7 Cara Menyambungkan HP dan Tablet ke TV Menggunakan USB - Urban - www.indonesiana.id
x

Nirvana Harapan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Desember 2019

Selasa, 26 Mei 2020 06:02 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 7 Cara Menyambungkan HP dan Tablet ke TV Menggunakan USB

    Demikian pula, bagaimana koneksi Anda bervariasi, karena itu tergantung pada kebutuhan Anda. Cukup melihat foto di TV yang kompatibel (didukung) akan memerlukan perangkat seluler Anda dan kabel pengisian daya.

    Dibaca : 20.346 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Untuk menghubungkan ponsel atau tablet Anda ke TV, tentu saja Anda dapat menggunakan salah satu tutorial berikut:

    • MHL
    • Slimport
    • Kabel USB
    • Kabel Petir (iPhone dan iPad)
    • Opsi yang Anda pilih akan tergantung pada spesifikasi dan sistem operasi yang digunakan.
    • Karena proses iPhone dan Android tentu berbeda dengan cara menghubungkannya.

    Demikian pula, bagaimana koneksi Anda bervariasi, karena itu tergantung pada kebutuhan Anda. Cukup melihat foto di TV yang kompatibel (didukung) akan memerlukan perangkat seluler Anda dan kabel pengisian daya.

    Namun, untuk mencerminkan layar, Anda memerlukan adaptor USB.

    1. Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan MHL

    MHL adalah salah satu solusi paling umum untuk menghubungkan HP ke TV dengan kabel USB. Melalui teknologi ini, yang merupakan singkatan dari Mobile High-Definition Link, Anda akan mengaktifkan perangkat yang kompatibel dengan MHL (kompatibel).

    Seperti ponsel cerdas dan tablet untuk terhubung ke televisi dan proyektor. Anda dapat menelusuri daftar perangkat yang sudah mendukung MHL melalui situs web resmi MHL.

    Hal-hal untuk dipersiapkan:

    • Kabel listrik
    • HP yang mendukung MHL
    • Adaptor USB ke HDMI MHL / kabel
    • Layar input HDMI
    • Kabel HDMI

    Meskipun ini adalah pengaturan umum, kabel spesifik yang Anda butuhkan bervariasi. Kabel Google MHL (nama perangkat Anda)) untuk menemukan daftar kabel yang kompatibel.

    Untuk menyambungkan HP ke TV menggunakan MHL, langkah pertama adalah mencolokkan ponsel Anda dengan adaptor MHL. Adaptor akan membutuhkan daya dari port USB melalui kabel atau sumber eksternal.

    Untuk adaptor Samsung MHL ini memiliki port micro-USB, dan selain digunakan dengan hampir semua kabel. Beberapa kabel juga dilengkapi dengan konektor untuk HP atau tablet dan catu daya dalam satu unit.

    Hal berikutnya adalah menghubungkan ponsel Anda ke TV dengan kabel MHL. Kemudian Anda akan melihat layar ponsel di TV Anda, dan itu plug-and-play.

    Secara umum, MHL adalah salah satu cara terbaik untuk menghubungkan ponsel Android ke TV dengan kabel USB.

    2. Koneksi HP ke TV Dengan SlimPort

    Kemudian Anda juga dapat menghubungkan ponsel Anda ke TV dengan kabel SlimPort. Karena MHL dan SlimPort sendiri adalah teknologi saat menyajikan konten dari perangkat seluler. Tempat untuk ditampilkan dengan koneksi fisik, keduanya mirip atau mirip, tetapi SlimPort berbeda dalam outputnya.

    Sementara MHL terbatas pada output video HDMI, jika SlimPort ini dapat mengirim sinyal melalui HDMI, DVI, DisplayPort dan VGA. Oleh karena itu, ini sangat cocok pada berbagai tampilan, termasuk monitor VGA dan televisi yang lebih tua, tetapi tanpa input digital.

    Selain itu, catu daya membedakan MHL dan SlimPort lebih banyak dan meskipun MHL pada awalnya membutuhkan koneksi daya, MHL 2.0 membuatnya tidak penting. Namun, karena MHL mengkonsumsi daya dari perangkat seluler, sangat ideal untuk menghubungkan kabel daya.

    Namun, SlimPort tidak mendapatkan daya dari perangkat seluler ini.

    Berikut ini adalah item yang perlu Anda persiapkan untuk menghubungkan HP Anda ke TV dengan adaptor SlimPort:

    • Ponsel yang mendukung SlimPort
    • Kabel / Adaptor SlimPort
    • Kabel video (HDMI, DVI, DisplayPort atau VGA)
    • Tampilan dengan input HDMI, DVI, DisplayPort atau VGA
    • Seperti halnya MHL, kabel SlimPort yang Anda pilih tergantung pada perangkat yang Anda miliki.

    Langkah pertama adalah memulai dengan menghubungkan adaptor SlimPort ke ponsel Anda. Setelah itu, hubungkan adaptor SlimPort ke layar Anda dengan kabel yang benar. Setelah itu, Anda akan dapat melihat layar ponsel di TV. Seperti MHL, ini adalah plug-and-play.

    3. Menghubungkan Tablet ke TV Melalui USB

    Anda juga dapat menghubungkan tablet Anda ke TV dengan kabel USB. Kemudian untuk tablet Android yang kompatibel, Anda dapat menggunakan MHL atau SlimPort. Prosesnya diidentifikasi dengan menghubungkan ponsel ke televisi Anda.

    Karena itu, idealnya, ponsel dan tablet Anda akan kompatibel dengan MHL dan SlimPort, Anda dapat menggunakan adaptor di kedua perangkat.

    4. Hubungkan IPhone ke TV Dengan USB

    Cara menghubungkan iPhone ke TV juga hampir mirip dengan cara menghubungkan perangkat Android. Namun, Anda memerlukan kabel yang berbeda tergantung pada model.

    Tentu saja, hampir semua orang memiliki perangkat iOS modern yang dilengkapi dengan konektor Lightning. Anda akan memerlukan adaptor digital AV Petir Digital pada output HDMI, atau adaptor Petir ke VGA jika Anda memerlukan koneksi VGA.

    Untuk perangkat iOS dan port 30-pin yang lebih lama, adaptor VGA 30-pin digunakan.

    Kemudian setelah Anda terhubung ke adaptor, hubungkan output video ke layar Anda. Setelah itu, layar ponsel Anda akan dipantulkan (mirror). Adaptor Lightning resmi Apple berisi port Lightning tambahan untuk pengisian daya saat melihat konten di layar kedua.

    5. Sambungkan IPad ke TV Menggunakan USB

    Sama seperti menghubungkan iPhone ke TV melalui USB, Anda juga dapat menghubungkan iPad ke TV Anda dengan cara yang sama.

    Sekali lagi, kemungkinan ada kabel Petir untuk ini. Hanya iPad 3 dan smartphone yang lebih lama yang menggunakan kabel 30-pin. Semua iPad lainnya, termasuk semua iPad Mini dan iPad Pro, menggunakan kabel Petir.

    Selain itu, Anda akan memilih adaptor AV digital, yang mana yang Anda pilih tergantung pada input tampilan Anda.

    6. Hubungkan Sebagai Perangkat Penyimpanan

    Sementara itu, kasus penggunaan yang paling umum untuk menghubungkan ponsel ke televisi adalah menggunakan layar cermin USB.

    Ada opsi lain selain mirroring layar, Anda juga dapat melihat file sebagai gambar di TV. Namun, Anda pasti membutuhkan monitor, TV, atau proyektor yang kompatibel.

    Dengan berbagai cara untuk menghubungkan USB ke TV, tutorial ini adalah yang termudah. Ini karena ia hanya memerlukan ponsel, kabel USB, dan TV dengan input USB, dan ini tentu mudah diatur.

    Kabel spesifik yang Anda butuhkan tergantung pada ponsel Anda.

    Untuk ponsel iPhone atau iPad, Anda akan menggunakan kabel Lightning (30 pin untuk perangkat yang lebih tua). Atau, pengguna Android membutuhkan kabel micro-USB atau USB-C. Jadi kabel USB yang disertakan dengan ponsel atau tablet Anda setidaknya berfungsi dengan baik.

    7. Menautkan Untuk Melihat Foto

    Ini mengasumsikan bahwa TV atau monitor Anda menggunakan input USB yang mampu menampilkan file melalui perangkat penyimpanan yang terhubung.

    Langkah pertama adalah menghubungkan kabel ke ponsel. Kemudian hubungkan ponsel Anda ke TV dengan menghubungkan ujung kabel USB standar ke port di TV atau monitor Anda.

    Setelah itu, alihkan input TV ke USB sehingga Anda dapat menontonnya.

    Untuk Android, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan USB untuk mentransfer file atau mentransfer foto.

    Untuk melakukan ini, kemudian seret pemberitahuan Anda dari atas layar ke bawah saat terhubung. Kemudian ketuk USB yang melengkapi notifikasi perangkat (notifikasi) untuk mengubahnya.

    Jadi, Anda hanya dapat melihat foto menggunakan PTP di TV dan proyektor. Untuk perangkat Android modern itu tidak mendukung protokol penyimpanan massal USB.

    Sehingga TV Anda tidak dapat melihat perangkat Anda sebagai unit eksternal nyata.

    Penulis : https://nirvanaharapan.com/

    Ikuti tulisan menarik Nirvana Harapan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 466 kali