x

Iklan

Zulkipli Amaq Nuna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 April 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 13:19 WIB

Puncak Baksos Polda NTB di TPA Kebon Kongok Lombok Barat


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK, MH resmi melepas Bhakti Sosial (Baksos) serentak Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 di lapangan Gajah Mada Polda NTB. Kapolda menekankan, Baksos ini adalah wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemik Covid-19.

Acara pelepasan Baksos serentak ini digelar di seluruh Polda se Indonesia. Untuk di Polda NTB, kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Polda NTB Jumat (26/6).

Dengan menerapkan protokol Covid-19, Kapolda mengajak Forkopimda Nusa Tenggara Barat untuk bersama - sama melepas tim Bansos Polda NTB, tampak hadir Brigjen TNI Rizal Ramdhani, S.Sos, M.Han, Kepala Bapenda NTB, para tokoh masyarakat dan agama serta perwakilan LSM, Pemuda, dan Mahasiswa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Semoga niat baik ini bermanfaat bagi masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 serta menjadi amal ibadah bagi kita sekalian,” kata Kapolda dalam sambutanya.

Tema besar Hari Bhayangkara ke-74 “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”, sangat tepat dimaknai bahwa Polri sebagai alat negara yang bertugas memelihara Kamtibmas dan harus senantiasa hadir untuk masyarakat, terlebih dalam masa sekarang ini.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.IK yang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan Bansos sejak di gelar mulai 21 April 2020 dan puncaknya pada 26 Juni 2020.

"Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke 74 dan untuk merespon dampak Pandemi Covid 19 khususnya kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak mata pencahariannya karena wabah ini, tutur mantan Dirlantas Polda Kalimantan Utara ini menjelaskan.

“Polri harus hadir di tengah- tengah masyarakat. Kita bekerja baik saja belum tentu dinilai baik oleh masyarakat, apalagi tidak bekerja baik. Oleh karena itu teruslah berbuat kebaikan,” kata Noviar.

Dirlantas menyampaikan, sebanyak 1.175 paket sembako khusus dari Ditlantas Polda NTB telah didistribusikan ke berbagai wilayah di Pulau Lombok. " masing - masing Satlantas se Jajaran Polda NTB juga serentak mengadakan Bansos sebagai bentuk kepedulian Polisi kepada masyarakat" urainya kepada media. Pada puncak kegiatan pembagian Bansos ini, sasaran kegiatannya adalah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Kebon Kongo Lombok Barat, guna memberikan bantuan kepada para pemulung maupun masyarakat sekitar TPA.

Selain kegiatan pembagian sembako, Polda NTB juga melaksanakan kegiatan rapid test kepada 350 orang masyarakat, kegiatan donor darah dengan diikuti oleh 998 orang, pembagian masker ke 5.025 orang, serta beberapa kegiatan simpatik lainnya berupa pembagian hand sanitizer, APD dan face shield. Termasuk memberikan hadiah SIM dengan PNBP dibantu pihak sponsor kepada 63 Masyarakat yang lahir 1 Juli dan memenuhi syarat pembuatan SIM.

“Ini akan terus dilakukan sampai puncak peringatan Hari Bhayangkara pada tanggal 1 Juli nanti,” ujar Kombes Pol Noviar.

Sasaran penerima Baksos ialah fakir miskin, buruh atau karyawan yang di PHK, panti jompo, panti asuhan, panti sosial, purnawirawan/warakawuri TNI-Polri, tenaga medis, kaum disabilitas dan beberapa kelompok masyarakat lainnya.

“Metode dilakukan by name by addres dan hunting sistem dengan protokol kesehatan guna mencegah kerumunan,” kata Noviar.

Ikuti tulisan menarik Zulkipli Amaq Nuna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu