaksikan melalui channel Youtube yang dimulai pukul 10.00 WIB. Hebatnya, Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin pun ikut memberikan orasi ilmiah secara daring lewat telekonferensi dari Jakarta.  

Dalam orasinya, Wapres Ma'ruf menyampaikan pentingnya peran UNJ dan perguruan tinggi negeri umumnya, untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui inovasi pembelajaran yang tanggap terhadap kebutuhan dan situasi masyarakat.

"Dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, sebuah kampus tidak hanya cukup mengandalkan pembelajaran dalam ruang kelas saja, tetapi juga harus dapat menangkap berbagai dinamika dalam masyarakat," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam orasi virtualnya.

Lebih lanjut lagi, Wapres Ma'ruf Amin berharap UNJ dapat menyebarkan pesan positif di lingkungan kampus, terutama terkait toleransi dan nasionalisme, di tengah perkembangan teknologi informasi. Untuk mengajarkan cara memanfaatkan teknologi digital secara sehat. Terus kampanyekan pesan-pesan positif dalam kampus, terutama terkait bela negara, patriotisme, cinta sesama, dan toleransi. 

Sambutan hangat pun diberikan Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si., yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UNJ yang selalu menjaga kebersamaan demi nama baik almamater. “UNJ sangat berkomitmen memajukan pendidikan di Indonesia, dalam mendidik tunas-tunas bangsa. Sehingga nantinya UNJ bisa menjadi kampus bereputasi Asia” ujarnya.  

Dies Natalis ke-56 UNJ secara virtual ini dilakukan seiring wabah Kovid-19 yang belum mereda. Sebagai komitmen untuk menjaga kesehatan, maka jalan terbaik dilakukan secara virtual. Walau tanpa mengurangi makna dan ekspresi syukur UNJ sebagai satu-satunya kampus negeri di ibu kota Jakarta. Di bawah komando Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. (Dekan FBS UNJ), panitia Dies Natalis ke-56 UNJ menggelar seluruh kegatan dari rumah, termasuk Konser dari Rumah pada mahasiswa Seni Musik dan Seni Tari FBS UNJ.

Seluruh civitas akademika UNJ dan alumni yang tergabung dalam IKA UNJ semakin bersemangat untuk menyaksikan tayangan berdurasi 1,15 jam setelah “terbakar energi” sangat mendengarkan lagu “Mars UNJ”.


Dengarlah derap gembira
Suara langkah bersama
Universitas Negeri Jakarta
Dalam bakti tri darma

Membimbing sumber daya kita
Mendidik tunas-tunas bangsa
Kembangkanlah sayap ilmu sepanjang hayat kita
Semoga dirgahayu
Universitas Negeri Jakarta

Beragam sajian dipertontonkan secara virtual. Mulai dari kilas balik sejarah UNJ, hasil penelitian dan karya UNJ, pengabdian masyakraat persembahan UNJ dan Alumni UNJ, pembacaan puisi Dr. Helvy Tiana Rosa, serta pentas dari rumah para mahasiswa seni musik dan seni tari FBS UNJ yang memukau.

Dengan mengusung tema Dies Natalis ke-56  "Pengembangan Kapasitas Global dan Identitas Lokal dalam Era Digital", UNJ bertekad untuk menjadi kampus urban bereputasi global namun tetap menjunjung tinggi kearifan lokal. Maka inilah momen penting bagi seluruh civitas akademika dan alumni UNJ untuk bergotong-royong untuk terus mengukir prestasi sesuai dengan peran dan tanggug jawab di masyarakat, bangsa dan negara.

Dirgahayu Universitas Negeri Jakarta, jayalah selalu … #DiesNatalis56UNJ #KampusUNJ

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler