x

Pengunjung memadati areal Keong Mas pada H+2 Lebaran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. TEMPO/Dhemas Reviyanto

Iklan

Burhan Abdillah Sanjaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juni 2020

Kamis, 25 Juni 2020 06:09 WIB

Liburan Edukasi Menyenangkan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Menyandang sebagai objek wisata edukasi yang telah melegenda wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, menyuguhkan berbagai wahana edukasi berkaitan dengan budaya dan teknologi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bila pertama kali liburan di Jakarta sepertinya kurang lengkap kawan, jika belum mengunjungi objek wisata yang sudah berdiri setengah abad, ya lebih tepatnya masa pemerintahan bapak Presiden ke-2, apa lagi bila bukan wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Dari pertama kali dibuka hingga sekarang, TMII tak pernah sepi pengunjung loh sob, wajar aja sih mengingat menjadi salah satu wisata favorit di Indonesia.

Fakta nya destinasi wisata Jakarta ini tak tak hanya diminati oleh wisatawan domestik saja loh, melainkan wistawan mancanegara pun dibuat penasaran dan mereka ingin lebih mengenal dekat bagaimana ya keindahan dan keragaman budaya negara Indonesia.

Nampak jelas dari nama wisata sudah mencerminkan benar-benar ingin menghadirkan Indonesia dalam bentuk mini. Yap di sini pengunjung bakal disajikan tentang budaya, replika, kesenian, adat-istiadat, rumah khas daerah dan berbagai jenis flora-fauna. Bagaimana sob lengkap kan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu ada pula bangunan-bangunan keagamaan, museum, teater dan beragam wahana permainan menyenangkan. Oleh sebab itu, suguhan wahana lengkap membuat objek wisata taman mini selalu mampu menarik wisatawan berkunjung tiap harinya.

Sedikit membahas sejarah ya kawan, jadi wisata TMII itu diresmikan oleh bu Tien Soeharto pada 20 April 1975. Objek wisata berada di lahan seluas 150 hektar. Oleh sebab itu wilayah yang teramat luas tersebut, membuat para wisatawan mengalami kesulitan untuk menjelajahi tiap sudut wisata dalam satu hari saja.

Wahana Taman Mini

Mengingat wahana di TMII terbilang sangat banyak, saya memberi info wahana taman mini Indonesia yang populer dan paling sering dikunjungi.

Taman Rekreasi

Setidaknya ada 9 taman rekreasi mesti kawan kunjungi ketika liburan di taman mini. Yap ke-9 taman tersebut antara lain 2 taman monumental, 3 taman fauna, 4 taman flora dan satu taman budaya. Nah untuk taman monumental itu tempat prasasti APEC dan monumen persahabatan negara-negara anggota non-blok.

Sedangkan taman flora itu dibagi taman kaktus, apotik hidup, legenda keong mas dan melati. Nah kalau taman fauna terdiri dari taman bekisar, taman reptilia dan burung.

Anjungan Daerah

Di lokasi wisata ada danau Arsipel Indonesia, di tengah-tengah ada replika mini kepulauan Indonesia. Pada masing-masing anjungan daerah dibangun secara berderet menjadi simbol Pancasila sila ketiga.

Pada tiap-tiap provinsi mempunyai kerajinan, baju adat, benda sejarah dan peralatan seni tiap daerah. Keberadaan wahana anjungan daerah, dirasa sangat bermanfaat sebagai sarana edukasi agar lebih mencintai negara sendiri.

Kereta Gantung

Umumnya wisatawan pertama kali datang ke TMII senantiasa mencoba menaiki kereta gantung. Dengan naik kereta gantung pengunjung bisa menyaksikan secara langsung deretan pulau-pulau mini Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Theater IMAX Keong Mas

Bangunan theater IMAX merupakan wahana paling favorit bahkan dijadikan sebagai icon oleh TMII. Yap sobat pasti mudah menebak kenapa bangunan tersebut diberi nama theater IMAX Keong Mas, Yap itu karena bangunan bentuknya mirip keong mas raksasa.

Fungsi dari theater IMAX kerap kali digunakan sebagai tempat pertunjukan film yang berhubungan dengan kecanggihan teknologi. Sinematografi yang digunakan IMAX merupakan proyektor IMAX modern, oleh sebab itu pengunjung telah berkunjung ke theater keong mas, dijamin bakal berkesan.

Wahana Sepeda Air Dan Angsa

Kedua transportasi sepeda air dang angsa bisa dicoba berada di kawasan danau Arsipel TMII. Dimana pengunjung bisa berkeliling danau menggunakan mesin angsa dan sepeda air. Nah tiket nya juga dibagi dua sob, pertama tiket wahana angsa dan tiket satu lagi sepeda air manual.

Bagi kawan tak mau dibuat capek-capek mengayuh sepeda air secara manual, bisa mencoba tiket wahana mesin angsa. Yap wahana seperti ini sangat cocok dinaiki bareng pasangan jadi berasa romantis gitu. Selain itu pengunjung pun juga bakal disuguhkan pemandangan keindahan danau.

Istana Anak Indonesia

Konsep desain arsitektur bangunan mengambil bentuk istana raja dalam cerita dongeng. Bangunan berwarna merah ini selalu diminati oleh pengunjung. Khususnya bagi anak-anak, lantaran memang dibangun sebagai istana para anak-anak Indonesia, mempunyai daya tarik sendiri dan unik pula.

Berada di dalam bangunan, pengunjung bakal dibuat terpukau begitu lengkapnya sarana belajar yang dirancang untuk anak-anak. Di sana itu ada peralatan musik diatonik, alat peraga IPTEK, pentatonik dan peralatan permainan lainnya namun tetap edukasi.

Sebenarnya masih banyak lagi wahana taman mini Indonesia misal seperti Snowbay Waterpark, taman burung, Monorail Titihan Samirono, dunia air tawar dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Tiket Masuk Wisata

Bukan sesuatu hal mahal ketika pengunjung masuk kawasan wisata hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 15.000 per orang. Hanya saja ada biaya tambahan parkir kendaraan bila sobat membawa kendaraan pribadi dan juga biaya wahana permainan.

  • Istana Aanak, komedi putar, Kiddy boat Rp. 10.000
  • Kapal ayun, roller coaster, pesawat capung, kereta api kelinci Rp. 10.000
  • Bumper Car dan mandi bola Rp. 15.000 dan Rp. 5.000
  • Kolam renang Rp. 20.000 (weekday) dan Rp. 25.000 (weekend)
  • Museum Rp. 15.000 (beda-beda tiap museum)
  • Taman burung bekisar Rp. 20.000
  • Taman Komodo Rp. 25.000
  • Taman Reptil Rp. 25.000
  • Taman air tawar dan serangga Rp. 30.000
  • SnowBay Waterpark Rp. 180.000
  • Dan lain-lain

Selain wahana diatas berbayar ada kok wahana sama sekali tak dipungut biaya seperti zona rekreasi, museum penerangan, museum Istiqal dan Bayt Al-Qur'an.

Oh ya kawan harga tiket masuk wisata bisa mengalami peningkatan loh ketika musim liburan awal Rp. 15.000 menjadi Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000. Oh ya harga tiket masuk dan wahana bisa berubah sewaktu-waktu menurut kebijakan pengelola ya kawan.

Detail lokasi taman mini Indonesia Indah berada di Jalan Raya Taman Mini, Regional Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Oh ya satu lagi jam operasional wisata buka mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, beda pula jam operasional wisata mulai pukul 08.30 sampai 18.00 WIB.

Ikuti tulisan menarik Burhan Abdillah Sanjaya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB