Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN UM Desa Tirtomoyo bagikan Sejumlah Masker dan Hand Sanitizer - Analisa - www.indonesiana.id
x

Pembagian masker & hand sanitizer kepada warga Dusun Gentong, Desa Tirtomoyo (dok. pribadi)

Khoulah Adilah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Juni 2020

Selasa, 30 Juni 2020 06:54 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN UM Desa Tirtomoyo bagikan Sejumlah Masker dan Hand Sanitizer

    Dibaca : 145 kali

    Malang, Kuliah Kerja Nyata Desa Tirtomoyo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang telah menyelesaikan Program Kerjanya yaitu Pengadaan Masker dan Hand Sanitizer untuk masyarakat Desa Tirtomoyo dan sekitarnya. Program yang dilaksanakan Kamis (25/6) tersebut berjalan lancar dan disambut dengan ramah oleh warga Desa Tirtomoyo. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 di era New Normal dan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tirtomoyo di tengah Pandemi. Hal ini sejalan dengan anjuran pemerintah Indoensia yang menganjurkan setiap masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk mengenakan masker juga membersihkan tangan dengan Hand Sanitizer.

    Pembagian masker & hand sanitizer kepada warga Dusun Gentong, Desa Tirtomoyo (dok. pribadi)

    Program Kerja ini dikerjakan secara berkelompok dari jauh-jauh hari. Dimas Bayu selaku Koordinator Desa membagi 20 mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk pengerjaan beberapa Program Kerja salah satunya “Pengadaan Masker dan Hand Sanitizer”. Dalam proses pengerjaan program kerja ini, dilakukan koordinasi antar mahasiswa secara virtual melalui aplikasi Google Meet, Whatsapp Video Call dan Whatsapp Group. Jarak yang jauh tidak menjadi penghalang mahasiswa untuk melakukan pembagian kerja dalam proses ini, karena didukung oleh media sosial dan teknologi untuk menunjang keberlangsungan program kerja ini.

    Pembagian masker dan hand sanitizer dilakukan dengan menghampiri dari rumah ke rumah warga Desa Tirtomoyo tepatnya di Dusun Gentong, sesuai dengan saran Kepala Desa. Pembagian masker dan hand sanitizer tersebut dilakukan oleh perwakilan 10 mahasiswa yang turun langsung ke Dusun Gentong dimulai dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Masker yang diadakan sejumlah 750 buah masker dan 168 botol hand sanitizer yang disebar dan dibagikan kepada warga Dusun Gentong.  Dalam proses pembagian masker dan hand sanitizer ini warga menyambut dengan ramah dan terbuka. Karena kegiatan yang dilakukan mahasiswa dinilai positif dan membantu dalam pencegahan Covid-19.

    “Dengan kegiatan seperti ini semoga kita sesama warga Indonesia dapat saling membantu satu sama lain agar terjalin hubungan persaudaraan sesama bangsa yang erat. Selain itu dengan diadakannya kegiatan seperti ini juga dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga kita dapat kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Sehingga, kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer ini diharapkan mampu memenuhi maksud dan tujuan yang saya sebutkan sebelumnya," ujar Dimas Bayu, selaku Koordinator KKN Desa Tirtomoyo Universitas Negeri Malang.

    Pemberian masker kepada perwakilan warga sebagai bentuk simbolis (dok. pribadi)

    Pewarta: Khoulah Adilah – Mahasiswa Jurusan PGPAUD Universitas Negeri Malang

    Pewarta Foto: M. Alfin Nurfika – Mahasiswa Jurusan PJOK Universitas Negeri Malang


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.