x

Opinin Tentang Corona

Iklan

Jerry Jevon

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Juni 2020

Rabu, 3 Juni 2020 15:38 WIB

Kehidupan dalam Pandemi Covid-19

Opini Tentang Covid-19 Tugas Sekolah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

  Virus Corona telah menjadi perbincangan dunia. Karena virus ini menyebar dengan cepat dan memakan banyak korban.

  Maka, kita akan membahas tentang Virus Corona seperti: asal mula, gejala, dan struktur dari virus corona ini.

  Virus ini berasal dari Wuhan, China. Namun terdapat gejala yang dapat kita ketahui seperti: batuk, demam, dan sakit tenggorokan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Corona

     Para peneliti telah menemukan alat yang mengetahui bentuk dan struktur dari virus corona, dengan menggunakan cryo-electron tomography.
     Cryo-electron tomography yaitu, teknik mikroskop elektron untuk melihat gambar 2 dimensi pada sampel biologis, sehingga dapat mengetahui strukturnya.

Struktur Corona

 

   Bagian kedua, kita akan membahas dampak Covid dalam kehidupan, sejarah pandemi yang berdampak besar selain Covid-19, dan sifat-sifat Covid-19.
   Karena Covid menyebar dengan cepat, maka selagi kita dirumah, kita dapat berkreasi, seperti, membuat masker dengan bahan yang murah seperti dari kain katun dan sarung bantal.

Buat Masker

   Karena Virus Corona telah menyebar, pemerintah menghimbau kepada umat beragama untuk melakukan ibadah dirumah. Dengan melakukan live streaming.
   Maka pemerintah memberlakukan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), untuk memutus rantai Virus Corona. Sehingga, pemerintah menghimbau kita untuk tidak keluar rumah.
   Pemerintah juga menyarankan kita untuk berolahraga, menggunakan masker ketika pergi, pola makan sehat, mencuci tangan sebelum menyentuh wajah atau makan.
   Alasan kita harus mencuci tangan sebelum menyentuh wajah karena, virus lebih cepat masuk pada daerah mulut, mata, dan hidung.

 

7CaraCuciTangan

   PSBB, dan tetap keluar rumah. Sehingga Virus Corona menyebar, dan menginfeksiSelain itu, kebiasaan masyarakat Indonesia, juga terkena dampak dari Virus Corona. Sebelum virus ini datang, Indonesia terkenal dengan kebiasaan yang baik. Seperti, sikap ramah, murah senyum, suka menyapa, suka berjabat tangan, sikap berbagi dan sikap gotong royong.
   Covid-19 menyebabkan, kita tidak dapat berkumpul bersama, melakukan sikap gotong royong, sehingga pemerintah menerapkan sistem psychical distancing. Namun masih banyak orang yang tidak menghiraukan aturan  masyarakat.

 

Cara penyebaran virus corona dilakukan melalui sentuhan fisik, tetesan air liur, muntah, pegangan pintu, dan wastafel.
   Covid-19 menyebar dengan cepat, karena memiliki “RNA”. RNA yaitu molekul polimer yang berfungsi untuk, mengkode, decode, regulasi, dan ekspresi gen.

StrukturDNAdanRNA

   Ternyata Covid-19 ini, memiliki sifat seperti,  sensitif pada cuaca panas, penyebarannya tidak mengenal suhu, dan Dapat hidup di benda mati

   Virus ini dapat berkembang biak dengan cara: memecah, mereplika diri, mutase, dan juga membutuhkan inang untuk bertahan hidup.

HewanBerkeliaran

    Namun Covid juga berdampak negatif, seperti, banyak hewan liar yang berkeliaran di sekitar, karena tidak ada aktivitas manusia di luar rumah, sampah plastik terus meningkat.

grafik

   Jika kita lihat pada grafik yang warna merah, semakin hari semakin meningkat. Hal itu disebabkan karena orang-orang yang tidak taat pada peraturan.
   Agar kita tidak terinfeksi, dan juga dapat memutus rantai Covid-19 ini ,kita dapat melakukan dengan cara: social distancing, mencuci tangan, dan pola hidup sehat.

SocialDistancing

   Selain pandemi Covid-19, terdapat pandemi yang menjadi perbincangan dunia. Seperti: virus H1N1, SARS, Ebola, Flu babi, cacar, dan Kolera.

 

 

Daftar Pustaka

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Jerry Jevon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler