KKM [1] Kewirausahaan Kaum Muda (Sebuah Tinjauan) - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: uwec.edu

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 3 Juni 2020 05:56 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • KKM [1] Kewirausahaan Kaum Muda (Sebuah Tinjauan)

    Dibaca : 908 kali

    Kaum muda adalah masa depan setiap bangsa dan pewaris bumi besok. Pernyataan ini benar dalam segala hal. Ketika suatu negara memiliki populasi anak muda yang sehat, kita akan menemukan negara itu membuat kemajuan dalam hal pembangunan dan kemajuan secara keseluruhan. Sebuah negara dengan populasi yang menua tinggi dan populasi kaum muda yang lebih rendah memiliki banyak masalah untuk dipuaskan yang dapat memperlambat pertumbuhannya.

    Dunia saat ini telah beralih ke 'Era Teknologi'. Teknologi telah memungkinkan kemajuan di semua bidang dan semua masyarakat. Revolusi teknologi telah mengubah wajah kehidupan orang-orang yang membawa layanan kesehatan, informasi, dan konektivitas bahkan ke daerah-daerah paling terpencil yang telah terisolasi.

    Globalisasi telah menyatukan negara-negara dan menciptakan seluruh pasar dunia. Kita melihat banyak perubahan dalam peta politik internasional dunia. Negara-negara mulai menunjukkan tekad untuk pindah dari monarki zaman tua dan rezim diktatorial menuju demokrasi.

    Kemajuan dan tantangan berjalan seiring. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh sebagian besar negara di dunia saat ini adalah berkaitan dengan pengangguran kaum muda. Tingkat pengangguran keseluruhan tumbuh pada kecepatan yang mengkhawatirkan. Di antara para penganggur, pengangguran kaum muda tampaknya mengkhawatirkan. Populasi kaum muda global saat ini diperkirakan 1,5 miliar di mana 620 juta dapat dipekerjakan dan sembilan puluh persen dari populasi ini tinggal di negara-negara berkembang. Negara-negara seperti India dan Cina memiliki populasi kaum muda yang meningkat cepat dan tingkat pengangguran juga meningkat dengan cepat. Sesuai prediksi ILO, sekitar 660 juta anak muda mencari pekerjaan pada tahun 2015. Pengangguran kaum muda lebih tinggi hingga 50-60% di Asia.

    Angka-angka di atas menunjukkan fakta bahwa pengangguran kaum muda global dapat menjadi bumerang untuk menjadi krisis global yang menyebabkan dampak sosial dan ekonomi pada semua negara selain mendorong ekonomi dan kemajuan ke belakang. Meskipun setiap pemerintah dan organisasi dunia melakukan kerangka kebijakan dan mempromosikan skema serta dana untuk mempromosikan program ketenagakerjaan kaum muda, jumlah upaya tersebut dapat diabaikan jika dibandingkan dengan jumlah yang sangat besar.

    Pemerintah difokuskan pada melihat kerangka kerja dan strategi untuk menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan tingkat lapangan kerja. Namun ada kebutuhan mendesak bagi pembuat kebijakan untuk melihat secara khusus pada pengangguran kaum muda dan isu-isu terkait. Di beberapa negara, kewirausahaan kaum muda diakui sebagai alternatif yang menjanjikan dan sedang dipromosikan secara aktif oleh berbagai lembaga. Jika dipromosikan secara aktif, kewirausahaan kaum muda dapat membantu mempertahankan pertumbuhan ekonomi; mengintegrasikan kaum muda ke dalam angkatan kerja selain mengarah ke pengembangan masyarakat secara keseluruhan.

    Kewirausahaan di masyarakat mana pun adalah tanda kemajuan. Bisnis TI di AS telah menjadi landasan bagi kewirausahaan kaum muda dan menciptakan bintang dan multi-jutawan di Bill Gates, Steve Jobs ke Google's Sergy Brin dan Larry Page dan banyak lagi. Ada juga kisah serupa di negara lain. Namun, kebutuhan hari ini adalah menciptakan lebih banyak bintang dan menyediakan kesempatan bagi setiap pemuda untuk bermimpi besar dan mencoba kewirausahaan.

    Kewirausahaan kaum muda berdampak pada kemajuan sosial dan budaya serta ekonomi masyarakat. Membangun lingkungan yang mempromosikan kreatif dan memberikan peluang untuk kewirausahaan membutuhkan implementasi berbagai strategi dan keterlibatan di semua tingkatan termasuk sektor pemerintah, industri, politik, sosial, dan pendidikan.

    Bekerja menuju program kewirausahaan kaum muda dapat membantu memecahkan serta menghindari banyak masalah yang saat ini menatap negara-negara dan membuka jalan untuk masa depan yang lebih baik dan masyarakat progresif di seluruh dunia.

    ***
    Solo, Selasa, 2 Mei 2020. 4:39 pm
    'salam kreatif penuh cinta'
    Suko Waspodo
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.