x

ilustr: thetyee.ca

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 12 Juni 2020 14:29 WIB

KKM [8] Memupuk Kewirausahaan Kaum Muda, Kebutuhan Saat Ini

Tentang Memupuk Kewirausahaan Kaum Muda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memupuk kewirausahaan kaum muda dapat sangat bermanfaat bagi masyarakat, ekonomi, dan bagi kemajuan bangsa di samping pengembangan dan pencapaian individu-individu juga. Di masa saat ini di mana negara-negara bertransisi melalui masa-masa sulit dan beradaptasi dengan globalisasi, harapan bagi kaum muda lebih terletak pada menjadi pencipta pekerjaan daripada pencari kerja. Mempromosikan kewirausahaan kaum muda juga membantu memecahkan banyak masalah di masyarakat dengan memastikan bahwa kaum muda yang terpinggirkan dibawa ke arus utama dengan menyediakan mereka peluang kerja mandiri.

Sebagian besar negara telah mengakui fakta ini dan memberikan beberapa fokus dan pemikiran dalam membangun program yang kondusif untuk kewirausahaan kaum muda dan menyediakan lingkungan yang tepat bagi YE (kewirausahaan kaum muda) untuk berkembang. Namun memelihara YE memerlukan rencana strategis di tingkat nasional. Perencanaan untuk mempromosikan YE harus menjadi strategi multi-cabang untuk membangun kesadaran, memberikan teladan, mendorong budaya kewirausahaan, memperkenalkan program pengembangan wirausaha di tingkat sekolah dan perguruan tinggi serta menyediakan kerangka kerja kebijakan dan bimbingan untuk mendorong YE dan memulai bisnis, dan lain-lain. Program pembangunan YE membutuhkan pendekatan jangka panjang bersama dengan rencana aksi jangka pendek juga.

Di tingkat global, YEN - Youth Employment Network yang didirikan oleh konsorsium PBB, ILO & Bank Dunia bekerja dengan berbagai pemerintah untuk mempromosikan peluang ketenagakerjaan muda, mempromosikan kewirausahaan kaum muda dan membangun perusahaan. YEN melibatkan berbagai negara dan pemerintah mereka dengan memberikan saran kebijakan, membantu membangun proyek percontohan, memberikan pelatihan dan membantu menciptakan platform untuk melatih kaum muda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari perspektif kewirausahaan kaum muda, YEN telah secara strategis mengidentifikasi empat bidang fokus yang perlu diadaptasi dan difokuskan oleh semua bangsa. Kelayakan kerja, kesetaraan kesempatan untuk pria dan wanita, kewirausahaan dan penciptaan lapangan kerja. Pedoman untuk rencana implementasi berasal dari menangani masalah ketenagakerjaan dan ini akan menjadi titik awal program pengembangan kewirausahaan kaum muda di tingkat nasional.

Strategi untuk mengembangkan kewirausahaan kaum muda perlu terlebih dahulu menangani dua bidang utama dalam menciptakan kesadaran dan membangun lingkungan yang sesuai serta budaya dan kedua membangun keterampilan dan pelatihan kewirausahaan sebagai bagian dari pendidikan di tingkat SMA, SMK dan universitas.

Memperkenalkan program pengembangan kesadaran kewirausahaan kaum muda di tingkat sekolah dan perguruan tinggi dapat menyulut pikiran kaum muda untuk memahami dan membangun kemungkinan tanpa batas dan tidak terbayangkan yang mereka miliki untuk menjadi wirausahawan. Program pembangunan kesadaran harus memperkenalkan mereka kepada kewirausahaan sebagai pilihan untuk membangun karier mereka, memberikan pemahaman tentang peluang bisnis, memperkenalkan konsep bisnis, ekonomi bisnis, keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis, apa saja keterampilan dan kepemimpinan pribadi kualitas yang mereka perlu kembangkan untuk menjadi wirausahawan yang sukses, dan lain-lain.

Begitu mereka memiliki gagasan tentang peluang yang tersedia bagi mereka dan mereka mendapatkan gagasan umum tentang bagaimana cara menjalankannya dalam lingkungan bisnis, ada kemungkinan bahwa potensi tersembunyi di kalangan kaum muda akan mulai mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan diri dan mereka mulai bermimpi menjadi wirausahawan, dalam hal ini mereka cenderung memetakan jalan mereka untuk studi di masa depan yang akan membantu mereka memperlengkapi diri mereka untuk menjadi wirausahawan dan manajer bisnis yang baik.

***
Solo, Jumat, 12 Juni 2020. 1:03 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu