x

ilustr: socialinnovationexchange

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 28 Mei 2020 18:19 WIB

Kewirausahaan Sosial [10] Apa itu Inovasi Sosial?

Tentang Inovasi Sosial

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Inovasi sosial adalah istilah yang sangat luas yang mencakup gagasan, cara dan sarana, strategi, dan bahkan organisasi yang menyusun solusi inovatif untuk memenuhi tuntutan masyarakat, terutama mereka yang hidup di dasar piramida. Ini mungkin termasuk bidang inovatif dalam berbagai pengaturan seperti pendidikan, perawatan kesehatan, pengembangan masyarakat dan lain-lain.

Skema kredit mikro yang dimulai oleh Mohammad Yunus di Bangladesh adalah contoh inovasi sosial yang sangat baik. Metodologi pembelajaran jarak jauh mirip dengan inovasi sosial yang memungkinkan orang memiliki akses ke pendidikan berkualitas. Konsep tersebut masih dapat diperluas ke teknik open source yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.

Pengembangan Konsep Inovasi Sosial

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gagasan inovasi sosial bukan yang baru, meskipun mungkin telah dibahas lebih sering baru-baru ini. Benjamin Franklin, misalnya, membuat rujukan pada tulisan-tulisan sebagai modifikasi kecil yang dapat dibawa ke masalah kehidupan.

Kemudian, para pekerja menyebutkan hal yang sama dalam tulisan mereka. Dalam literatur baru-baru ini istilah inovasi sosial ditemukan dalam tulisan-tulisan beberapa manajemen, seperti tidak dalam Peter Drucker dan Micheal Young. Beberapa sosiolog terkenal lainnya seperti Karl Marx dan Max Weber juga bekerja secara luas pada inovasi sosial untuk membawa perubahan sosial.

Joseph Schumpeter dimasukkan ke dalam konsepnya tentang penghancuran kreatif. Dia juga memperluas konsepnya untuk mendefinisikan kewirausahaan sebagai cara menciptakan produk atau layanan baru dengan menggabungkan elemen-elemen yang ada.

Inovasi Sosial di Dasar Piramida

Organisasi secara global tertarik pada gagasan untuk menciptakan dan memasarkan produk dan layanan bagi mereka yang berada di dasar piramida. Ketika C.K Prahlad dengan benar memberi tahu kita tentang kekayaan di dasar piramida, pemasar semakin terdorong pada gagasan untuk memanfaatkan potensi yang sampai sekarang belum ditemukan.

Hampir empat miliar orang di seluruh dunia mencari nafkah dengan sekitar dua dolar AS per hari dan ini murah hati tidak hanya dalam hal peluang bisnis tetapi juga dalam hal hubungan timbal balik. Perusahaan memenuhi kebutuhan orang-orang ini dan mereka pada gilirannya menawarkan peluang keuntungan besar yang bergantung pada skalabilitas yang sama.

Namun operasi mungkin tidak sesederhana seperti yang terlihat di atas kertas. Ada hambatan bukan dalam produksi tetapi dalam distribusi karena pasar rumah tangga berpenghasilan rendah sensitif terhadap harga dan sangat tersegmentasi.

P&G raksasa FMCG global, misalnya, mengembangkan PUR (sistem pemurnian air) dalam kemitraan dengan pemerintah AS yang dimaksudkan untuk konsumen berpenghasilan rendah. Produk itu dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sosial yang menyediakan air bersih dan higienis di tempat-tempat di mana air minum tidak aman. Produk gagal berfungsi dengan baik dan setelah tiga tahun diluncurkan, ternyata produk itu gagal!

Tampak jelas bahwa biaya bukan satu-satunya faktor yang menghambat keberhasilan inovasi sosial. Masih ada contoh lain di mana jangkauan (kemudahan akses), saluran distribusi diabaikan dan inovasi sosial gagal tujuannya. Kebutuhannya adalah membangun model berkelanjutan yang secara operasional ditata dengan baik dan berhasil dalam mengirimkan barang. Ingat biaya bukan satu-satunya faktor.

***
Solo, Kamis, 28 Mei 2020. 4:37 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler