Masjid Agung Jawa Tengah: Objek Wisata Religi di Tengah Kota Semarang - Travel - www.indonesiana.id
x

irma khairunnisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Mei 2020

Rabu, 20 Mei 2020 15:06 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Masjid Agung Jawa Tengah: Objek Wisata Religi di Tengah Kota Semarang


    Dibaca : 1.571 kali

    "Siapa sih yang tak kenal dengan istilah pariwisata?" 

    Saat ini seakan-akan pariwisata adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Berwisata bagi para traveller sudah seperti bagian dari gaya hidup. Dengan melakukan sebuah perjalanan ke objek wisata dapat menjadi salah satu alternatif untuk melepaskan diri dari kegiatan rutin yang biasa dilakukan dan mencari ketenangan batin. Selain itu, adanya pariwisata bagi pemerintah juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pendapatan devisa negara. 

    Kota Semarang adalah sebuah tempat yang sudah tidak asing lagi bagi para pelancong untuk melakukan perjalanan wisata. Tempat tersebut memiliki beragam jenis wisata seperti alam, warisan budaya, religi, sejarah, kuliner, dan lainnya. 

    Adapun salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan muslim saat berkelana di Semarang yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Tempat ini menjadi ikon masjid terbesar di Semarang. Letak Masjid tersebut berada di Jalan Gajahraya, Sambirejo, Gayamsari, Semarang dan dapat diakses melalui jalur darat dengan kendaraan motor, mobil, atau bus. 

    Apa saja fasilitas di Masjid Agung Jawa Tengah?

    Masjid Agung Jawa Tengah memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan seperti adanya auditorium. Tempat yang dapat menampung hingga 2.000 orang ini menjadi ruangan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan diluar keagamaan seperti wisuda dan pernikahaan.

    Menara juga merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Masjid Agung Jawa Tengah. Menara yang menjadi salah satu daya tarik di masjid ini bernama Al-Husna. Dengan ketinggian 99 meter, menara ini seolah-olah menjadi tanda letak Masjid Agung Jawa Tengah.

    Didalam menara terdapat tempat siaran radio dan Museum Kebudayaan Islam. Pada bagian atas menara, wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Semarang dan disediakan fasilitas teropong untuk melihat sekitar secara lebih jelas. Adapun tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin melihat isi didalam menara yaitu sebesar Rp7.500

    Selain auditorium dan Menara, tempat ini juga menyediakan perpustakaan, kios penjualan alat ibadah ataupun lainnya, hotel, dan tempat parkir. Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki lama resmi yaitu https://majt.or.id/ yang menampilkan agenda yang dilakukan dan sosial media lainnya seperti facebook, instagram, youtube, dan twitter.

    Apa motivasi wisatawan  mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah?

    Motivasi yang membawa wisatawan datang ke Masjid Agung Jawa Tengah tentulah sangat beragam. Jika dilihat dari penelitian yang dilakukan oleh Luthfian (2017) mengenai motivasi wisatawan yang berkunjung ke masjid ini maka paling dominan yakni karena keindahan bangunannya. Memang, keindahan suatu objek dapat menjadi salah satu faktor yang menarik wisatawan mengunjungi suatu tempat. Oleh karena itu, tidak heran jika masjid yang mengusung arsitektur Jawa, Timur Tengah, dan Roma ini terkesan megah dan menawan. 

    Rasa ingin tahu akan suatu tempat juga menjadi faktor pendorong untuk melakukan perjalanan wisata. Informasi yang mereka dapatkan baik dari pencarian daring internet, sosial media, ataupun mulut ke mulut tentang Masjid Agung Jawa Tengah menjadi salah satu pendorong untuk datang ke sana.

    Motivasi lain yang mengantarkan wisatawan menuju ke Masjid Agung Jawa Tengah salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas keimanan diri. Masjid sebagai tempat penyebaran dakwah dapat dijadikan sarana peningkatan kualitas diri. Tentunya, masjid ini memiliki beragam agenda dan aktivitas keagamaan. 

    Beragamnya aktivitas yang dapat dilakukan di Masjid Agung Jawa Tengah dapat menjadi salah satu sarana peningkatan kualitas diri. Dengan mengikuti agenda kegiatan di sana seperti kajian, zikir bersama maka dapat menambah ilmu agama. Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas lain yang disediakan dan dapat digunakan untuk menunjang seseorang dalam meningkatkan kualitas diri mereka.

    Bersinggah sejenak juga secara tidak langsung mendorong wisatawan untuk datang ke Masjid Agung Jawa Tengah. Pada awalnya, mungkin mereka sama sekali tidak memasukan masjid ini ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi saat berada di Semarang. Namun, jika mereka datang secara rombongan dan waktu salat tiba maka biasanya sopir bus akan memberhetikan kendaraanya di masjid besar.

    Oleh karena itu, lahan parkir yang luas menjadi salah satu faktor yang dipilih sopir bus untuk memarkirkan kendaraanya. Masjid terbesar di Semarang ini memiliki lahan parkir luas sehingga cukup untuk menampung bus dan mereka dapat menunaikan ibadah salat wajib sembari beristirahat sejenak serta berkeliling di area masjid. 

    Masjid Agung Jawa Tengah ini dapat menjadi salah satu opsi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Semarang. Tidak hanya untuk melihat kemegahan dan keindahan masjid saja tapi berkunjung ke masjid ini juga dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan keimanan bagi wisatawan muslim. Dengan demikian, jika Anda ke Semarang jangan lupa untuk berkunjung dan menunaikan salat di Masjid Agung Jawa Tengah. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.