x

Pertanian Era Pandemi

Iklan

Febrianto Edo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Mei 2019

Sabtu, 27 Juni 2020 19:32 WIB

Petani Muda dan Digitalisasi

Peran kaum milenial sangatlah strategis, apabila pemerintah bisa menuntaskan ini sampai pelosok desa dengan listrik dan akses komunikasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peran kaum milenial sangatlah strategis, apabila pemerintah bisa menuntaskan ini sampai pelosok desa dengan listrik dan akses komunikasi . Sehingga, anak muda bisa melakukan terobosan kreatif membuat Startup company yang berbasis ramah lingkungan dan menyentuh langsung sendi kehidupan masyarakat desa untuk menunjang perekonimian mereka.

Startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang bisa dibilang harus memiliki gebrakan yang kreatif dan tepat guna bagi perekonimaan masyarakat setempat sesuai dengan keadaan geografisnya. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras, dan kerja kraetif untuk bisa membuat startup company yang didirikan bisa berhasil.

Sebagai seorang yang terlahir di daerah pedesaan, tentu saja saya menginginkan Generasi Milenial dan pemerintah mewujudkan ini dengan keadaan geografis Indonesia sehari-hari dimana, hamparan sawah dan laut yang luas. Para petani yang tiap hari ke sawah, hamparan perkebunan  kopi, bawang, sayur-sayuran dan hamparan laut kita yang begitu luas dengan hasil kelautan, utama perikanan dan budidaya laut lainnya. Oleh karena itu, hal yang terpikirkan oleh saya adalah digital startup company di bidang kelautan, dan pertanian kita.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Generasi Milenial mampu berinovasi untuk membuat suatu alat yang bisa mempermudah aktivitas para nelayan dan petani, seperti drone yang dapat digunakan untuk memupuk atau pun melakukan pemberantasan hama di sawah.

Selain itu, drone tersebut dapat pula melakukan pengawasan terhadap kondisi sawah secara real-time dan dapat ditampilkan di layar smartphone. Dan juga kelautan kita melakukan terobosan kelautan yang ramah lingkungan, dengan membuat drone seperti, cantrang dalam pemeliharaan udang, kepiting dan ikan secara tradisional, sehingga asas manfaat kelautan kita terjaga dan nelayan dapat menunjang perekonomian mereka dengan hasil laut kita.

Selain itu, startup company yang  dirikan dapat menampilkan perubahan harga hasil-hasil pertanian dan perikanan kita dari berbagai daerah. Sehingga, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para petani dan nelayan untuk menjual hasil pertanian dan tangkapan mereka dengan harga yang paling memuaskan.

Semoga suatu saat rencana startup company pertanian dan perikanan dapat terealisasi sehingga, dapat membantu para petani di Indonesia untuk bisa mendapatkan keuntungan bagi roda perekonomiaan masyarakat desa kita.

Atau Generasi Milenial melakukan teroboson digital startup company yang akan bergerak di bidang pendidikan untuk daerah-daerah yang masih sangat membutuhkan pendidikan. Seperti  membuat video pembelajaran, video pembahasan soal-soal, dan lain-lainnya yang menyentuh dunia pendidikan.

Karena kita tahu, pendidikan itu sangat penting. Efek langsung dari sebuah pendidikan adalah memberi pengetahuan bagi anak- anak di desa yang jauh dari digitalisasi dan juga edukasi kepada masyarakat desa akan pentingnya pendidikan dalam mengelola usaha mereka di bidang pertanian maupun perikanan.

Sehingga, label yang selama ini menjadikan kota sebagai lahan ekonomi, akan berubah menuju desa. Dan generasi milenial akan merubah lanskap ekonomi nasional yang ada dan mewujudkan desa yang sejahtera. Semoga

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Febrianto Edo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler