x

ilustr: crismatec.com

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 19 Juni 2020 17:21 WIB

KKM [13] Kewirausahaan Kaum Muda dan Dukungan Bisnis

Tentang Dukungan Bisnis bagi KKM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kita hidup di masa-masa yang menyenangkan. Teknologi, globalisasi, dan kemajuan di semua bidang telah mengantarkan era baru di mana gaya hidup akan didefinisikan ulang. Internet telah mengubah wajah bumi. Itu telah berhasil menghapus perbatasan dan kebangsaan untuk membawa semua umat manusia pada satu platform. Internet juga memberikan peluang tanpa batas kepada kaum muda untuk memulai usaha bisnis sendiri daripada mencari pekerjaan. Apakah seseorang baik dalam teknologi, perdagangan, pengembangan produk atau bidang apa pun, ada peluang tak terbatas untuk membangun usaha yang sukses jika seseorang memiliki dorongan kewirausahaan.

Sambil mengakui kebutuhan dan potensi dunia kewirausahaan kaum muda, ILO dan Agensi lainnya mulai fokus membangun program untuk membantu menciptakan, memelihara, dan mendukung dunia kewirausahaan kaum muda di seluruh dunia. Upaya untuk mendorong budaya KKM harus dilakukan oleh negara-negara itu sendiri.

Dalam mencoba menangani program KKM, beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengidentifikasi bidang-bidang di mana KKM perlu didukung, mengidentifikasi hambatan untuk KKM di masyarakat dan untuk mengembangkan strategi implementasi untuk membantu membangun KKM.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi wirausahawan muda, memulai bisnis sendiri bisa menjadi latihan yang luar biasa. Meskipun ia mungkin memiliki ide bisnis yang bagus atau peluang yang teridentifikasi, kurangnya pengalaman dan paparan terhadap dunia bisnis dapat membuat mereka berlarian di pilar yang mencoba mendirikan organisasi bisnis dan maju. Banyak tantangan memulai bisnis. Ketika seorang individu memulai sebuah perusahaan, ia harus menangani semua masalah organisasi termasuk administrasi, akuntansi, perpajakan, produksi, pembelian, pemasaran dan semua pekerjaan sendiri. Tidak memiliki pengalaman sebelumnya, ia harus mempelajari tali bisnis dan mencari tahu cara kerjanya. Pada tahap ini seseorang membutuhkan bantuan dalam bentuk dukungan bisnis, pendampingan, dan jaringan pendukung yang dapat membantunya memulai dan mempelajari tali dengan lebih cepat.

Terlepas dari bidang-bidang lain seperti keuangan, pemasaran, persyaratan peraturan dan pendaftaran dan lain-lain, di mana wirausahawan muda diperlukan untuk dilatih dan dibantu, mereka juga akan memerlukan dukungan dan bantuan tentang cara memulai bisnis.
Kurangnya kontak bisnis - Pada tahap awal, KKM tidak mengetahui pemasok dan pelanggan di pasar. Mengidentifikasi dan memahami pasar pengadaan dan mengenal pasar pelanggan bisa memakan waktu cukup lama. Jauh lebih mudah jika pada tahap ini dukungan khusus bisnis dan informasi diperluas melalui badan penasihat. Informasi yang tersedia dan kontak industri dapat membuatnya jauh lebih mudah dan lebih cepat bagi KKM untuk bergerak maju dalam menyiapkan operasi dan memulai.

Bisnis/Bantuan Bisnis Khusus Industri

Setiap bisnis memiliki cara operasi dan budaya bisnis sendiri. Memberikan paparan pada proses spesifik industri, pengenalan ke pasar dan pemasok termasuk metodologi umum dan prosedur melakukan bisnis dapat membuatnya jauh lebih mudah bagi KKM menghemat banyak waktunya. Dukungan semacam itu dapat disediakan melalui agen-agen pendukung pemerintah dan badan-badan perdagangan khusus dengan pekerja terlatih dan peneliti yang berpengalaman.

Pendampingan

Jika wirausahawan muda diberi akses ke mentor dan pengusaha bisnis berpengalaman, itu akan membantu KKM menerima tidak hanya bimbingan praktis dan kebijaksanaan untuk beranjak dan menghindari kesalahan tetapi kepercayaan mereka serta kecepatan di mana mereka dapat bergerak maju dalam bisnis mereka akan ditingkatkan. Para mentor telah ada di sana dan melakukan itu dan karenanya berada dalam posisi untuk membimbing KKM dengan cara yang benar di mana kesalahan dan penundaan yang mahal dapat dihindari dan KKM dapat memanjat kurva pembelajaran lebih cepat.

Pada mentor yang kebetulan berasal dari lini bisnis yang sama dengan KKM, maka nilai asosiasi tersebut dapat jauh lebih tinggi karena mentor dapat memperkenalkan KKM ke pasar dan industri dan dukungan dalam memberikan arahan.

Dukungan Infrastruktur

KKM pada tahap awal akan membutuhkan banyak bantuan dalam mendirikan kantor dan memulai. Paling sering mereka kekurangan sumber daya untuk mendanai infrastruktur dasar. Menyediakan ruang kerja dan dukungan administratif bersama pada tahap awal dapat sangat membantu KKM karena mereka tidak hanya menghemat pengeluaran uang untuk infrastruktur dan dapat berinvestasi dalam bisnis tetapi mereka juga menghemat waktu dan upaya dalam menyiapkan dukungan infrastruktur juga.

SAYES Australia [South Australian Youth Entrepreneur Scheme] adalah sebuah proyek yang disponsori oleh komunitas bisnis Australia Selatan yang dirancang untuk mendukung kaum muda dalam usia 18 hingga 30 tahun dalam upaya mereka untuk menjadi wirausahawan. Seluruh komunitas bisnis terlibat dalam mendorong kaum muda untuk membangun ide-ide bisnis mereka, memberikan pelatihan dan dukungan yang diperlukan, dan membimbing mereka. Kaum muda memiliki akses ke seluruh komunitas bisnis dan jaringan melalui SAYES. Dengan wirausahawan muda terpilih, SAYES terlibat dalam pendampingan, membantu membangun rencana bisnis dan proposal, serta memberikan nasihat kepatuhan keuangan, hukum, dan menurut undang-undang. Mereka memperkenalkan KKM ke jaringan anggota pengusaha di industri dan kontak semacam itu sangat membantu pemula. SAYES juga melakukan keterampilan bisnis dan pelatihan serta konferensi terkait lainnya untuk wirausahawan muda. Dalam beberapa kasus agensi juga memberikan bantuan keuangan tergantung pada kriteria kelayakan dan kasus bisnis.

Sebagai kesimpulan, kita dapat mengatakan bahwa ada banyak komunitas bisnis dan veteran berpengalaman dapat berkontribusi dan memimpin wirausahawan muda sampai mereka mempelajari tali bisnis. Adalah bagi kaum muda untuk menyadari hal ini dan melihat nilai dalam menerima bimbingan.

Memulai usaha dengan sedikit sumber daya dan tanpa pengalaman latar belakang memang sangat sulit. Pemerintah dan jaringan bisnis lainnya memiliki banyak kontribusi dan bantuan KKM dalam memulai dengan cara menyediakan sumber daya dan infrastruktur bersama dengan harga terjangkau atau bebas biaya.

***
Solo, Jumat, 19 Juni 2020. 4:20 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler