x

Iklan

bang doyok

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Mei 2020

Selasa, 19 Mei 2020 06:24 WIB

Menjaga Kesehatan Saat Menjalani Ibadah Puasa

Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat islam di seluruh dunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi virus corona membuat kekacauan di seluruh dunia, Jutaan orang terinfeksi virus corona atau covid-19 yang biasa kita sebut, ratusan ribu orang meninggal dan ratusan ribu lainnya mengalami penyakit serius dalam jangka waktu lama tentu.

Itu bukan hal yang bisa di anggap mudah tetapi ini bisa menjadi hal yang serius untuk di tangani segera, bekerja sama dalam memerangi virus corona dengan mengikuti anjuran dari pemerintah dalam melakukan pembatasan sosial (social distanting). Juga menjaga kesehatan apalagi saat ini kita sedang menjalani bulan yang paling di tunggu umat Islam yaitu bulan puasa tentunya. Menjalani ibadah puasa tahun lalu hal yang lebih mudah di hadapi ketimbang tahun ini karna kita menjalankan ibadah puasa di saat virus corona menghantui seluruh bagian belahan dunia.

Apabilah kita lengah terhadap kesehatan,kebersihan diri kita dan aktivitas sosial bisa menjadi hal yang sangat serius karna kita menjadi sasaran empuk bagi virus corona bersarang di dalam organ tubuh kita. Jika kita terinfeksi virus corona bagian pernapasan kita akan terganggu dan paru-paru kita menjadi rumah bagi Covid-19 tentu ini menjadi masalah serius dan dapat menyebabkan kematian. Bagi kaum lansia dan orang yang memiliki riwayat penyakit organ dalam maka akan lebih cepat penyebaran virus corona maka lebih beresiko kematian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Virus corona sangat mudah penyebarannya hanya melalui udara maupun bersentuhan dengan orang yang positf corona maka kita terinfeksi juga bukan berarti virus corona atau yang biasa kita sebut covid-19 menjadi penghalang untuk kita menjalankan ibadah puasa karna terdapat beberapa hal yang perlu kita lakukan agar puasa kita tetap terjaga kesehatannya.

Berikut tip yang kita rangkum agar dapat terjaga selama menjalankan ibadah puasa yaitu tetap mengikuti peraturan pemerintah dalam memerangi covid-19 ini dengan melakukan pembatasan sosial yang artinya keluar rumah apabila seperlu nya saja dan tetap melakukan ibadah sholat di rumah untuk sementara waktu sampai virus corona mereda baru berjemaah di mesjid demi menjaga keselamatan diri sendiri maupun keluarga yang ada dirumah kita.

Memperhatikan santapan yang di hidangkan di saat sahur dan berbuka puasa menjadi poin yang penting dan butuh perhatian khusus harus tetap memperhatikan kebersihan dari makanan yang akan kita hidangkan untuk keluarga kita dan gizi dari makanan tersebut. Untuk saat ini sahur dan berbukalah dengan makanan bergizi dan protein tinggi 4 sehat 5 sempurna. Selalu memperhatikan kebersihan diri kita sendiri agar tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit bukan hanya covid-19 dan jangan lupa selalu berolaraga kecil seperti contoh lari kecil walau terlihat sederhana namun ini sangat membantu kita dalam melawan penyebaran virus corona dan puasa kita tetap dalam kesehatan.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan dalam bahaya virus corona dan agar tetap sehat dalam menjalan kan ibadah puasa walau sedang dalam peraturan pemerintah yaitu sosial distanting atau pembatasan sosial kepada kerabat dan teman dekat dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa. 

 

Ikuti tulisan menarik bang doyok lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler