x

Iklan

KKN UM - Desa Jangur 2020

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juni 2020

Kamis, 25 Juni 2020 06:05 WIB

Mahasiswa KKN UM Sediakan Alat Cuci Tangan Dengan Dilengkapi Video Edukasi Berbasis QR Code Guna Pencegahan COVID-19


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Alat Cuci Tangan Yang Akan Diletakkan di Beberapa Tempat - Dok. Pribadi

Probolinggo. Sejak 2 Maret 2020 Indonesia telah terkonfirmasi terjangkit wabah virus corona. Wabah ini telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO pada 11 Maret 2020. Pertambahan kasus positif COVID-19 semakin hari semakin meningkat setelah berakhirnya PSBB dan penerapan new normal, dimana masyarakat kembali beraktivitas seperti biasanya. Namun, disamping itu masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kabupaten Probolinggo ditetapkan sebagai zona merah setelah ada tiga warga terkonfirmasi positif COVID-19. Untuk mencegah rantai penyebaran COVID-19, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang telah menyediakan alat cuci tangan sebanyak 10 buah.

Penyerahan Secara Simbolis Tempat Cuci Tangan Kepada Kepala Desa Jangur - Dok. Pribadi

Selasa (23/06) Dilakukan serah terima alat cuci tangan oleh Yoga Gibran Prianggara selaku koordinator desa kepada Kepala Desa Jangur yaitu Bapak Agus Haryono. Penyebaran alat cuci tangan ini akan dilakukan secara merata diberbagai tempat di Desa Jangur, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Sasarannya adalah tempat-tempat ramai yang sering dikunjungi warga seperti balai desa, masjid, sekolah, dan TPQ.

Penyerahan Alat Cuci Tangan Kepada Sekolah MI Tarbiyatul Hasan Desa Jangur - Dok. Pribadi

Alat cuci tangan ini juga dilengkapi dengan QR Code yang tertera pada stiker di timba air dan tempat sabun. QR Code ini dapat digunakan untuk menghubungkan video edukasi yang telah disediakan diakun Youtube KKN UM – Desa Jangur 2020. Video edukasi tersebut berisikan tentang cara mencuci tangan dengan benar.

Uji Coba QR Code Oleh Kepala Desa Jangur - Dok. Pribadi

"Dengan adanya penyediaan alat cuci tangan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu cuci tangan sebagai salah satu pencegahan penularan COVID-19 ". Ujar Bapak Agus Haryono selaku Kepala Desa Jangur.

Dibagikannya alat cuci tangan ini, diharapkan mampu membudidayakan kebiasaan mencuci tangan bagi masyarakat Desa Jangur khususnya. Agar tercipta hidup bersih dan sehat serta mampu memutus rantai penyebaran COVID-19.

 

Pewarta: Pingky Redita Sari

Pewarta Foto: Rahadiyan Haris Firmansyah

Ikuti tulisan menarik KKN UM - Desa Jangur 2020 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu