Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi: Mahasiswa KKN UM Berikan Buku dan Video Panduan Pembelajaran Online - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

iqbal maulana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juni 2020

3 hari lalu
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi: Mahasiswa KKN UM Berikan Buku dan Video Panduan Pembelajaran Online

    Dibaca : 130 kali

    Penyerahan buku dan video panduan pembelajaran online oleh perwakilan mahasiswa KKN kepada pihak SDN Pucangsongo dan MTs Al-Adnan Pucangsongo pada Senin, 22 Juni 2020. Tidak hanya menyerahkan buku dan video panduan pembelajaran online, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) juga melakukan sosialisai terkait buku panduan tersebut.

    Melihat situasi dan kondisi yang kurang mendukung, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) melakukan sosialisasi secara online melalui grup whatsapp bersama bapak/ibu guru SDN Pucangsongo pada Selasa, 23 Juni 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang dan pada Rabu, 24 Juni 2020 bersama bapak/ibu guru MTs Al-Adnan dengan jumlah peserta sebanyak 9 orang.

    Dokumen pribadi. Penyerahan Buku dan Video Panduan Pembelajaran Online kepada MTs Al-Adnan Pucangsongo

    Sebelumnya, pada awal Maret tahun 2020, sebagian besar wilayah di dunia terdampak pandemi Covid-19, tak terkecuali negara Indonesia. Salah satu daerah yang terdampak pandemi ini yaitu daerah Malang Raya, yang wilayahnya meliputi Kota Batu, Kota Malang serta Kabupaten Malang.

    Pemerintah Malang Raya memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam Peraturan Walikota Malang Nomor 17 Tahun 2020 tentang PEDOMAN PSBB DALAM RANGKA PERCEPATAN PENANGANAN CORONA VIRUS DESEASE 2019, BAB II PELAKSANAAN pasal 5 ayat (5), mengatakan bahwa ‘Pembatasan kegiatan rumah dalam pelaksanaan PSBB sebagaimana dimaksud pada ayat (2), salah satunya meliputi pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan / atau institusi pendidikan lainnya’.

    Pada bidang pendidikan, peristiwa ini sangat berdampak pada sekolah-sekolah yang ada di Malang Raya, salah satunya sekolah di Desa Pucangsongo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Pihak sekolah terpaksa menghentikan segala aktivitas sekolah termasuk kegiatan belajar mengajar.

    Kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi terbatas, pembelajaran online/daring/pembelajaran jarak jauh menjadi ramai digunakan. Melihat situasi dan kondisi tersebut, kelompok Mahasiswa KKN Universitas negeri Malang (UM) Desa Pucangsongo membuat buku dan video panduan pembelajaran online untuk para guru di SDN Pucangsongo dan MTs Al-Adnan Pucangsongo guna memberikan variasi dalam pembelajaran daring dan memudahkan proses pembelajaran.

    Dokumen pribadi. Penyerahan Buku dan Video Panduan Pembelajaran Online kepada SDN Pucangsongo

    “MTs Al-Adnan sudah melakukan pembelajaran secara daring mulai dari semester lalu dengan sistem E-Learning dari Kemendikbud dan memanfaatkan aplikasi google drive seperti google form,” tutur Pak Hendra salah satu guru MTs Al-Adnan.

    Sedangkan menurut Bapak Rohman, “Sistem pembelajaran yang digunakan di SDN Pucangsongo adalah pembelajaran daring dengan sistem pembelajarannya tergantung masing-masing guru, namun kebanyakan para guru hanya melakukan pembelajaran melalui whatsapp”. Diharapkan penyerahan dan sosialisasi buku panduan pembelajaran online mampu memberikan varasi pembelajaran sehingga pembelajaran online menjadi lebih efektif dan efisien.  


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.