Cegah Covid-19, KKN UM Racik Wedang Uwuh untuk Warga Desa Senggreng - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Mutimmatul Lailiyah, mahasiswa KKN UM berfoto dengan wedang uwuh yang sudah diracik dan siap dibagikan ke warga Senggreng

Muchamad Ali Ma'ruf

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juni 2020

Senin, 29 Juni 2020 05:37 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Cegah Covid-19, KKN UM Racik Wedang Uwuh untuk Warga Desa Senggreng

    Dibaca : 389 kali

    Mutimmatul Lailiyah, mahasiswa KKN UM berfoto dengan wedang uwuh yang siap dibagikan ke warga Senggreng

    Sejak pemerintah mengumumkan dua kasus pertama WNI yang terpapar covid19 pada 2/3 lalu, masyarakat merasa sangat was-was dan panik dengan penyakit ini mengingat penyebarannya yang sangat kilat. Banyak orang berbondong bondong untuk mencegah Covid-19 dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dipilih masyarakat untuk mencegah Covid-19 adalah dengan cara tradisional, yaitu melalui jamu tradisional yang terbuat dari rempah rempah lokal dan mudah ditemukan di pasar pasar tradisional.

    Bahan bahan untuk meracik wedang uwuh

    Melihat demikian, mahasiswa KKN UM 2020 membuat terobosan ide untuk meracik dan memberikan pelatihan mengenai cara pembuatan wedang uwuh kepada warga Desa Senggreng, Sumberpucung, Malang pada Kamis, 02 Juli 2020 yang bertempat di balai desa setempat. Kata uwuh sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya “sampah”. Dinamakan uwuh karena wedang atau minuman ini terbuat dari berbagai macam tumbuhan yang dicampur menjadi satu, dan apabila dilihat akan nampak seperti sampah.

    Khasiat dari wedang uwuh ini yaitu untuk mengatasi masuk angin, pegal pegal, batuk, flu, pelega tenggorokan, serta meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

    Wedang uwuh yang sudah dikemas dan siap dibagikan ke warga Senggreng

    “Kita memilih untuk meracik wedang uwuh karena menurut pihak desa, di sini banyak bahan rempah rempah untuk jamu jamuan,” kata Mutimatul Lailiyah, mahasiswa KKN UM 2020 yang juga merangkap sebagai bendahara KKN. Ia juga menjelaskan bahwasanya untuk mengenalkan wedang uwuh ke masyarakat, akan diadakan pelatihan kepada ibu ibu PKK Desa Senggreng mengenai bahan bahan, cara pengolahan, penyajian hingga sampai proses packing dan pemasaran.

    Setelah acara selesai, ibu-ibu yang hadir akan mendapatkan satu plastik ramuan wedang uwuh yang masih mentah. Untuk acara pelatihan wedang uwuh ini akan dilaksanakan pada 2/7 nanti bersamaan dengan penyerahan produk produk dari program kerja KKN sekaligus penutupan kegiatan KKN UM 2020 edisi covid19 di Desa Senggreng.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.