Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket? - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Irfa Syafiq Azhar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juni 2020

Sabtu, 6 Juni 2020 13:50 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Apa Saja Sih Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket?

    Dibaca : 962 kali

    Apa Itu Parket?

    Lantai Parket

     Parket flooring yaitu jenis dari kumpulan kepingan kayu yang sudah di proses sedemikian rupa agar membentuk potongan atau papan yang tinggal pakai diatas lantai.

    Bahannya juga yaitu kayu solid, yang pasti 100% kayu original tentunya ini juga tidak jauh beda dengan kayu jati yang bisa juga untuk parket olahan, oleh karena itu juga sering disebut dengan engineered wood atau laminate. Harga Parket kayu solid bisa lebih merogok saku anda serta butuh perawatan, oleh karena itu Parket olahan bisa menjadi pilihan dari segi harga yang tidak akan menguras saku anda. serta pemasangannya juga yang lebih efisien.

    Material Parket

    Pemasangannya juga tergantung dari jenis kayu yang kamu inginkan. Pada umumnya pemasangan Parket kayu solid lebih kompleks serta perlu membutuhkan orang yang ahli dalam melakukan pemasangannya sedangkan jika Parket olahan pemasangannya hanya dengan sistem klik atau di lem.

    Karena memakai potongan dan kepingan kayu agar tersusun menjadi bentuk formasi strip papan,maka akan ada unsur dekoratif yang bisa kamu temukan bila memakai lantai ini. Karena dengan ciri khasnya ini bisa menjadikan Parket memiliki keindahan.

    Nama Parket asalnya dari kata parqueterie yang berasal dari Perancis dan juga sudah ada sejak tahun 1600. Flooring atau juga lantai parket awalnya merupakan bahan yang lumayan mewah serta bisa ditemukan di Versailes dan Gran Trianon loh. Karena adanya tekhnologi,sekarang Parket sudah bisa dinikmati dimana saja. Mau Tau,Apa aja sih kelebihan dan kekurangan lantai Parket?

     1. Variasi Lantai Parket

    Variasi Lantai Parket

     Sebab bahan utama yang dipakai terdiri atas kepingan kayu yang di pasang secara bersamaan,oleh sebab itu lantai parket ini akan terlihat menarik karena dari dekoratif dan geometrisnya. Maka dari itu lantai ini memiliki ciri khas yang menarik.

    Selain itu juga lantai parket ini bisa diberi finishing dengan gaya yang tentunya sesuai keinginan kalian. Maka tidak aneh lagi lantai parket ini bisa memberikan kesan yang nampak elegan.

     2. Mudah Dibersihkan

    Membersihkan Parket

    Lantai Parket adalah pilihan yang cocok untuk kalian yang ingin mempunyai rumah dengan lantai yang menarik dan indah serta perawatannya yang cukup mudah jadi bisa terlihat nampak bersih. Jenis lantai ini tidak perlu memerlukan perawatan yang bisa membuat anda repot. Kamu bisa membersihkan nya hanya dengan menyapu dan mengepelnya. Apalagi untuk lantai parket jenis olahan.

    Jika kamu memilih parket solid ini perawatannya juga cukup mudah sekali serta tidak akan membuat anda repot. Cuma tinggal di sapu dan dipel menggunakan kain pel. Oh iya kamu juga sesekali harus memberikan cairan pengkilap agar lantai parket solid nya tetap terjaga ke  kinclongannya.

     3. Kokoh dan Tahan Lama


    Parket Tahan Lama

     Lantai Parket ini juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi karena durabilitassnya yang menjamin untuk dipakai dalam kehidupan sehari hari. pemakaian yang wajar juga akan tetap menjaga lantai dari penuaan dan kerusakan . Serta karakteristik lantai parket, terlebih pada lantai parket solid yang tergolong kuat dan tahan lama tentunya, bahkan bisa mencapai 50 tahun loh!

     4. Bahannya Non Alergen

    Parket Non Alergean

      Lantai Parket bisa menjadi solusi terbaik untuk anda yang memiliki masalah seperti alergi. Namun lantai ini berbeda dengan jenis lantai lainnya seperti lantai kayu yang bisa menangkap alergen,contohnya seperti serbuk bunga,debu,bahkan hingga hama hewan peliharaan yang kamu pelihara. Oh iya selain itu juga lantai parket ini memiliki finishing yang cepat serta mudah dibersihkan kapanpun dan oleh siapapun setiap waktu.

     5. Harga Tergantung Pilihan

    Parket Cukup Terjangkau

    Karena adanya tekhnologi pengolahan kayu Parket, kamu bisa mencari variasi yang kamu sukai, bisa dari bahan kayu,tekstur,hingga finishing sekalipun. Selain itu warna juga beraneka ragam warna yang mendominasi kamu, kamu tinggal pilih deh sesuai anggaran yang kamu punya.

     6. Tekhnik Pemasangan

    Pemasangan Parket

     Tekhnik Pemasangannya pun ada jenisnya. Selain itu lantai ini memerlukan permukaan yang cukup solid agar benar benar rata saat dipasangkan supaya hasilnya maksimal. Sebelum ingin dilakukan pemasangan lantai rumah juga harus dilakukan persiapan terlebih dahulu dengan menyemen ulang permukaan agar benar benar rata.

     Jika permukaan lantainya tidak rata sebenarnya bisa diakali namun hasilnya akan berbeda jauh apabila kita melakukan persiapan terlebih dahulu,kemungkinan apabila tidak rata maka hasilnya kurang maksimal. 

     7. Menimbulkan Bunyi
     
    Parket Solid
     
     Penggunaan lantai Parket ini tentunya berbeda dengan menggunakan lantai keramik. Karena lantai kayu diiringi dengan suara saat ditapak oleh kaki kita sedangkan lantai keramik tidak berbunyi sama sekali. Oleh karena itu banyak pemilik rumah yang tidak mau memakai Parket didalam rumahnya karena mereka pikir itu kurang nyaman. Maka pertimbangkan lagi pilihan kamu coba untuk menggunakan Parket yang solid dan ditempel mati agar tidak menimbulkan suara.
     
     8. Lantai Parket Licin
     
    Tekstur Parket
     
     Lantai Parket khususnya laminate atau solid juga memiliki sifat cukup licin jadi kamu harus hati hati bila ingin menapakan kakimu, terlebih bila lantai itu basah. Memakai lantai ini tidak juga diharuskan dipasang untuk kamu yang masih mempunyai manula dirumah, apalagi bila dipasang di area yang sering terkena cipratan air.
     
    9. Potensi Kerusakan
     
    Goresan Parket

    Hal yang akan  berpotensi menimbulkan kerusakan antara lain yaitu goresan, apabila lantai ini tergores akibat benda tajam maupun tumpul bisa juga karna penggunaan atau pemindahan furniture yang tidak hati hati. apabila tergores di area tertentu maka penggantiannya itu sulit jadi harus dibongkar. oleh sebab itu hindari kejadian itu dengan melapisi dengan karpet agar aman itu juga dapat meminimalisir terjadinya goresan pada area tertentu.

    Menghindari Cahaya Parket

    Jangan sampai lupa lantai Parket ini bisa pudar juga jika ditempatkan di tempat yang mungkin terjangkau oleh sinar matahari. Untuk mencegahnya kerusakan warna atau pemudaran lantai Parket, usahakan kamu menyimpan furniture ditempat yang cukup strategis dan juga bisa memakai tirai untuk mencegah terkenanya sinar Ultraviolet.

     

     

    Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangannya apakah kamu tertarik menggunakan produk ini di rumahmu?

     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.