x

Iklan

Adzkia Arif

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Januari 2020

Selasa, 23 Juni 2020 06:20 WIB

Hadapi New Normal : Bangkit Bersama dengan Sedekah Online

Bangkit bersama di era new normal menjadi hal yang saat ini sedang disuarakan, salah satunya adalah dengan cara sedekah online. Banyaknya lembaga-lembaga kemanusiaan menjadi faktor pendukung sedekah online dapat dikenal oleh masyarakat, dan hingga saat ini menjadi salah satu andalan masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada sesama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memasuki era new normal pasca dicabutnya kebijakan PSBB akibat pandemi covid-19, berbagai sektor kegiatan bisnis dan sosial masyarakat mulai berjalan kembali. Beberapa kebijakan atau biasa disebut dengan protokol kesehatan pun harus dipatuhi oleh masyarakat agar tetap aman saat berkegiatan.

Namun, tidak semua kalangan bisa memulai era new normal ini dengan baik. Banyak pihak yang benar-benar terpukul akibat pandemi, pengusaha gulung tikar, pekerja harian tidak memiliki penghasilan, dan berbagai macam persoalan lainnya.

Bangkit bersama di era new normal menjadi hal yang saat ini sedang disuarakan, salah satunya adalah dengan cara sedekah online. Banyaknya lembaga-lembaga kemanusiaan menjadi faktor pendukung sedekah online dapat dikenal oleh masyarakat, dan hingga saat ini menjadi salah satu andalan masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada sesama.

Hukum Sedekah Online dalam Islam

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan bahwa seorang pemberi zakat tidak harus secara eksplisit menyatakan bahwa dana yang diberikan kepada seseorang adalah zakat. Oleh karena itu, tetap sah zakatnya apabila seorang muzakki memberikan zakatnya kepada penerima zakat tanpa menyatakan kepada penerima zakat bahwa uang yang diserahkan adalah zakat.

Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa sah hukumnya zakat atau sedekah online yang disalurkan kepada lembaga-lembaga penghubung tanpa harus langsung bertemu dengan mustahik/penerima. Dalam era new normal, hal ini sangat bermanfaat untuk memastikan diri kita tetap aman karena tidak harus berada di kerumuman atau melakukan kontak fisik.

Baca Juga : Hukum Penggunaan Zakat Fitrah untuk Membeli Alat Pelindung Diri (APD)

Keutamaan Sedekah Online di Masa New Normal

1. Mempermudah Penyaluran

Sedekah online memudahkan orang-orang yang ingin berbagi kepada mereka yang membtuhkan. Sedekah online sangat efektif dan efisien, menghemat waktu dan bisa dilakukan kapan saja dimana saja.

Dengan sedekah online, orang-orang dapat beramal dengan mudah ditengah-tengah padatnya aktivitas pekerjaan.

2. Tepat Sasaran

Sedekah online yang diadakan oleh lemabaga-lembaga amal biasanya ditawarkan melalui program-program yang beragam. Mulai dari pendidikan, kesehatan, pembangunan hingga pemberdayaan masyarakat.

Sedekah online memungkinkan para dermawan untuk memilih program yang mereka inginkan. Dengan sedekah online di lembaga-lembaga yang amanah, sedekah akan disalurkan kepada target penerima sesuai dengan keinginan mereka yang bersedekah.

3. Aman dari Kerumunan

Di era new normal saat ini, sedekah online membuat kita aman dari kerumunan karena bisa dilakukan tanpa harus melakukan kontak fisik. Dengan kondisi saat ini, hal ini tentunya akan membuat kita merasa lebih aman dan nyaman.

Baca Juga : Cara Bagi Paket Bantuan Sembako tanpa Berkerumun

4. Meningkatkan Kesejahteraan Umat

Sedekah online merupakan sarana untuk saling tolong menolong kepada sesama. Sedekah yang kita berikan akan membantu meningkatkan kesejahteraan umat, terutama di masa-masa sulit seperti saat sekarang ini.

Sebagai manusia sudah menjadi kewajiban kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. New normal bukan hanya tentang perbaikan bisnis dan usaha pribadi saja, namun juga tentang memperbaiki kehidupan umat manusia.

---

Itulah dia pembahasan singkat mengenai sedekah online yang perlu kita ketahui. Dalam masa-masa sulit seperti saat sekarang ini, kebaikan sekecil apapun akan bermakna sangat besar bagi orang yang tepat, terutama bagi mereka yang memang hidup dalam keterbatasan dan serba kesulitan.

Baca Juga : Jadikan Donasi Sebagai Kebutuhan

Semoga dengan amalan yang kita lakukan seperti sedekah online, Allah balas dengan kebaikan yang berkali lipat.

 

Ikuti tulisan menarik Adzkia Arif lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu