New Normal New Hobby - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dian Satro mengunggah fotonya membaca waktu saat menjalani hari dengan di rumah saja pada 22 Maret 2020. Sejumlah aktivitas di dalam rumah dijalani ibu dengan dua anak ini selama masa pandemi corona. Instagram/@Therealdisastr

Deandra Salsabila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Juni 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 19:19 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • New Normal New Hobby

    Dibaca : 323 kali

    Ketika baru berkenalan dengan seseorang, tidak jarang kita mempertanyakan tentang hobi orang tersebut. Mempertanyakan suatu hobi memang bukan hal yang asing untuk dilakukan. Menurut wikipedia, hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang atau aktivitas menyenangkan yang sering dilakukan.

    Hobi dari setiap orang pun ada yang berbeda dan bisa juga ada yang sama. Pertanyaan tentang hobi untuk seseorang yang baru dikenal biasanya merupakan topik awal yang akan membuat sebuah perbincangan menjadi lebih dalam.

    Jika seseorang menemukan lawan bicara dengan hobi yang sama, perbincangan mereka biasanya akan terdengar lebih akrab. Namun, perbedaan hobi juga merupakan hal yang lazim ditemukan. Melalui perbedaan, banyak hal baru yang dapat diketahui.

    Pandemi Covid-19 yang membuat terbatasnya aktivitas di luar rumah, ternyata dapat membatasi hobi beberapa orang. Hobi seperti jalan-jalan, main golf, liburan, atau hobi yang harus dilakukan di luar rumah pun tentunya menjadi lebih sulit dilakukan.

    Hobi yang baru

    Siska, seorang mahasiwa mengatakan jika ia mempunyai hobi baru selama pandemi ini. Ia yang biasanya senang berbelanja di mall sekarang berganti hobi menjadi memasak.

    “Selama pandemi ini jadi hobi masak, apalagi di media sosial banyak juga resep yang bahannya mudah dan menarik untuk dicoba,” ujar Siska.

    Ia menjelaskan, bahwa ia sulit untuk menjalankan hobi sebelumnya, yaitu berbelanja di mall. Hal itu karena ia juga masih takut akan penularan virus corona. Menurutnya juga, berbelanja di mall pada masa new normal sekarang ini cukup rumit.

    Hobi yang baru juga dicoba oleh Alika, mahasiswa yang asalnya mempunyai hobi travelling, sekarang akhirnya memilih untuk mencoba suatu hobi baru. Ia akhirnya menjatuhkan pilihan kepada novel sebagai wadah untuk hobi barunya, yaitu membaca.

    “Dulu sebelum pandemi, aku hobi travelling sekalian refreshing dari kesibukan sehari-hari. Ya, gara-gara ada pandemi ini kan jadi susah keluar, akhirnya nyari hobi baru deh. Baca novel juga ternyata asik, bisa berimajinasi gitu,” tutur Alika.

    Mendapatkan hal yang menarik

    Ternyata, mempunyai hobi juga membuat Siska dan Alika mendapatkan hal-hal yang menarik. Menurut Siska, ia yang awalnya tidak tahu-menahu mengenai bahan masakan akhirnya mulai mengetahui banyak bahan masakan.

    “Aku dulu cuman tahu ya bahan masakan yang umum aja. Sekarang, jadi tahu lebih banyak dan ternyata menarik juga ya banyak banget ternyata macam-macam bahan masakan itu,” tutur Siska.

    Begitu juga dengan Alika, ia merasa jika membaca novel membuatnya banyak menemukan hal yang baru dan menarik. Ia yang sebelumnya senang berjalan-jalan untuk menenangkan diri, sekarang dapat berjalan-jalan dalam pikirannya melalui novel fiksi yang dibaca.

    “Ya memang sekarang susah buat pergi dari rumah, jadi baca novel juga udah cukup buat refreshing sih. Baca novel juga buat aku nemuin banyak hal menarik, contohnya kosa kata baru yang gapernah aku tahu,” ucap Alika.

    Mengisi waktu luang

    Baik Siska maupun Alika, keduanya mengaku jika hobi memang sesuatu yang sangat diperlukan pada masa pandemi. Menurut mereka juga, hobi bisa membawa mereka ke sesuatu hal yang produktif dan positif.

    Indonesia kini memang sedang menjalani masa new normal, tetapi hal itu bukan berarti keadaan akan berjalan normal seperti sebelum adanya pandemi covid- 19 ini. maka dari itu, suatu hal yang baru, seperti hobi juga perlu dicoba.

    Melalui hobi yang baru, tidak jarang hal yang menarik juga akan ditemukan. Hobi yang baru juga akan mengantar kita kepada sebuah pengetahuan yang baru. Buatlah hobimu menjadi suatu hal yang produktif untuk mengisi waktu selama masa pandemi ini. Your hobby may help your life.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.