Apa artinya Pemasaran Online? Dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Anda? - Analisis - www.indonesiana.id
x

Rini Novita Sari Celoteh Dini Hari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Mei 2020

Selasa, 16 Juni 2020 06:27 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Apa artinya Pemasaran Online? Dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Anda?

    Pemasaran online adalah seperangkat alat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui internet. Pemasaran online mencakup lebih banyak elemen pemasaran daripada pemasaran bisnis tradisional karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia di internet.Pemasaran online adalah seperangkat alat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui internet. Pemasaran online mencakup lebih banyak elemen pemasaran daripada pemasaran bisnis tradisional karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia di internet.

    Dibaca : 952 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pemasaran online adalah seperangkat alat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui internet. Pemasaran online mencakup lebih banyak elemen pemasaran daripada pemasaran bisnis tradisional karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia di internet.Pemasaran online adalah seperangkat alat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui internet. Pemasaran online mencakup lebih banyak elemen pemasaran daripada pemasaran bisnis tradisional karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia di internet.

    Pemasaran online dapat memberikan manfaat seperti:

    • Pertumbuhan potensi
    • Pengurangan biaya
    • Komunikasi yang elegan
    • Kontrol yang lebih baik
    • Peningkatan layanan pelanggan
    • Keunggulan kompetitif


    Pemasaran atau dengan pemilihan media promosi online yang tepat juga dikenal sebagai pemasaran internet, pemasaran web, pemasaran digital dan pemasaran mesin pencari (SEM).

    Pemasaran Online

    Spektrum pemasaran online yang luas bervariasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Program pemasaran online yang efektif memanfaatkan data konsumen dan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM). Pemasaran online menghubungkan organisasi dengan pelanggan potensial yang berkualifikasi dan membawa pengembangan bisnis ke tingkat yang jauh lebih tinggi daripada pemasaran tradisional.


    Pemasaran online menggabungkan alat kreatif dan teknis internet, termasuk desain, pengembangan, penjualan, dan iklan, sambil berfokus pada model bisnis utama berikut:

    a. E-commerce
    b. websites
    c. Affiliate marketing
    d. Local search


    Pemasaran online memiliki beberapa keunggulan, termasuk:

    1. Biaya rendah: Pemirsa besar dapat dijangkau di sebagian kecil dari anggaran iklan tradisional, yang memungkinkan perusahaan untuk membuat iklan konsumen yang menarik.
    2. Fleksibilitas dan kenyamanan: Konsumen dapat meneliti dan membeli produk dan layanan di waktu luang mereka.
    3. Analisis: Hasil statistik yang efisien difasilitasi tanpa biaya tambahan.
    4. Beberapa pilihan: Alat iklan termasuk iklan bayar per klik, pemasaran email dan integrasi pencarian lokal (seperti Google Maps).
    5. Penargetan demografis: Konsumen dapat ditargetkan secara demografis jauh lebih efektif dalam proses online daripada proses offline.

    Keterbatasan utama pemasaran online adalah kurangnya tangibilitas, yang berarti bahwa konsumen tidak dapat mencoba, atau mencoba barang-barang yang mungkin ingin mereka beli. Kebijakan pengembalian yang murah hati adalah cara utama untuk menghindari kekhawatiran pembeli tersebut.


    Pemasaran online telah melampaui penjualan iklan tradisional dalam beberapa tahun terakhir dan terus menjadi industri dengan pertumbuhan tinggi. 

    Ikuti tulisan menarik Rini Novita Sari Celoteh Dini Hari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.