Tip Investasi di Tengah Pandemi Covid-19, Simak Yuk! - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Online shop

Alvinda Dyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 September 2019

Jumat, 29 Mei 2020 10:43 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Tip Investasi di Tengah Pandemi Covid-19, Simak Yuk!

    Dibaca : 1.129 kali

    Dengan munculnya Covid-19 seakan-akan menjadi pukulan keras bagi semua sektor di Indonesia termasuk bidang ekonomi. Pasar saham menjadi salah satu sektor yang terkena dampak cukup parah dengan keadaan ini. Hal ini disebabkan oleh ketidakpercayaan pemegang modal terhadap situasi yang tidak menentu dari adanya pandemi ini.

    Meskipun demikian tetap banyak para investor yang berburu efek untuk mencari keuntungan di masa depan. Namun tentunya hal ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerugian. Maka dari itu, kami di sini akan memberikan beberapa tips investasi di tengah pandemic Covid-19 agar tetap menguntungkan nantinya.

    Penasaran? Simak jawabannya di bawah ini ya!!!

    Tip Investasi di Tengah Pandemi Covid-19 Agar Tetap Menguntungkan

    Berikut ini beberapa tips investasi seperti yang dilansir oleh duwitmu. Simak yuk!

    1. Review Portofolio

    Tip pertama yang harus anda lakukan ketika akan berinvestasi di tengah pandemic ini adalah dengan mereview portofolio. Usahakan untuk melakukan review secara berkala yang disesuaikan dengan tujuan awal dan prospek investasi.

    Dengan melakukan hal tersebut, alokasi asset dapat ditentukan lebih mudah dengan cara mengisi set pertanyaan investment risk profiler. Selain itu, anda juga dapat menentukan kelayakan profil investasi dengan kondisi yang sedang berlangsung pada saat itu.

    2. Memikirkan Jangka Panjang

    Sebagai seorang yang telah lama berkecimpung dalam dunia bisnis, apakah anda tahu apa saja orientasi dari seorang investor? Sekedar informasi bagi anda terdapat dua sifat pemilik modal yaitu mereka yang mengharapkan hasil jangka pendek dan jangka panjang.

    Sesuai dengan namanya, investor jangka pendek cenderung memikirkan hasil dalam jangka waktu dekat dengan cara mencari entitas yang bonafide dan memiliki kinerja cukup baik. Berbanding terbalik, investor jangka panjang lebih mampu menilik masa depan dari dana yang ditanamkan di sebuah perusahaan.

    Masa pandemic yang berlangsung cukup lama ini tentu sangat berpengaruh terhadap harga saham. Banyak perusahaan yang harga sahamnya anjlok dan turun drastis. Keadaan ini menjadi satu keuntungan bagi investor jangka panjang dengan membeli saham dengan harga murah dan menjual kembali dengan harga tinggi ketika kondisi kembali normal.

    3. Siapkan Dana Darurat

    Berinvestasi memang perlu tapi jangan lupakan dana untuk memenuhi kebutuhan, terutama dana darurat. Berdasarkan pakar keuangan dana darurat memiliki nilai yang lebih penting dibandingkan dengan portofolio investasi.

    Dana darurat ini sangat dianjurkan untuk dipersiapkan terutama saat pandemic seperti ini. Pada kondisi ini cash dianggap sebagai raja mengingat keadaan perekonomian nasional yang sedang krisis. Banyak sector ekonomi yang ditutup untuk menghentikan penyebaran Covid-19 ini. alhasil banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian sehingga cash menjadi barang langka.

    Usahakan dana darurat ini disimpan dalam instrument yang memiliki tingkat likuiditas cukup tinggi mengingat kebutuhan yang tak terduga dapat timbul sewaktu-waktu. Apa itu? contohnya saja kas, tabungan bank, deposito berjangka pendek, dll.

    4. Diversifikasi Investasi

    Tips investasi di tengah pandemic Covid-19 yang terakhir adalah dengan melakukan diversifikasi investasi. Apa itu diversifikasi investasi? Yaitu kegiatan investasi yang dilakukan dengan menyebar dana untuk beberapa pilihan instrument.

    Apa saja contohnya? Banyak sekali misalnya saja P2P Lending, Equity Crowdfunding (ECF), emas, dan masih banyak lagi.

    Di tengah masa pandemic ini sebaiknya anda lebih memilih instrument investasi safe haven seperti emas karena tingkat likuiditas yang tinggi. maka tak heran harga emas selalu mengalami peningkatan yang cukup tajam. Bahkan di masa ekonomi sedang sulit seperti ini harga emas bukannya menurun tapi justru mengalami kenaikan cukup signifikan.

    Nah demikianlah beberapa tips investasi di tengah pandemic covid-19 ini. keadaan ekonomi yang sedang lesu dan melemah bukan menjadi penghalang bagi anda untuk terus menjajal peruntungan di dunia investasi. Namun tentunya harus dengan rambu-rambu yang telah kami jelaskan di atas agar tidak merugi.

    Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.