x

Iklan

Intan Octamelia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Mei 2020

Kamis, 21 Mei 2020 21:51 WIB

Memperingati Kenaikan Isa Almasih, Umat Kristiani Masih Secara Online

Umat kristiani memperingati kenaikan Isa Almasih di rumah masing-masing (secara online) dikarenakan kondisi pandemi saat ini yang belum juga membaik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memperingati hari kenaikan Isa Almasih tidak lengkap rasanya bagi umat Kristiani jika tidak mengikuti misa di gereja. Namun dalam keadaan pandemi seperti ini umat Kristiani tetap bisa memperingati hari besar mereka.

Setelah persebaran virus Covid-19 merambah ke Indonesia, pemerintah secara cepat dan tanggap memberikan solusi untuk masyarakat Indonesia. Solusi yang tepat adalah untuk tetap berada dirumah masing-masing. Dengan begitu semua aktivitas masyarakat yang melibatkan orang banyak pastinya menjadi terbengkalai, seperti halnya beribadah bagi umat kristiani. Dimasa pandemi ini mereka tetap bisa mengikuti misa walaupun secara online dan tetap dipimpin oleh pemuka agama.

Semenjak tempat ibadah ditutup, Youtube menjadi salah satu jalan keluar bagi umat Kristiani untuk menjalankan ibadah. Memang tak sama rasanya seperti ibadah di gereja, namun umat Kristiani tetap dapat mengikuti misa secara online bersama keluarga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak hal yang menjadi berbeda dengan adanya misa online ini. Namun semua itu mulai menjadi terbiasa hingga saat ini. Misa yang biasanya dilakukan pada akhir pekan ini digantikan dengan live di kanal Youtube milik masing-masing paroki atau gereja. Waktu dan tempat pun sama seperti jadwal misa pada umumnya hanya saja medianya yang berbeda.

Dengan adanya misa online ini juga membuat umat Kristiani menghayati betapa pentingnya kehadiran Tuhan dalam hidup mereka. Selain itu juga menjadi sebuah tantangan untuk para umatnya agar tetap fokus disaat menjalankan misa walaupun online.

Tak hanya misa online, banyak organisasi agama Katolik yang mnyelenggarakan adanya doa rosario bersama. Doa ini dimaksudkan dengan membawa harapan supaya virus ini cepat berlalu. Ya, secara online tetap saja, mereka yang menyelenggarakan doa rosario bersama dilakukan melalui media sosial Youtube maupun Instagram dengan cara live.

Dengan begini menunjukkan bahwa dewasa ini para umat Kristiani menjadi berkawan hangat dengan media sosial. Mulai dari Youtube hingga Instagram, dikarenakan melalui media-media tersebut para umat Kristiani dapat mengobati kerinduannya untuk berkumpul bersama dan juga berdoa bersama.

Ikuti tulisan menarik Intan Octamelia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu