x

Ilustrasi orang menggunakan masker - Sumber: Freepik.com

Iklan

deni yusup

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 17 Juni 2020 06:22 WIB

Membangun Kesadaran Tranformatif  dalam Masa New Normal

Bangkit melawan virus corona dengan membiasakan hidup sehat, artinya bahwa pola hidup yang kurang sehat mengakibatkan rentan terkena virus, sebenarnya dalam subtansinya tidak ada yang baru, tetapi karena pola hidup sehat yang jauh sebelum adanya pandemi telah menjadi standar kesehatan bahwa kita memang harus hidup sehat. Tetapi dengan adanya pandemi mengigatkan kita untuk melaksanakanya tidak hanya sebatas tau semata, ternyata kita akan merasa pola hidup sehat itu menjadi penting takala didepan mata kita ada ancaman virus, tetapi kalau tidak ada mungkin kita cuek dalam memandang pola hidup sehat ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membangun Kesadaran Tranformatif  Dalam Masa New Normal

Bangkit melawan virus corona dengan membiasakan hidup sehat, artinya bahwa pola hidup yang kurang sehat mengakibatkan rentan terkena virus. Sebenarnya dalam subtansinya tidak ada yang baru, tetapi karena pola hidup sehat yang jauh sebelum adanya pandemi telah menjadi standar kesehatan bahwa kita memang harus hidup sehat. Tetapi dengan adanya pandemi mengigatkan kita untuk melaksanakanya tidak hanya sebatas tau semata, ternyata kita akan merasa pola hidup sehat itu menjadi penting takala didepan mata kita ada ancaman virus, tetapi kalau tidak ada mungkin kita cuek dalam memandang pola hidup sehat ini.

Mengubah tradisi yang kurang sehat menjadi tradisi sehat diperlu tekad yang kuat, bagaimanapun tradisi ini sesuatu prilaku yang di lakukan terus menerus dalam keseharian kita sehingga menjadi kebiasaan mewujud menjadi tradisi, baik adanya dorongan untuk merubah prilaku tidak sehat menjadi prilaku yang peduli terhadap kesehatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kenapa dalam masa pandemi ini harus menyesuaikan dengan keadaan, ada rasa ketakutan yang dialami oleh orang mau tidak mau harus merubah pola hidup dari kurang sehat menjadi sehat, biasanya kalau doronganya karena ada ketakutan terhadap diri sendiri untuk berubah insya allah akan menciptakan kebiasaan baik bagi individu orang tersebut walapun pada awalnya dorongan dengan keterpaksaan.

Seharusnya setiap individu mengunakan kesadaran tranformatif sadar akan bahaya dan mencarikan solusinya dan menjalankanya bukan kesadaran naif dimana kita mengetahui sesuatu ini berbahaya tetapi kita mengabaikanya terlihat dari masih banyak juga orang yang cuek terhadap anjuran pemerintah untuk melakukan hidup sehat walaupun sebenarnya bahaya virus didepan mata dan walapun manfaat mematuhi protokol kesehatan dan manfaat hidup sehat itu bagi setiap individu.

Dalam kondisi semua warga sadar dan mau menerapkan hidup sehat dan protokol kesehatan ditempat publik, kebijakan new normal yang diberlakukan oleh pemerintah akan sesuai tujuannya terjaga dari penyebaran virus corona dan dalam hal perekonomian sedikit demi sedikit akan meningkatkan lagi yang saat ini menurun dampak dari pandemi.

New Normal semoga menjadi jawaban sementara, untuk bisa bangkit dan melahirkan kreatifitas serta inovasi ekonomi, dalam hal ini UMKM menjadi sasaran utama, penguatan ekonomi kecil dengan usaha- usaha kecil yang bisa menopang perekonomian nasional.

Program pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi dengan memperkuat UMKM dipandang tepat, karena aktivitas publik kita kebanyakan masyarakat menegah kebawah jadi kalau perekonomian kelompok menengah kebawah beraktivitas dan berinovasi akan tumbuh perekonomian.

Semoga kita akan bangkit dan mengedepankan kesadaran tranformatif dengan selalu memberikan solusi berkreatifitas dan berinovasi dalam kondisi saat masa pandemi .

Deni Yusup

Pengamat Kebijakan Publik

Ikuti tulisan menarik deni yusup lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler