KKM [16] Pembuatan Kebijakan KKM - Sebuah Perspektif

Rabu, 24 Juni 2020 12:43 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tentang Perspektif Pembuatan Kebijakan KKM

Sejalan dengan fokus dan penekanan ILO dan organisasi PBB di bidang Kewirausahaan Kaum Muda, beberapa negara telah mulai bekerja untuk merancang kerangka kebijakan untuk mengembangkan KKM di negara tersebut.

Para akademisi dan beberapa agensi telah berinvestasi untuk memelajari dan mengeluarkan banyak data dan informasi yang mendefinisikan kewirausahaan kaum muda dan telah menyarankan pendekatan kebijakan juga. Kebijakan kewirausahaan kaum muda didefinisikan di tingkat nasional oleh pemerintah bekerja sama dengan beberapa departemen termasuk urusan pemuda, pendidikan, keuangan, dan disiplin ilmu terkait lainnya untuk memastikan bahwa kebutuhan lengkap kaum muda dipenuhi saat mendefinisikan kebijakan.

Karenanya, kewirausahaan kaum muda negara mempertimbangkan dan menetapkan kebijakan yang membahas seluruh proses pengembangan keterampilan dan menyediakan pendidikan untuk membekali kaum muda dengan teknis, bisnis, keuangan, pelatihan yang diperlukan, dan bidang terkait lainnya yang diperlukan untuk mempersiapkan mereka memulai kewirausahaan.

Kebijakan kewirausahaan kaum muda yang komprehensif berlanjut ke fase pengembangan dan perawatan kaum muda berikutnya dalam hal soft skill termasuk, sikap, motivasi dan etika dll. Kebijakan tersebut harus mencakup tindakan spesifik yang akan meningkatkan kemampuan kerja kaum muda dalam hal yang terukur.

Kebijakan kewirausahaan kaum muda yang progresif berjalan lebih jauh untuk menggambarkan dan mendefinisikan beberapa jenis peluang dan sektor kewirausahaan yang tersedia bagi kaum muda dan memberikan pelatihan dan bimbingan kepada kaum muda untuk melengkapi diri mereka untuk masing-masing sektor yang diidentifikasi.

Kebijakan kewirausahaan kaum muda yang efektif harus mencakup ketentuan dan skema yang ingin disediakan pemerintah bagi kaum muda dengan cara memberikan bantuan di bidang keuangan, bimbingan, pendampingan, izin satu pintu, bantuan pemasaran dan penjualan serta bantuan teknis dalam semua bidang operasi bisnis untuk mendorong dan menginkubasi wirausahawan muda.

Harus dipahami dengan sangat jelas bahwa di setiap negara, pemerintahlah yang perlu menciptakan jalan dan peluang untuk pekerjaan serta untuk kewirausahaan dan mendidik, melatih serta memperlengkapi kaum muda untuk mengambil peluang. Bagaimana dan kapan hal ini dapat dicapai akan menjadi bagian penting dari kebijakan yang akan menentukan jalan di depan yang mengarah pada implementasi.

Karena kebijakan kewirausahaan kaum muda melibatkan banyak sektor, penting untuk membuat ketentuan anggaran serta menetapkan tanggung jawab masing-masing dan setiap departemen lainnya dan menguraikan pendekatan kolaboratif untuk keseluruhan penerapan pedoman kebijakan.

Kewirausahaan kaum muda merupakan bagian dari ekonomi secara keseluruhan dan segmen industri. UKM dan sektor jasa yang didominasi perusahaan swasta berkontribusi terhadap ekonomi secara keseluruhan baik dalam perspektif keuangan maupun dari sudut pandang layanan. Karena itu, sebagian besar kebijakan ekonomi terhadap pengembangan UKM berjalan seiring dengan kebijakan kewirausahaan kaum muda juga.

Oleh karena itu, definisi kebijakan kewirausahaan kaum muda harus mencakup semua bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan bidang terkait lainnya yang komprehensif dan futuristik yang menguraikan rencana aksi dan kerangka waktu untuk mencapai tujuan. Dalam masa saat ini di mana negara-negara sedang mengalami perubahan ekonomi dan sosial dan budaya akibat evolusi teknologi dan globalisasi, kebijakan-kebijakan KKM perlu mempertimbangkan perubahan yang terjadi di masyarakat dan di antara kaum muda dan dapat mengatasi aspirasi mereka. dan memberi mereka peta ke masa depan yang akan melepaskan kekuatan Remaja.

Kekuatan kaum muda jika dimanfaatkan dipandu dan dibina dengan hati-hati, tentu akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan masyarakat dan bangsa tidak diragukan lagi. Karenanya kebijakan kewirausahaan kaum muda menuntut fokus dan kepentingan seperti itu di setiap negara.

***
Solo, Rabu, 24 Juni 2020. 9:29 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua