x

Sumber: Internet

Iklan

Maz Atca Berliando

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 April 2020

Jumat, 12 Juni 2020 15:15 WIB

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Di HP OPPO

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Di HP OPPO

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa HP yang di produksi oleh OPPO memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, mulai dari ram, cpu, baterai dan lainnya. Namun, beberapa series HP OPPO lainnya, sayangnya memiliki penyimpanan internal yang relatif kecil, hal ini sering dijumpai pada HP OPPO dengan kelas low end.

Maka dari itu, beberapa pengguna terpaksa menggunakan memori tambahan yaitu SD Card untuk mengatasi penyimpanan internal yang sering penuh tersebut. Namun, yang menjadi permasalahan, secara defaultnya setiap aplikasi yang di install akan tersimpan otomatis ke penyimpanan internal. Nah, untuk mencegah penyimpanan internal penuh. Maka beberapa atau semua aplikasi tersebut haruslah dipindahkan ke sd card yang telah dipasang.

Pemindahan aplikasi ke sd card tidak bisa dikatakan mudah dan tidak bisa juga dikatakan susah. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara memindahkan aplikasi ke sd card di HP OPPO, silakan simak pembahasan berikut ini.


Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP OPPO:
Untuk menghemat penyimpanan internal, maka sebaiknya aplikasi yang di install di HP OPPO tersebut sebaiknya di simpan di SD Card. Sebetulnya, di HP OPPO sendiri Anda bisa mengatur secara otomatis saat aplikasi tersebut di install dan akan di simpan di sd card.

Namun, jika sudah terlanjur dan baru menggunakan sd card pada HP OPPO tersebut Anda tetap bisa memindahkan aplikasi yang terinstall ke sd card tersebut.


Cara Agar Aplikasi Terinstal di Micro SD di HP OPPO:
Untuk membuat aplikasi yang akan di install disimpan ke SD Card tentunya Anda harus mengubah terlebih dahulu pengaturan penyimpanan dan menggantinya ke SD card tersebut. Perubahan ini bisa Anda lakukan langsung pada menu pengaturan atau settings di HP OPPO tersebut, seperti berikut ini:

1. Pertama, silakan masuk ke menu settings (pengaturan) yang ada di HP OPPO tersebut.
2. Selanjutnya Anda bisa mencari dan memilih menu storage atau jika HP OPPO tersebut menggunakan bahasa indonesia, cari menu penyimpanan.
3. Lanjut dengan mencari dan memilih menu Preferred Install Location.
4. Pada bagian ini, Anda akan ditampilkan media penyimpanan yang tersedia, disini Anda bisa memilih opsi SD Card supaya aplikasi tersebut terinstall di SD Card bukan di penyimpanan internal.

Sampai disini Anda sudah berhasil mengubah pengaturan penyimpanan ke SD Card. Jadi jika nantinya Anda menginstall aplikasi melalui play store, maka file dari aplikasi tersebut akan secara otomatis tersimpan di sd card.


Cara Memindahkan Aplikasi ke Micro SD di HP OPPO:
Jika sebelumnya, ada beberapa aplikasi yang Anda install dan sudah tersimpan di penyimpanan internal, tenang saja Anda masih tetap bisa memindahkan aplikasi tersebut ke SD card dan menghemat penyimpanan internal HP OPPO tersebut.

1. Pertama, silakan buka menu pengaturan atau settings.
2. Lanjut cari dan pilih menu Application Manager atau Kelola Aplikasi.
3. Pada bagian ini Anda akan melihat semua aplikasi yang telah di install di HP OPPO tersebut.
4. Untuk melihat aplikasi yang terinstall (Bukan aplikasi bawaan), silakan tekan menu Installed.
5. Lalu pada bagian installed tersebut, silakan cari dan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke SD Card.
6. Pada bagian bawah aplikasi tersebut, Anda akan melihat menu App Info, silakan tekan menu Move to SD atau pindah ke SD.
7. Tunggu hingga proses pemindahan selesai, lamanya proses tergantung besarnya aplikasi tersebut.
8. Selain itu, kecepatan pemindahan data atau aplikasi tersebut juga dipengaruhi dari kualitas merk kartu sd yang kalian gunakan.



Hal diatas bisa Anda lakukan untuk semua aplikasi yang sebelumnya di install. Namun, Anda perlu memperhatikan ukuran dari kartu SD yang Anda gunakan, pastikan besar ruang penyimpanannya cukup untuk digunakan memindahkan semua aplikasi tersebut.

Penutup,
Demikianlah cara memindahkan aplikasi ke sd card di HP OPPO. Jika penyimpanan internal pada HP OPPO tersebut sering penuh, maka Anda direkomendasikan untuk menggunakan SD Card.

Selanjutnya, beberapa aplikasi yang sebelumnya di install bisa dipindahkan ke sd card dengan cara diatas untuk menghemat penyimpanan internet dari HP OPPO yang Anda gunakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Maz Atca Berliando lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler