x

Billy m

Iklan

Alfin Riki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 1 Juni 2020 06:41 WIB

Majelis Rakyat Papua Apresiasi Kinerja Positif Stafsus Presiden Billy Mambrasar untuk Tanah Papua

Majelis Rakyat Papua (MRP) Apresiasi Kinerja Positif Stafsus Presiden Billy Mambrasar untuk Tanah Papua

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Belakangan ini, santer Kabar tidak mengenakan menimpa Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar. Tak sedikit informasi beredar di media massa yang menyatakan selama berada di lingkar Istana sosok Billy Mambrasar belum terlihat kontribusinya.

Menanggapi kabar tersebut, anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Dr. H. Toni Mandawiri Wanggai, M.A mengatakan kabar tersebut tidak benar. Sebab, menurutnya sosok Billy Mambrasar sudah memberikan banyak kontribusi yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, khususnya di Papua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kami sebagai lembaga resmi yang lahir dari UU khusus Papua melihat Billy Mambrasar sudah memberikan banyak kontribusi khususnya masyarakat generasi muda Papua. Terkait informasi yang beredar bahwa Billy Mambrasar belum melakukan apa-apa itu tidak benar dan ngga jelas,” tegas dia saat diwawancara, pada (29/5).

Bahkan Toni yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus NU Provinsi Papua ini menilai Billy Mambrasar merupakan sosok representasi Papua yang memberikan banyak inspirasi bagi anak muda Papua. Keberadaanya untuk membangun Indonesia melalui Papua sudah terlihat sebelum Billy Mambrasar menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo.

Berikut adalah kontribusi yang sudah dilakukan Billy Mambrasar, khususnya untuk Papua

*1. Billy mengadakan pelatihan bisnis untuk memperkenalkan Pelaku UMKM Papua dengan Investor*

Pada saat ditunjuk Presiden Jokowi menjadi staf khusus, Diketahui Billy sempat menyampaikan keresahannya kepada Presiden Joko Widodo terkait pengusaha Papua yang belum bisa sesukses pelaku usaha di luar Papua.

“Masak iya pengusaha-pengusaha muda sukses dalam bentuk UMKM atau start-up, semuanya lahirnya hanya dari Jakarta saja. Kapan kami yang dari provinsi-provinsi termiskin Indonesia di timur ini juga bisa menjadi sama hebatnya dengan pendiri gojek, ruang guru, dan buka lapak,” ungkap Billy.

Dari sini lah kemudian Billy membuat terobosan untuk mengadakan pelatihan bisnis yang bertujuan untuk mengumpulkan ratusan dan melatih pebisnis lintas bidang di Provinsi Papua dan Papua Barat. Selain mengadakan pelatihan, Billy telah mengadakan pertemuan berasama para investor guna mendukung program pembinaan pengusaha Papua tersebut.

*2. Mengadakan talkshow dan kuliah umum di seluruh Indonesia*

Toni menerangkan selain kontribusinya dalam memfasilitasi pelaku UMKM di Papua, Billy juga sebelumnya mengadakan Roadshow di lebih dari 20 kota dan 20 kampus berbeda di seluruh Indonesia.

“Roadshow ini diisi oleh Talkshow yang bertujuan untuk mendorong pengusaha milenial serta meningkatkan sumber daya manusia milenial Papua untuk ikut menyukseskan pembangunan melalui giat wirausaha,” imbuhnya.

*3. Menjadi advisor untuk strategi investasi hijau di Papua*

Melalui pertemuan tingkat tinggi yang dilakukan bersama pelaku UMKM Papua dan perusahaan multinasional ini bertujuan untuk memfasilitasi dialog multipihak, khususnya antara pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat dengan pihak investor berkelanjutan, dan perusahaan multinasional, untuk berinvestasi secara bertanggung jawab di kedua Provinsi ini.

Selain itu tujuan akhir dari pertemuan tingkat tinggi ini adalah guna memperoleh kesepakatan bersama berbagai pihak tersebut, sehingga dapat mendukung pengembangan bisnis komoditas potensial di Papua dan Papua Barat, sebagai solusi inovatif mewujudkan pembangunan tanah Papua yang inklusif dan berkelanjutan.

“Dari sini kami melihat beliau telah menjadi inspirasi dengan melakukan sosialisasi di kabupaten kota terkait pembangunan ekonomi hijauh di Papua,” ujar Toni

*4. Membantu Pengembangan Pendidikan*

Diketahui, Billy mambrasar melalui Yayasan Kitong Bisa telah memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan di Papua. Melalui yayasan tersebut, Billy membantu anak-anak Papua kurang mampu untuk mendapat pendidikan layak. Kini Kitong Bisa memiliki 9 cabang dengan 1.100 anak didik dan 158 relawan.

“Beliau punya Kitong Bisa yang telah membantu ribuan anak untuk tetap bersekolah meski memiliki keterbatasan biaya,” tambah Toni

*5. Memberikan wadah anak muda untuk berwirausaha*

Menurut Toni, Billy merupakan sosok yang sangat peduli dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan. Oleh sebab itu, kata dia, dalam waktu dekat di Papua akan didirikan sebuah rumah inspirasi yang dapat menjadi wadah anak muda untuk belajar berwirausaha.

“ini sebuah terobosan pasalnya Rumah Inspirasi ini merupakan tempat untuk mendidik anak muda agar belajar dunia kewirausahaan,” tutur Toni dalam penutupnya

Ikuti tulisan menarik Alfin Riki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler