Gema Hidup Bersih Tapi Tanpa Bak Sampah di Kabupaten Takalar - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

He is iwan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 hari lalu

4 hari lalu
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Gema Hidup Bersih Tapi Tanpa Bak Sampah di Kabupaten Takalar

    Dibaca : 174 kali

    TAKALAR - Fenomena sampah di tengah pandemi menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Terlebih lagi dampak dari lingkungan sekitar yang berakibat buruk bagi kesehatan. Maka perlu untuk selalu menjaga kebersihan serta sanitasi agar dapat menangkal penyakit yang berawal munculnya bakteri.

    Seperti hingga saat ini, Kabupaten Takalar tak henti-hentinya menggaungkan "Gema Tasamara" (Gerakan Masyarakat Tangkasa na Gammara) yang memilki arti menerapkan hidup bersih agar tampak lebih indah.

    Dari program itu, masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan salah satu cara dengan membuang sampah pada tempatnya dan termasuk dalam bagian program P22 yang telah digagas oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

    Program tersebut juga telah lahir jauh hari sebelum virus Corona-19 melanda. Dengan adanya program tersebut, masyarakat lebih peduli akan kebersihan dan kesadaran untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

    Namun, ketersedian bak sampah dinilai masih minim.  Salah satu warga yang hendak membuang sampah, mengaku kebingungan dengan adanya kebijakan tersebut.

    Dengan kebijakan menerapkan hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya, sudah semestinya pemerintah menyediakan bak sampah bagi masyarakat dalam kapasitas jumlah yang lebih besar.

    Bak sampah yang berada di belakang Pasar Sentral Kabupaten Takalar, kadang tidak parkir, akibatnya banyak sampah yang berserakan di jalan.

    Warga yang dengan sadar membuang sampah pada tempatnya, dibuat ragu akan adanya suatu kebijakan tersebut. Di sisi lain warga telah mampu menerapkan program tersebut, sedangkan ketersedian bak sampah tidak dapat terpenuhi.

    Selain itu, dari analisa warga di Kabupaten Takalar sebagian besar berperan penting mensukseskan program tersebut.  Pastinya, mereka berharap dengan adanya suatu kebijakan perlu diimbangi dengan adanya jalan keluar demi menampik kondisi itu. 

    Dengan adanya bak sampah di titik-titik tertentu akan menjadi jalan terang bagi pasukan cinta kebersihan.  Artikel ini dibuat mewakili aspirasi masyarakat yang telah berupaya mewujudkan Program Gema Tasamara.

     

     

     

     

     

      

       


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.